skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN BUBUK CENGKIH TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA PADA WANITA PREDIABETES

Program Studi Ilmu G izi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Prediabetes merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular, salah satunya yaitu dislipidemia. Hipertrigliseridemia merupakan suatu kondisi dimana kadar trigliserida dalam darah lebih dari batas normal. Kadar trigliserida dalam darah dipengaruhi oleh asupan lemak dan karbohidrat. Konsumsi bahan makanan yang mengandung  serat dan antioksidan dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, salah satunya adalah cengkih.

Metoda: Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan pretest-postest group design. Subjek penelitian adalah wanita prediabetes berusia 25-50 tahun sebanyak 46 orang yang memiliki kadar trigliserida >150mg/dl. Subjek dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok perlakuan pemberian dosis 1, 2, dan 3 gram bubuk cengkih yang sudah dikemas dalam kapsul. Setiap kelompok terdiri dari 16 orang. Intervensi dilakukan selama 14 hari. Kadar trigliserida darah sebelum dan setelah intervensi diambil dari pembuluh vena oleh petugas laboratorium dan dianalisis kadar trigliserida menggunakan metode GPO-PAP (Glycerol Phosphate Oxidase-Phenol Amino Phenazone).

Hasil : Kadar trigliserida sebelum intervensi pada kelompok pemberian dosis 1 gram/hari adalah 171,4±26,5mg/dl dan mengalami penurunan menjadi 120,43 ± 43,3mg/dl setelah intervensi. Terdapat perbedaan yang bermakna kadar trigliserida pada kelompok dosis 1 gram/hari (p=0,000). Sedangkan kadar trigliserida sebelum intervensi pada kelompok pemberian dosis 2 gram/hari adalah 173,8± 46,3mg/dl dan mengalami penurunan menjadi 129,45±60mg/dl setelah intervensi. Terdapat perbedaan bermakna kadar trigliserida pada kelompok pemberian dosis 2 gram/hari (p=0,006).

Kesimpulan: Bubuk cengkih dapat menurunkan kadar trigliserida dalam dosis 1 gram/hari dan 2 gram/hari dengan hasil yang signifikan pada wanita prediabetes. 

Fulltext View|Download
Keywords: bubuk cengkih, trigliserida, prediabetes

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.