skip to main content

PENGARUH MEDIA NUTRITION BINGO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG SERTA KEANEKARAGAMAN PANGAN PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN DI JAKARTA TIMUR

Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Indonesia

Received: 6 Jan 2022; Published: 31 Oct 2022.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Usia anak sekolah merupakan masa yang kritis untuk membentuk pola makan, jika makanan yang dikonsumsi pada masa ini terpenuhi dengan baik dapat mencegah masalah gizi dan penyakit degeneratif. pendidikan gizi pada siswa sekolah dasar memainkan peran penting dalam membentuk dan meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi, khususnya dalam hal pemilihan jenis makanan. Salah satu modifikasi media yang dapat digunakan untuk edukasi gizi usia anak sekolah adalah media permainan ‘Nutrition Bingo’. Media ini memiliki cara bermain yang menimbulkan rasa kompetitif sehingga dapat membangkitkan semangat belajar pada anak. Selain itu, dalam permainannya Nutrition Bingo menmanfaatkan banyak indera seperti mendengarkan, melihat, ataupun berdiskusi dimana hal ini dapat membuat anak semakin banyak menerima informasi dengan baik.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pemberian media ‘Nutrition Bingo’ terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang serta keanekaragaman pangan pada anak usia 10-12 tahun).

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan pre-test post-test control group design. Kelompok intervensi yang mendapatkan pendidikan gizi dengan Nutrition Bingo pada penelitian ini merupakan 20 anak usia 10-12 tahun di Yayasan Quantum Sejahtera dan 20 anak di Yayasan Komite Bersama Indonesia Kuat sebagai kelompok kontrol, mendapatkan pendidikan gizi dengan metode ceramah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample T-test, Wilcoxon, Independent T-test dan Mann Whitney.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian media Nutrition Bingo terhadap peningkatan pengetahuan (p≤0,0001) dan sikap (p≤0,0001) mengenai gizi seimbang dan keanekaragaman pangan.

Simpulan: Media Nutrition Bingo dapat digunakan menjadi salah satu media yang dapat meningkatan pengetahuan dan sikap gizi seimbang serta keanekaragaman pangan pada anak usia sekolah

Kata Kunci : Media permainan gizi; Nutrition bingo; Pengetahuan gizi.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Ethical Clearance
Subject
Type Research Instrument
  Download (227KB)    Indexing metadata
Keywords: Media permainan gizi; Nutrition bingo; Pengetahuan gizi

Article Metrics:

