Studi Perancangan Side Girder dengan Variasi Jarak dan Ukuran untuk Mendapatkan Berat Konstruksi Minimal pada Kasus Kapal Kontainer 100 TEUS

*Inge Vivianie Permady  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis) Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275
Received: 19 Sep 2018; Published: 19 Oct 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 107
Abstract

Beban berat muatan kapal dan beban gelombang saat pelayaran adalah hal yang diperhitungkan dalam kekuatan memanjang. Penumpu samping (side girder) merupakan salah satu penumpu pada alas yang berperan dalam kekuatan memanjang sebuah kapal.  Dalam perhitungan rules klasifikasi, ada 2 hal yang mempengaruhi perencanaan side girder yaitu tebal plat dan jarak pemasangan plat dengan penumpu tengah (centre girder). Analisa yang dilakukan pada penelitian ini dipusatkan pada pengubahan tebal dan jumlah side girder agar menghasilkan desain  yang efisien. Permodelan dan analisa menggunakan software MSC. Patran dan Nastran dengan pembebanan momen tiga kondisi gelombang yaitu air tenang sebesar 1,08E+9 N/mm, sagging sebesar -7.32E+10 N/mm dan hogging sebesar 6.62E+10 N/mm. Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa variasi model dengan jumlah side girder 2 dan tebal 8 mm merupakan desain yang efisien karena memiliki  berat konstruksi lebih rendah dari desain awal yaitu 268,5 ton dengan selisih perbandingan 0,45 % dari desain awal.dengan nilai  safety factor pada setiap kondisi gelombang  yang masih memenuhi aturan BKI karena memiliki tegangan ijin dibawah  175 N/mm2 dan safety factor sebesar 2,2 pada air tenang, 2,7 pada hogging, dan 1,5 pada sagging.

 

Keywords: Kekuatan Memanjang; Side Girder; Safety Factor; Berat Konstruksi; Metode Elemen Hingga

Article Metrics:

  1. Schodek, D. L, Struktur, Edisi 3. Bandung: PT Refika Aditama, 1998
  2. Republik Indonesia. Biro Klasifikasi Indonesia, Rules for Classification and Construction of Sea Going Steel Ship Volume II Rules for Hull Edition 2017, Jakarta-Indonesia : Biro Klasifikasi Indonesia, 2017
  3. Albiyan, Ladwika Ilham; Ahmad Fauzan Zakki; Imam Pujo Mulyatno; Sukron Makmu; “Evaluasi Regulasi BKI terhadap Respon Konstruksi Kapal LPG Tanker 100 M di North Atlantic Ocean dan Indonesian Waterways menggunakan Metode Elemen Hingga”, Jurnal Teknik Perkapalan : vol. 5, no. 4 , pp. 875-882, 2017. [Online]. DOI : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/18849 [Diakses 25 Agustus 2018]
  4. Ramadhan, Ary; Imam Pujo Mulyatno; Hartono Yudo; “Analisa Kekuatan Konstruksi Double Bottom Pada Frame 46 Sampai Frame 50 Akibat Perubahan Dari Single Hull Ke Double Hull Pada Kapal Tanker 13944 Ltdw Dengan Metode Elemen Hingga”, Jurnal Teknik Perkapalan : vol. 4, no. 4, pp. 858-867, 2016. [Online]. DOI : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/14797 [Diakses 2 September 2018]
  5. Prastyo, Yuli; Imam Pujo Mulyatno; Hartono Yudo; “Analisa Kekuatan Konstruksi Modifikasi Double Bottom Akibat Alih Fungsi Pada Kapal Accomodation Work Barge (Awb) 5640 Dwt Dengan Metode Elemen Hingga”, Jurnal Teknik Perkapalan : vol. 4, no. 1, pp. 83-90, 2016. [Online]. DOI : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/13112https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/13112 [Diakses 16 September 2018]
  6. Nur, Iswadi, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Beban Rancangan (Design Load) Terkait Dengan Perhitungan Konstruksi Kapal- Kapal Niaga Berbahan Baja Menurut Regulasi Klas” , Bina Teknika vol. 11, no. 2, pp. 198-204, 2015. [Online]. DOI : https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/BinaTeknika/article/download/.../93 [Diakses : 17 September 2018]
  7. Eyres, D.J, Ship Construction Sixth Edition, England : Elseiver, 2007
  8. Santosa, Budi, Kekuatan Kapal, Jakarta-Indonesia, 2013
  9. Djaja, Indra Kusna, Teknik Konstruksi Kapal Baja Jilid 1. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, 2008
  10. Zakki, Ahmad Fauzan, Buku Ajar Metode Elemen Hingga, Semarang : Universitas Diponegoro, 2014
  11. Ongga, Petrus; Yani Sanwaty; Ferdy Semuel Rondonuwu; Wahyu Hari Kristiyanto; “Konsepsi Mahasiswa tentang Tekanan Hidrostatis”, Prosiding Penelitian Fakultas MIPA Universitas Yogyakarta, pp. 181-185, 2009. [Online]. DOI : http://eprints.uny.ac.id/12406/1/099_Pend_Fis_Petrus%20Ongga.pdf [Diakses 16 September 2018]
  12. Popov, E. P. Mechanics of Material, 2nd edition.. Analysis and Design of Ship Structure. New Jersey: Prentice-Hall. Rizzuto, P.R. (2010), 1978