skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN KAPSUL CENGKIH TERHADAP KADAR ASAM URAT PADA WANITA PREDIABETES

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Hiperurisemia adalah peningkatan kadar asam urat (AU) dalam darah melebihi 7 mg/dL pada laki-laki dan lebih dari 6 mg/dL pada perempuan. Konsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi antioksidan dapat menurunkan kadar asam urat, salah satunya adalah cengkih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kapsul cengkih terhadap kadar asam urat pada wanita prediabetes.

Metoda: Empat puluh delapan subjek wanita prediabetes berusia 25-50 tahun dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok pemberian dosis 1, 2, dan 3 gram kapsul cengkih. Kapsul tersebut berisi cengkih yang telah dihaluskan dan berbentuk serbuk. Intervensi dilakukan selama 14 hari. Kadar asam urat dalam darah sebelum dan setelah intervensi diambil dari pembuluh vena oleh petugas laboratorium dan dianalisis menggunakan metode test warna enzimatik. Analisis statistik menggunakan program komputer.

Hasil: Adanya pengaruh yang bermakna antara pemberian kapsul cengkih dengan dosis 1, 2, dan 3 gram terhadap kadar asam urat subjek (p<0,05). Tidak ada perbedaan yang signifikan antar kelompok dosis dalam menurunkan kadar asam urat. Kadar asam urat pada kelompok dosis 1 gram yang semula 6,562 ± 0,41 gram/dl menjadi 5,39 ± 1,35 gram/dl,  pada kelompok dosis 2 gram yaitu semula 57 ± 0,448 gram/dl menjadi 4,54 ± 1,55 gram/dl dan pada kelompok dosis 3 gram yaitu semula 6,69 ± 0,732 gram/dl menjadi 4,34 ± 0,92 gram/dl. Masing-masing karakteristik sampel antar kelompok serupa, kecuali hasil asupan cairan. Pada penelitian ini, masing-masing variabel perancu tidak memiliki hubungan secara signifikan dengan kadar asam urat sampel.

Kesimpulan: Konsumsi kapsul cengkih dengan dosis 1, 2, atau 3 gram per hari selama 14 hari dapat menurunkan kadar asam urat pada wanita prediabetes secara signifikan (p<0,05)

Fulltext View|Download
Keywords: Kapsul serbuk cengkih, kadar asam urat, prediabetes

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.