  1. Kementrian Kesehatan RI. Laporan Riskesdas 2018. 2018
  2. Unicef. Malnutrition rates remain alarming: stunting is declining too slowly while wasting still impacts the lives of far too many young children. UNICEF Data: Monitoring the Situation of Children and Women 2018
  3. Robiah, Kurniawaty L. Program Pemberian Makanan Sehat bagi Anak Usia Dini di PAUD Nur Hidayah Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2022; 6(2):16123–16128. . https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4959
  4. Purnamasari DU. Panduan gizi dan kesehatan anak sekolah. Penerbit Andi Yogyakarta 2018
  5. Peralta LR, Dudley DA, Cotton WG. Teaching Healthy Eating to Elementary School Students: A Scoping Review of Nutrition Education Resources. Journal of School Health. 2016; 86(5):334-5. https://doi.org/10.1111/josh.12382
  6. Damayanti D, Pritasari, Tri N. Bahan Ajar Gizi : Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC. 2017
  7. Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kemenkes RI. 2014
  8. Perera T, Frei S, Frei B, et al. Improving Nutrition Education in U.S. Elementary Schools: Challenges and Opportunities. Journal of Education and Practice. 2015; 6(30): 41-50. Available from: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:353391
  9. Priatmoko S, Saptorini, Diniy HH. Penggunaan media sirkuit cerdik berbasis chemo-edutainment dalam pembelajaran larutan asam basa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2012;1(1):37-42. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2011
  10. Mustafida F. Kajian media pembelajaran berdasarkan kecenderungan gaya belajar peserta didik SD/MI. MADRASAH Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 2013;6(1):77-95. https://doi.org/10.18860/jt.v6i1.3291
  11. Suharsimi A. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta 2010
  12. Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Pedoman Optimasi Fungsi Otak Pada Pembelajaran Anak Usia Sekolah Di Tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2016
  13. Mu’min SA. Teori perkembangan kognitif jean piaget. Al-Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu kependidikan 2013. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.292
  14. Sofianita NI, Arini FA, Meiyetriani E. Peran pengetahuan gizi dalam menentukan kebiasaan sarapan anak-anak sekolah dasar negeri Di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Jurnal Gizi dan Pangan 2015;10(1): 57-62. https://doi.org/10.25182/jgp.2015.10.1
  15. Saifah A, Sahar J, Widyatuti W. Peran keluarga perhadap perilaku gizi anak usia sekolah. JKEP 2019;4(2): 83-92. https://doi.org/10.32668/jkep.v4i2.282
  16. Yurni AF, Sinaga T. Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan praktik membawa bekal menu seimbang anak sekolah dasar. Media Gizi Indonesia 2017;12(2). https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.183-190
  17. Alwi I. Kriteria empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2012;2(2); 140-8. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.95
  18. Fadhilaturrahmi F. Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 2018;2(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.52
  19. Biomi AA, Cokorda D, Dharmayanti I, et al. Meja dan kursi belajar ergonomis mengurangi keluhan muskuloskeletal siswa SMP Tunas Daud Di Denpasar. Jurnal Ergonomi Indonesia 2021;7(2):31–43. https://doi.org/10.24843/JEI.2021.v07.i02.p05
  20. Sardiyanah S. Lingkungan pembelajaran yang efektif. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 2014;6(2): 152-162 https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i2.173
  21. Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta 2018
  22. Ayuningtiar, Sudja A, Aminah M, et al. Pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan asupan pada siswa kurus sekolah dasar. Jurnal Riset Kesehatan. 2019;11(2):102-111. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i2.679
  23. Yulia C, Khomsan A, Sukandar D, et al. Studi cross-sectional: Gambaran perilaku gizi anak usia sekolah dasar di kota Bandung. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner 2018;7(1): 9-17. https://doi.org/10.17509/boga.v7i1.11592
  24. Aliya H, Muwakhidah M. Pengaruh pendidikan gizi dengan media audio kinestetik (senam dan lagu pesan gizi seimbang) terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada anak SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta. Jurnal Kesehatan 2017;10(2): 58-65. https://doi.org/10.23917/jurkes.v10i2.5534
  25. Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan, Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta 2010
  26. Safitri YL, Sulistyowati E, Ambarwati R. Pengaruh edukasi gizi dengan media puzzle terhadap pengetahuan dan sikap tentang sayur dan buah pada anak sekolah dasar. Journal of Nutrition College 2021;10(2):100-104. https://doi.org/10.14710/jnc.v10i2.29139
  27. Adiba TR, Katmawanti S. Efektivitas permainan ular tangga sebagai media penyuluhan terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa Di SDN Landungsari 1 Kabupaten Malang. Preventia: Indonesian Journal of Public Health 2020;5(1): 1-7. http://dx.doi.org/10.17977/um044v5i1p1-7
  28. Fitriyanti R, Siprahastuti B, Cicih HML. Intervensi permainan monopoli dan diskusi gizi seimbang untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar Di Kabupaten Bogor. Journal of Nutrition Collage 2021;10(3):197-206. https://doi.org/10.14710/jnc.v10i3.30772
  29. Musdalifah R. Pemrosesan dan penyimpanan informasi pada otak anak dalam belajar: short term and long-term memory. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 2020;17(2); 217-35. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1163
  30. Sari P. Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 2019;1(1): 42-57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.27
  31. Bhinnety M. Struktur dan proses memori. Buletin Psikologi. 2015;16(2): 74-88. https://doi.org/10.22146/bpsi.7375
  32. Hikmawati Z, Yasnani Y, Sya’ban A. Pengaruh penyuluhan dengan media promosi puzzle gizi terhadap perilaku gizi seimbang pada siswa kelas V Di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah. 2016;1(2): 1-9. https://doi.org/10.37887/jimkesmas
  33. Nasution U. Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov dalam membentuk prilaku peserta didik. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif 2020;5(1): 103-13. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651
  34. Amanah NR, Suprihartono FA, Fauziyah RN, et al. Edukasi gizi dengan permainan komunikata terhadap pengetahuan dan sikap konsumsi sayur buah, jajanan dan sarapan. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung 2019;11(1): 157-164. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i1.691
  35. Afra GN, Sitoayu L, Melani V. Pengaruh permainan kartu gizi terhadap perubahan pengetahuan dan sikap gizi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Gizi dan Kesehatan 2021;13(1): 1-9. https://doi.org/10.35473/jgk.v13i1.82
  36. Rahmawati I, Sudargo T, Paramastri I. Pengaruh penyuluhan dengan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu balita gizi kurang dan buruk di Kabupaten Kotawaringin Barat Propinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Gizi Klinik Indonesia 2007;4(2): 69-77. https://doi.org/10.22146/ijcn.17478
  37. Laba NR, Kusumaputri ES. Peningkatan kebahagiaan di tempat kerja : penggunaan website tiga hal baik pada pelatihan kebersyukuran. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP) 2020;12(1):51–64. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss1.art5
  38. Safitri MM, Marlina S. Efektivitas permainan bingo dalam menstimulasi kemampuan konsep bilangan anak. Jurnal Pendidikan Tambusai 2020;4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.602
  39. Kurdanti W, Khasana TM, Fatimah AS. Pengaruh media promosi gizi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku gizi pada siswa sekolah dasar. Gizi Indonesia 2019;42(2): 61-70. https://doi.org/10.36457/gizindo.v42i2.378
  40. Indraswari SH. Pengaruh pendidikan gizi dengan poster dan kartu gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak tentang gizi seimbang di SDN Ploso I-172 Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health. 2019; 14(2): 210-220. https://doi.org/10.20473/ijph.v14i2.2019.211-222

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.