skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN NATA DE COCO TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA WANITA HIPERKOLESTEROLEMIA

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Hiperkolesterolemia merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Konsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Nata de coco mengandung selulosa, hemiselulosa dan lignin yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.

Metode : Jenis penelitian adalah true experimental dengan rancangan control group pre-test-post-test. Subyek adalah wanita hiperkolesterolemia dengan kadar kolesterol total ≥200 mg/dl, dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok kontrol, kelompok perlakuan 1 mendapat 160 g nata de coco/hari (serat 4.8 g) dan perlakuan 2 mendapat 320 g nata de coco/hari (serat 9.6 g). Intervensi dilakukan selama 14 hari. Metode CHOD-PAP digunakan untuk menganalisis kadar kolesterol total, darah diambil setelah subyek berpuasa selama 10 jam. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk. Analisis statistik menggunakan uji paired-samples t test dan uji Kruskal-Wallis.

Hasil : Konsumsi nata de coco dengan dosis 160 g/hari (serat 4.8 g) dan 320 g/hari (serat 9.6 g) dapat menurunkan kadar kolesterol total berturut-turut sebesar 5.17%  (p=0.049) dan 6.59% (p=0.011),  namun tidak ada perbedaan penurunan kadar kolesterol total antara kedua kelompok (p=0.857). Sedangkan pada kelompok kontrol terjadi peningkatan kadar kolesterol total sebesar 1.7% (p=0.024).

Kesimpulan : Konsumsi nata de coco berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol total pada wanita hiperkolesterolemia, namun tidak ada perbedaan penurunan kadar kolesterol total antara kedua kelompok.

Fulltext View|Download
Keywords: nata de coco; kolesterol total; wanita; hiperkolesterolemia

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.