Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Peran Club Pecinta Buku (CPB) Dalam Promosi Perpustakaan (Studi Kasus Pada MAN 1 Sragen)

*Reinasha Hany Yulianingtyas  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ika Krismayani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran Club Pecinta Buku (CPB) dalam promosi perpustakaan MAN 1 Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Club Pecinta Buku (CPB) dalam promosi perpustakaan MAN 1 Sragen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan Studi Kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartisipan, dokumentasi, dan wawancara dengan informan ditentukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian didasarkan pada konsep bauran promosi menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh pengelola dan anggota CPB sebagian besar sudah berjalan dengan baik. Personal selling dilakukan oleh pengelola perpustakaan dan anggota CPB dilakukan pada saat Masa Orientasi Siswa dan acara bedah buku yang rutin dilakukan setahun sekali. Pengelola dan anggota CPB telah melaksanakan dengan baik kegiatan promosi mass selling melalui media cetak; brosur, pamflet, dan banner. Sedangkan dalam bentuk media elekronik berupa website sekolah yang berisi artikel mengenai kegiatan agenda sekolah. Sales Promotion dilakukan dengan menawarkan jasa penelusuran informasi dan pemberian reward kepada pengguna dengan kategori tertentu dengan tujuan merangsang dan menarik lebih banyak pengunjung perpustakaan. Public Relation dilakukan dengan membangun kerjasama dengan instansi tertentu, melakukan studi observasi di Perguruan Tinggi serta membuat suatu acara yang memunculkan citra baik perpustakaan di mata masyarakat. Direct marketing belum berjalan dengan baik. Pihak pengelola dan anggota CPB tidak melakukan pengembangan promosi direct marketing.

Fulltext View|Download
Keywords: promosi perpustakaan; bauran Promosi; Club Pecinta Buku; MAN 1 Sragen
Funding: Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
  1. Afriani. 2012. “Hubungan antara Promosi Perpustakaan melalui Majalah Dinding dengan Minat Kunjung Siswa: Studi Deskriptif SMA N 3 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Aziza. 2013. “Peran Perpustakaan Anak di Rumah
  4. Sakit Kangker Dharmais Jakarta”. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang
  5. Bafadal, Ibrahim. 2009. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  6. Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Boengin, Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo
  8. Cresswel. J. W. 2014. Research Resign Qualitatif,
  9. Quantitatif & Mixed Methods Approaches. California: Sage Publications
  10. Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia
  11. Sarana
  12. _. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Cet 2. Jakarta: PT. Grasindo
  13. Ghony, M. Djunaidi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  14. Hasymi, Ali. 1991. Introduction to Marketing Manajemen (Strategi Promosi Pemasaran). Jakarta: Rineka Cipta
  15. Kolter, Philip dan Gary Amstrong. 2010. Principles of Marketing. New York: Pearson
  16. Lasa, Hs. 2007. Manajemen Perpustakaan
  17. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor Selatan:
  18. Ghalia Indonesia
  19. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  20. Suharso, P., & Muntiah, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Perpustakaan
  21. Perguruan Tinggi. EDULIB: Journal of Library and Information Science, 10(1)
  22. doi: doi.org/10.17509/edulib.v10i1.20984
  23. Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  24. Sutarno NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Segung Seto
  25. Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
  26. Yankova, Ivanka Vasileva. 2013. “Marketing of
  27. Library-Information Services”. Journal of Balkan Libraries Union, Vol. 1, No. 1. Turkey: Edirne Balkan Libraries Union
  28. Yin. 2015. Studi Kasus: desain dan metode, Jakarta: PT Raja Grafindo Persero

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.