Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Dengan Metode Libqual+™

*Okta Nur Amalia  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Lydia Christiani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan dengan metode LibQUAL+™ di Perpustakaan Politeknik Kementerian Kesehatan Semarang (Politeknik Kemenkes  Semarang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Politeknik Kemenkes Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei jenis data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Kemenkes Semarang yang masih aktif per Desember 2019 berjumlah 4.584 orang. Dari populasi tersebut ditentukan jumlah sampel berdasarkan rumus tabel Issac and Michael dan diperoleh sampel berjumlah 255 orang. Teknik analisis data menggunakan metode LibQUAL+™. Terdiri dari tiga aspek yang dijadikan indikator pengukuran, yaitu Affect of Service, Information Control, dan Library as Place. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan berdasarkan aspek Affect of Service, pemustaka cukup puas Adequacy Gap (AG) dengan skor positif dan perpustakaan dinilai baik Superiority Gap (SG) dengan skor negatif. Berdasarkan aspek Information Control, pemustaka tidak cukup puas AG dengan skor negatif dan perpustakaan dinilai baik SG dengan skor negatif. Berdasarkan aspek Library as Place pemustaka tidak cukup puas AG dengan skor negatif dan perpustakaan dinilai baik SG dengan skor negatif. Kualitas pelayanan dari tiga aspek LibQUAL+™ di Perpustakaan Politeknik Kemenkes Semarang menunjukkan SG bernilai negatif. Hal tersebut dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan dinilai baik berada dalam batas zone tolerance.

Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas Pelayanan, Analisis Kepuasan, Metode LibQUAL+™
Funding: Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
  1. Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Bungin, M. Burhan. 2017. Metode Penelitian
  3. Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
  4. Fatmawati, Endang. 2011. Kajian Teoritis Mengenai Metode LibQUAL+TM untuk Mengevaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Kepustakawanan “Libraria”. Vol. 1: hal 42-
  5. Fatmawati, Endang. 2012. Evaluasi Layanan Perpustakaan FEB UNDIP Berdasarkan Harapan dan Persepsi Pemustaka dengan Metode LibQUAL+™. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 8: hal 1-18. Fatmawati, Endang. 2013. Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari Servqual ke LibQUAL+™
  6. Jakarta: Sagung Seto
  7. Hamdi, Asep Saepul. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
  8. Harmoko, Sapto. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan
  9. Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 2: hal 166-188
  10. Islami, Muhammad Abdillah, Dinn Wahyudin, Hada
  11. Hidayat Margana. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Tentang Kualitas Layanan Perpustakaan dengan Menggunakan Metode LibQUAL+TM (Studi Deskriptif di Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung). Jurnal Edulib. Vol.1: hal 1-11
  12. Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian
  13. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Rahayuning, Fransisca. 2015. Mengukur Kepuasan
  14. Pemustaka Menggunakan Metode
  15. LibQUAL+™. Yogyakarta. Graha Ilmu
  16. Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
  17. Tohir, Mudjahirin. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Budaya Berdasarkan Pendekatan Kualitatif. Semarang: Fasindo Press
  18. Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.