Analisa Performa Fin Stabilizer Untuk Memperbaiki Gerakan Rolling Pada Kapal longline 90 GT

Received: 23 Jul 2019; Published: 6 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Permintaan ikan tuna saat gelombang di laut tidak menentu, menyebabkan kekhawatiran pada nelayan. Salah satu cara mengantisipasinya dengan memperhatikan sistem olah gerak, diharapkan pada kondisi apapun kapal tetap bisa survive, atau tetap pada posisinya. Dalam upaya menurunkan gerakan rolling pada kapal ikan tradisional tipe Longline, penggunaan anti-roll jenis fin stabilizer merupakan salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui gerakan rolling pada kapal longline 90 GT dengan ada dan tidaknya penambahan fin stabilizer. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk dijadikan rujukan dalam merancang fin stabilizer khususnya kapal longline di Indonesia. Pada penelitian ini, dilakukan analisa perbandingan penggunaan fin stabilizer dengan variasi sudut dan lebar penampang. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan software berbasis CAD yang kemudian dilakukan analisa perhitungan momen peredam untuk mendapatkan nilai Koefisien Damping, yang mana digunakan untuk  peredam tambahan pada analisa gerakan rolling kapal menggunakan software berbasis CFD dan Metode Panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fin stabilizer yang memiliki luasan lebih besar dan dengan sudut kemiringan  fin stabilizer pada saat 5 Deg adalah yang paling optimal dalam mengurangi gerakan rolling kapal sebesar 15,61% dengan RMS of Roll sebesar 5,12 Deg.

Keywords: Rolling, Kapal Longline, Anti-Roll, Fin Stabilizer

Article Metrics:

  1. Karakas, Safak C. Control design of fin roll stabilization in beam seas based on Lyapunov’s direct method, 2012.
  2. Airlangga Herbowo. Analisa fin stabilizer terhadap rolling pada kapal ferry ro-ro 500 GT dengan metode CFD. Jurnal Teknik Perkapalan, 5(2), 353–366,2017.
  3. Nur Rifqi Sabila. Analisa Pengaruh Angle of Attack Fin stabilizer terhadap Righting moment pada Kapal Perintis 500 DWT. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 05, No. 3, 2018.
  4. Kawazoe T, Nishikido S, Wada Y. Effect of fin area and control methods on reduction of roll motion with fin stabilizers. Bulletin of M.E.S.J. (Marine Engineers SocietyinJapan).22(1).pp.25-32,1994.
  5. 7. Aalto University School of Engineering, 2016, Control of Ship Motion, http://mycourse.aalto.fi›SD10
  6. Control(6/4/2017).
  7. Kula, K. S. An Overview of Roll Stabilizers and Systems For Their Control, The International Journal on Marine Navigation and Safety of Sea Transportation, 9(3): 405-414, 2015.
  8. Harso, W., Badan, N., Teknologi, P., View, T., Sinergi, M., Nasional, R., … Nugroho, W. H. Gerakan Non-linier Rolling Kapal di Gelombang Beraturan ( Kajian Numerik ), (April).2017
  9. Farhan Abdul karim. Desain Passive U-Tube Tank pada Kapal Ikan Tradisional Tipe Kragan Guna Menurunkan Rolling Kapal. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 15, No. 3, 2018.
  10. Nordforsk, “Assessment Of Ship Performance In A Seaway : The Nordic Co-Operative Project: ‘Seakeeping Performance Of Ships,’” 1987.
  11. Winden, B. Anti Roll Tanks in Pure Car and Truck Carriers, Tesis, KTH Centre for Naval Architecture, Stockholm,2009.