skip to main content

PERBEDAAN KEJADIAN BATUK PILEK PADA BAYI USIA 7-12 BULAN DENGAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN TIDAK ASI EKSKLUSIF

*Latifatul Khoir Hidayati  -  Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Adriyan Pramono  -  Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Batuk pilek merupakan gejala infeksi pada saluran pernafasan atas yang sering terjadi pada anak usia 7-12 bulan. Batuk pilek menjadi penyebab utama morbiditas anak usia di bawah 5 tahun di negara berkembang. Pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan tanpa makanan/ minuman pendamping apapun dapat mencegah kejadian batuk pilek karena ASI mengandung beberapa zat gizi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

Tujuan : Mengetahui perbedaan kejadian batuk pilek pada bayi usia 7-12 dengan riwayat pemberian ASI Eksklusif dan tidak ASI Eksklusif

Metode : Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan pendekatan kohort prospektif, dilakukan selama periode Februari hingga April 2014 dengan kunjungan ke rumah dan menanyakan kejadian batuk pilek setiap 2 minggu. Subjek diambil dengan cara purposive sampling sebanyak 60 bayi berusia 7-12 bulan, 22 subjek dengan riwayat pemberian ASI Eksklusif dan 38 tidak ASI Eksklusif. Kategori batuk pilek yang diteliti adalah jumlah episode dan lama hari sakit. Pemberian ASI dan variabel perancu yang mempengaruhi batuk pilek diperoleh dengan wawancara melalui pertanyaan tertutup.

Hasil  : Sembilan puluh satu persen subjek dengan riwayat pemberian ASI Eksklusif dan 100% subjek dengan riwayat tidak diberi ASI Eksklusif menderita batuk pilek dalam 2 bulan penelitian. Jumlah episode dan lama hari batuk pilek pada subjek dengan riwayat pemberian ASI Eksklusif yang terkena paparan asap kayu bakar, asap obat nyamuk bakar, asap rokok berturut-turut adalah 1 kali dan 2 hari, 1 kali dan 3 hari, 1 kali dan 3 hari sedangkan pada subjek dengan riwayat tidak diberi ASI Eksklusif adalah 2 kali dan 5 hari, 3 kali dan 9 hari, 5 kali dan 14 hari. Dibandingkan dengan bayi dengan riwayat tidak diberi ASI Eksklusif, kejadian batuk pilek pada bayi yang diberi ASI Eksklusif lebih rendah. Terdapat perbedaan jumlah episode dan lama hari sakit batuk pilek pada bayi usia 7-12 bulan dengan riwayat pemberian ASI Eksklusif dan tidak ASI Eksklusif (p<0,005).

Simpulan : Pemberian ASI Eksklusif dapat melindungi kejadian batuk pilek dan berhubungan dengan penurunan morbiditas ISPA pada bayi. 

Fulltext View|Download
Keywords: ISPA, ASI Eksklusif, morbiditas, asap kayu bakar, obat nyamuk bakar dan rokok

Article Metrics:

Article Info
Section: Jilid 1
Language : EN
Recent articles
PENGARUH PEMBERIAN SUSU KACANG KORO PEDANG (Canavalia ensiformis) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL DAN HDL PADA TIKUS DISLIPIDEMIA PENGARUH PEMBERIAN SUP JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus Ostreatus) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL SUBJEK OBESITAS PENGARUH PEMBERIAN BROKOLI KUKUS (BRASSICA OLERACEA) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PUASA WANITA PREDIABETES PENGARUH PEMBERIAN SERBUK BIJI LABU KUNING (Cucurbita moschata) TERHADAP PENURUNAN KOLESTEROL TOTAL TIKUS WISTAR HIPERKOLESTEROLEMIA HUBUNGAN ASUPAN ASAM LEMAK JENUH, ASAM LEMAK TIDAK JENUH DAN NATRIUM DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA MENOPAUSE DI KELURAHAN BOJONGSALAMAN PENGARUH PEMBERIAN SERBUK BIJI LABU KUNING (Cucurbita moschata) TERHADAP PENURUNAN KADAR TRIGLISERIDADARAHPADA TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIBERI DIET TINGGI LEMAK PENGARUH PEMBERIAN PUDING KACANG MERAH (Vigna angularis) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PUASA, TEKANAN DARAH, DAN LINGKAR PINGGANG OBESITAS HIPERTENSI NON-HIPERTENSI PADA REMAJA PUTRI PENGARUH PEMBERIAN JUS DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas (L.) Lam) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL TIKUS WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus) YANG DIBERI PAKAN TINGGI LEMAK HUBUNGAN FREKUENSI KONSUMSI GLUTEN, KASEIN, DAN ASUPAN SERAT DENGAN POLA DEFEKASI ANAK AUTIS INDEKS GLIKEMIK DAN BEBAN GLIKEMIK VEGETABLE LEATHER BROKOLI (Brassica oleracea var. ITALICA) DENGAN SUBSTITUSI INULIN PERBEDAAN KADAR GLUKOSA DARAH ATLET SETELAH LATIHAN ANTARA PEMBERIAN SARI TEBU DAN MINUMAN BERKARBOHIDRAT PABRIKAN PERBEDAAN KADAR TRIGLISERIDA SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN JUS KACANG HIJAU (Phaseolus Radiatus Linn) PADA PRIA HIPERTRIGLISERIDEMIA ANALISIS MUTU MIKROBIOLOGI DAN UJI VISKOSITAS FORMULA ENTERAL BERBASIS LABU KUNING (Curcubita moschata) DAN TELUR BEBEK PERBEDAAN ASUPAN ENERGI, AKTIVITAS FISIK, DAN STATUS GIZI ANTARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK DAERAH URBAN DAN SUBURBAN More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.