Analisis Kekuatan Konstruksi Car Deck Kapal Penyeberangan 1000GT Akibat Perubahan Muatan Dengan Metode Elemen Hingga

*Muhammad Harry Pratama  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 17 Apr 2020; Published: 4 Jul 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

KMP. BRR 1000 GT beroperasi pada rute pelayaran Pelabuhan Ulee Lheue – Pelabuhan Balohan, yang memakan waktu tempuh kurang lebih dua sampai tiga jam. Hal ini membuat konstruksi kapal harus dalam kondisi selalu aman selama berlayar, terutama konstruksi car deck. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mendapatkan nilai tegangan dan defleksi maksimum pada car deck kapal penyeberangan 1000 GT serta membandingkan dengan tegangan ijin sesuai rules Biro Klasifikasi Indonesia agar mendapatkan nilai safety factor. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga dan terdapat 3 jenis variasi muatan kendaraan, yaitu sedan saja, truk saja, serta sedan-truk. Validasi dilakukan pada geometri dengan menggunakan perhitungan defleksi mekanika teknik dan didapatkan nilai error sebesar 4,16 %. Pada penelitian ini, beban yang akan diinputkan yaitu beban gaya akibat berat kendaraan sedan sebesar 9810 N dan truk sebesar 78400 N, serta tekanan hidrostatis kapal sebesar 0,025 Mpa, sehingga diasumsikan terdapat tiga jenis kondisi, yaitu kondisi ketika air tenang, kondisi ketika sagging dan kondisi ketika hogging. Nilai stress paling maksimum terjadi pada saat kondisi kapal sedang sagging dengan muatan truk. stress maksimum didapatkan pada node 8332874 sebesar 170,406 Mpa, dan defleksi paling maksimal terjadi pada node 1920395 sebesar 1,09 cm. Untuk seluruh kondisi, semuanya memenuhi kriteria kekuatan menurut BKI.

Keywords: Konstruksi Car Deck; Stress; Defleksi; Metode Elemen Hingga

Article Metrics:

  1. Dokkum, V. Klaas, “Ship Knowledge – A Modern Encyclopedia”, The Netherlands: Dokmar, 2003
  2. I. Kusna D, "Teknik Konstruksi Kapal Baja 1," Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2015
  3. A. H. Kalam, I. Pujo M, and G. Rindo, "Kajian Teknis Kekuatan Car Deck Pada Kapal Ferry Ro–Ro 500 GT Akibat Perubahan Muatan Dengan Metode Elemen Hingga", Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, Vol. 5, no.1, 2017
  4. R. Aizzat W, A. F. Zakki, and H. Yudo, "Analisa Kekuatan Sandwich Plate System pada Konstruksi Geladak Kendaraan Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT Akibat Perubahan Muatan", Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, Vol. 10, no.10, 2019
  5. A. F. Molland, “The Maritime Engineering Reference Book: A Guide to Ship Design, Construction and Operation,” Elsevier. p. 920, 2011
  6. D. Setyawan, "Kekuatan Struktur Kapal," Jakarta: Pradnya Pramita, 1999
  7. D. L. Logan, “A First Course in the Finite Element Methode,” Canada: Chris Carson, 2007
  8. J. E. Brancheau, “Practical Aspects of Finite Element Simulation: A Study Guide,” The HyperWoks University Team, 2015
  9. ASTM International, “Standart Spesification of Carbon Structural Steel”, American Society for Testing and Materials, 2004
  10. G. Notaro, T. K. Otsvold, and E. Steen “A Collision study of a large supply vessel hitting a ship shaped FPSO”, in The 14th International Congress of the International Maritime Association of Mediterranean, Italy, 2011
  11. E.P. Popov, “Mechanics of Materials”, 2nd edition, Prentice-Hall Inc., New Jersey, 1994
  12. B. K. Indonesia, “Rules For Hull”, Rules Classif. Constr., vol. II, 2018