Analisa Drag Force Pada Variasi Geometri Anoda Korban Foil Shape Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic

Received: 19 Sep 2019; Published: 19 Sep 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 19 10
Abstract

Abstrak
Penggunaan logam yang memiliki potensial yang lebih rendah disbanding dengan lambung kapal ditempelkan sebagai anoda korban merupakan salah satu solusi dalam mengatasi laju korosi pada kapal. walaupun mengatasi laju korosi anoda korban dapat memberikan tonjolan-tonjolan pada kapal yang dapat mengakibatkan turbulensi dan axial losses pada propeller. penelitian ini di tujukan untuk dapat mengetahui perbedaan nilai drag force pada variasi geometri anoda korban foil shape. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan varian baru didunia perkapalan akan bentuk dan geometri anoda korban dan dapat memberikan nilai pasar tersendiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) yaitu dengan menggunakan software Tdyn. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 4 variasi anoda korban foil shape yang di kalkulasi secara perunit, model ke-4 dapat memberikan penurunan hambatan 63.06% dari bentuk anoda korban original (konvensional) pada kecepatan 2.572 m/s atau 5 knot. Pada simulasi aliran buritan terjadi penurunan hambatan total sebesar 28%-44% pada tiap kecepatannya.

Article Metrics:

  1. Ashworth, V. (2013) Principle of Cathodic Protection. [Online]. http://www.elsevierdirect.com/brochures/shreir/PDF/Principles of Cathodic Protection.pdf
  2. R. Fratesi, G. Roventi T. Bellezze, "Localised corrosion and cathodic protectionof 174PH propeller shafts," Corros. Eng. Sci. Technol., vol. 48, no. 5, pp. 340-345, 2013.
  3. R. Fratesi, G. Roventi T. Bellezze, "Field tests on the cathodic protection of a ship propeller system," Metall. Ital., vol. 105, no. 6, pp. 1-6, 2013.
  4. A. Mathiazhagan, "Design and Programming of Cathodic Protection for Ships,"International Journal of Chemical Engineering and Applications, pp. 217-221, 2010.
  5. R. Fratesi, G. Roventi T. Bellezze, "Cathodic protection of a ship propeller shaft,"Metall. Ital, pp. 3-7, 2014.
  6. A. Voermans, "Propulsion improvement – fuel saving by means of upgrading ship propulsion," Scandinavian Shipping Gazette, vol. 18, 2006.
  7. Wärtsilä. (2009, February) Boosting Energy Efficiency, Presentation: Energy Efficiency Catalogue / Ship Power. [Online]. http://www.wartsila.com/Wartsila/global/docs/en/ship_power/energyeffici ency/boosting-energy-efficiency-presentation.pdf
  8. U. Nany Praharsiwi, M. Ali, S. Bagiyo, “Performance of the Zinc Anode Shape Design Installation on the Seabus Alu-01 Fastship,” ICSOT Indonesia, 2014.
  9. Maxemow, Shane "That's a Drag: The Effects of Drag Forces,"Undergraduate Journal of Mathematical Modeling: One + Two: Vol. 2: Iss. 1, Article 4, 2009.
  10. S. F. Hoerner, “Fluid-Dynamic Drag” theoretical, experimental and statistical information, 1965.