skip to main content

INTERVENSI PERMAINAN MONOPOLI DAN DISKUSI GIZI SEIMBANG UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BOGOR

Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas MH.Thamrin, Indonesia

Received: 28 Apr 2021; Published: 31 Jul 2021.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018  masalah gizi Anak Usia Sekolah di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu cara yang paling efektif dalam menyosialisasikan pengetahuan gizi melalui lembaga pendidikan.

Tujuan : Mengetahui efektivitas permainan monopoli gizi dan diskusi untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang sekolah dasar di Kabupaten Bogor.

Metode : Penelitian kuantitatif eksperimen dan kualitatif dengan jenis Quasi Eksperiment dipadukan diskusi dan observasi pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Bogor. Penelitian dirancang dengan pre and post with control desain. Jumlah sampel masing masing sebanyak 64 orang pada kelompok kontrol SDN 01 dan intervensi SDN 02. Kelompok intervensi adalah siswa yang diberikan permainan monopoli dan diskusi. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas 4. Analisis data menggunakan uji t berpasangan dan  uji Wilcoxon.

Hasil : Ada perbedaan yang signifikan peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada skor pre test dan post test kelompok intervensi p-value <0,001 sedangkan skor pre test dan post test kelompok kontrol p value 0,001 (<0,05). Perbandingan skor pengetahuan pada kelompok intervensi dan kontrol didapatkan skor pre test p value 0,638 (>0,05), post test 1 p value 0,582 (>0,05), dan p value post test 2 0,106 (>0,05) tidak ada perbedaan yang signifikan Skor Pre test, Post test 1, dan Post test 2 pada peningkatan Pengetahuan gizi seimbang. Berdasarkan perhitungan N-Gain hasil efektivitas sebesar 1,40 dapat disimpulkan kelompok intervensi dinyatakan lebih efektif daripada kelompok kontrol.  Berdasarkan hasil tidak terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor Sikap Gizi seimbang dan sikap terhadap media pada kelompok intervensi dan kontrol.

Simpulan : Media monopoli dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dibidang pendidikan sebagai sarana edukasi pengetahuan gizi seimbang.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Intervensi Monopoli dan Diskusi Gizi Seimbang Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor
Subject Knowledge ; Attitude ; Balanced Nutrition ; Monopoly Media
Type Research Instrument
  View (181KB)    Indexing metadata
 Research Instrument
Intervensi Monopoli dan Diskusi Gizi Seimbang Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor
Subject Knowledge ; Attitude ; Balanced Nutrition ; Monopoly Media
Type Research Instrument
  Download (602KB)    Indexing metadata
Keywords: Pengetahuan ; Sikap ; Gizi Seimbang ; Media Monopoli

Article Metrics:

  1. Almatsier, S. Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2011
  2. Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI; 2018
  3. Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kemenkes RI; 2013
  4. Puspitasari, E. Hubungan antara status gizi dan faktor sosiodemografi dengan kemampuan kognitif anak sekolah dasar. Gizi Indonesia. 2011; 34(1):52-60
  5. Astyorini YD. Hubungan status gizi terhadap kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Olahraga. 2014; 2(2):33-39
  6. Hawkes. Promoting healthy diet through nutrition education and changes in the food environment: an international review of actions and their effectiveness. Nutrition Education and Consumer Awareness Group, Food and Agriculture Organization of the United Nation. Rome: 2013
  7. FAO. Nutrition Education in Primary Schools. A Planning Guide For Curriculume Development. Rome: FAO. 2005
  8. WHO. Towards Health Promoting Schools. Rome: WHO Country Office For India. 2005
  9. Claire D. Using Nutrition education and cooking classes in primary schools encourage healthy eating. Journal of Student Wellbein. 2010; 4(2): 43-54
  10. Soekirman. Taking the Indonesia nutrition history to leap into betterment of the future generation. Asia Pacific Journal Of Clinical Nutrition. 2011; 3:447-451
  11. Nuryanto N, Pramono A, Puruhita N, Muis SF. Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition). 2014; 3(1): 32-36
  12. Notoatmodjo. Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
  13. Suhardjo. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara; 2003
  14. Mahfoedz. Pendidikan Kesehatan bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya; 2007
  15. Jukes, M. School Health, Nutrition and Education For All Levelling the Playing Field. CABI Internasioal USA; 2007. Page 3-29
  16. Healthy, P. Understanding and Improving Health and Objectives for Improving Health. Departement of Health. 2010. Page 2
  17. Saloso I, Hadi R. Pengaruh Media Audio (Lagu Anak-Anak) dan Media Visual (Kartu Bergambar) Terhadap Pengetahuan gizi seimbang (PUGS dan PHBS) Serta Tingkat Penerimaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Negeri di Kota Bogor. Bogor: FEMA Institut Pertanian Bogor. Skripsi. 2011
  18. Ikada, D. Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Pengetahuan gizi seimbang Siswa Kelas V SDN Ciriung 02 Cibinong. Bogor: FEMA Institut Pertanian Bogor. Skripsi. 2010
  19. Mustafida. Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang. Malang: Universitas Islam Negeri; 2009
  20. Alkhosim, Harahap, & Arita. Peningkatan kesadaran siswa. Bogor: Fakultas Kedokteran Hewan; 2009
  21. Veranita. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Fanel Terhadap Pengetahuan gizi seimbang Seimbang Dan Sikap Gizi Pada Siswa SD Marsudrini. Depok: Departemen Gizi FKM UI. Skripsi. 2001
  22. Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta; 2008
  23. Hidayat A. Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V SD Siti Aminah Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 2015: 3(2): 218-226
  24. Februhartanty, J. Nutrition education: It has never been an easy case for indonesia. Food and Nutrition Bulletin. 2005; 26(2): S267-S274
  25. Sulistyorini. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Audiovisual Anemia Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswi Kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Universitas MH.Thamrin. Skripsi. 2018
  26. Annisa. Hubungan Pendidikan Gizi Menggunakan Media Permainan Monopoli Gizi Dengan Pengetahuan Gizi, Sarapan Pagi, Dan Kebiasaan Membawa Bekal Makanan Pada Anak Sekolah. Jakarta: Universitas MH.Thamrin. Skripsi. 2019
  27. Haryoko S. Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. 2009; 5(1): 1-10
  28. Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC. 2000
  29. Sundayana. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2014
  30. Khoirani. Pengaruh permainan Sebagai Media Promosi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa SMAN 1. Medan: Universitas Sumatera Utara. Skripsi. 2012
  31. Nurmasyita N, Widjanarko B, Margawati A. Pengaruh intervensi pendidikan gizi terhadap peningkatan pengetahuan gizi, perubahan asupan zat gizi dan indeks massa tubuh remaja kelebihan berat badan. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition. 2015; 4(1): 38-47
  32. Ekayanti I, Briawan D, Destiara I. Perbedaan penggunaan media pendidikan terhadap perubahan pengetahuan dan sikap ibu dalam sarapan anak sekolah dasar di kabupaten bogor. Jurnal Gizi Pangan. 2013; 8(2): 109-114

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.