Analisa Olah Gerak Ponton Berbentuk Silinder Akibat Pengaruh Beban pada Pengaruh Gelombang Regular dengan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Azniatu Fihliya  -  Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  , Indonesia
Received: 23 Sep 2019; Published: 23 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Luas perairan yang sangat luas di Indonesia menjadikan potensi ekonomi kelautan dan ekonomi maritime yang sangat potensial. Dengan wilayah geografis yang sebagian besar perairan. Maka dibutuhkan perkembangan penelitian  teknologi untuk pengembangan wilayah maritim. Pengujian terhadap kapal atau benda apung lainnya memliki banyak cara seperti, pengujian dengan menggunakan model dengan media Towing Tank,perhitungan Numerical menggunakan  Software, maupun pengujian dengan menggunakan perhitungan manual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai olah gerak ponton berbentuk silinder,dan untuk mengetahui perbedaan nilai olahgerak dengan metode software  analisis Computational Fluid Dynamic (CFD) dan Towink Tank. Dalam penelitian ini metode yang dipakai dengan simulasi pada CFD dengan karakteristik software berupa analisa olah gerak (Seakeeping) dengan variasi voltase gelombang, sarat dan muatan. Nilai Heaving tertinggi pada ponton muatan pasir dengan tinggi muatan 0,2 H, pada gelombang 4 yang memiliki amplitudo gelombang sebesar 1,95 cm, dengan nilai Heaving sebesar 4,935 cm. Untuk nilai Pitching tertinggi diperoleh pada ponton dengan muatan air pada sarat muatan 0,5 H, Gelombang 4 dengan amplitudo 1,95 cm, dengan nilai 31,776◦. Nilai Rolling tertinggi diperoleh pada ponton muatan air dengan tinggi 0,2 H, pada Gelombang 4 dengan amplitudo 1,95 dengan nilai 0,038◦. Persenan perbandingan rata-rat pengujian Towing Tank dan CFD antara Pitching dan Rolling Hampir sama yaitu nilai presentase pitching 31,726% dan untu Heaving sebesar 36,454%, tetapi pada presentase Rolling memiliki perbedaan yang significant, dikarenakan perbedaan kondisi percobaan dilapangan dan dianalisa software.

Article Metrics:

  1. E. Gelombang, S. Bandulan, Y. B. Mustofa, and I. S. Arief, “Analisa Gerakan Ponton Model Tripod untuk,” Jurnal Teknologi Kelautan ITS vol. 1, pp. 203–206, 2012
  2. E. sasmito Hadi, M. Iqbal, A. Wibawa, and Karnoto, “Experimental Measurement of Floating Structure Motion Response Based on the Low-Cost Microcontroller in Towing Tank,” International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET) vol. 9, no. 10, pp. 614–624, 2018.
  3. B. W. Hidayat. “Analisa Perubahan Olah Gerak Ponton Akibat Pengaruh Beban Menggunakan Microcontroller Berbasis Wireless” Laporan TA, Dept T. Perkapalan 2018.
  4. Moonesun, M. Javadi, M. Charmdooz, Pejman. “Evaluation of submarine model test in Towing Tank and comparison with CFD and experimental formulas for fully submerged resistance” Indian Journal of Geo-Marine Sciences 42(8):1049-1056 • December 2013
  5. P. Manik, “Analisa Gerakan Seakeeping Kapal Pada Gelombang Reguler,” Kapal, vol. 4, no. Vol 4, No 1 (2007): Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Kelautan, pp. 1–10, 2007.
  6. Bhattacharya, R. Dynamics Of Marine Vehicles. New York: John Wiley & Sons, 1978
  7. M. Iqbal , & G. Rindo. Pengaruh Anti-Slamming Bulbous Bow Terhadap Gerakan Slamming Pada Kapal Perintis 200 Dwt. Jurnal Teknik Perkapalan Undip,13(1).2016. https://doi.org/10.12777/kpl.13.1.45-54
  8. Journal of Wildlife Management, vol. 50, no. 1, pp. 157–165, 1986.
  9. Alobaid, F.Computational fluid dynamics. Springer Tracts in Mechanical Engineering.2018. https://doi.org/10.1007/978-3-319-76234-0_3
  10. Figes A.S. What is Ansys. . 2018 [ONLINE] Available at: http://www.figes.com.tr/english/ansys/ansys.php. [Accessed 05 Maret 2019]