skip to main content

Optimasi Propeller Tipe B-Series Dan Kaplan Series Akibat Variasi Jumlah Blade Dan Diameter Pada Kapal Ikan Berbahan PVC 15 GT Menggunakan Metode CFD

*Muhammad Rayandra Lubis  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Baling – baling pada kapal ikan polyvinyl chloride (PVC) pada umumnya membutuhkan beberapa kriteria khusus yaitu baling – baling yang dapat memberikan gaya dorongan besar dengan kebisingan yang rendah, tentunya dalam perancangan propeller dipilih nilai efisiensi yang maksimum tanpa terjadi kavitasi. Maka desain baling – baling harus memiliki nilai thrust besar, nilai tekanan rendah, dan aliran baling-baling yang halus. Penelitian ini membandingkan 2 jenis baling -  baling yaitu B- series, dan Kaplan  series dengan menyamakan beberapa aspek yaitu pengurangan diameter, penambahan jumlah daun, Sehingga didapatkan jenis baling – baling yang optimum untuk kapal ikan Baruna Fishtama, dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam proses analisa menggunakan software berbasis CFD,  kami mendapatkan hasil dari semua model baling – baling yaitu  bentuk aliran, nilai thrust dan nilai torque yang berbeda sesuai dengan RPM yang diberikan. Dari ketiga  model yang telah dibandingkan didapat model baling – baling yang optimum yaitu Model 7 Kaplan Series 3 daun(D) pada Rpm 1500 dengan nilai thrust sebesar 40004,60 N, nilai torque sebesar 7884,09  N.m, dan propeller yang paling efisiensi dengan nilai 8,36 %.

Fulltext
  1. A. Firdhaus, “Perancangan Kapal Ikan 15 GT Menggunakan Bahan Pipa PVC dengan Variasi Bentuk Lambung Kapal dan Jenis Alat Tangkap,” no. April, pp. 0–8, 2018
  2. reyhan ardeo Nasution, W. Amiruddin, and ari wibawa budi Santosa, “Analisa Perbandingan Ekonomis Kapal Ikan PVC ‘Baruna Fishtama’ Dengan Kapal Ikan Tradisional (Kayu),” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 282–290, 2017
  3. R. Hanggara, W. Amiruddin, and Kiryanto, “Analisa Perbandingan Performance Kapal Ikan PVC ‘Baruna Fishtama’ Dengan Kapal Ikan Tradisional (Kayu),” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 2, pp. 237–242, 2017
  4. D. B. Darmawan, D. Chrismianto, and M. Iqbal, “Analisa Pengaruh Sudut Kemiringan Hub Propeller Tipe B-Series Pada Kapal Selam Tipe Menengah Untuk Mengoptimalkan Kinerja Kapal Selam Dengan Metode CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 2, pp. 352–361, 2016
  5. R. Khresna, U. Budiarto, and G. Rindo, “Engine Matching Propeller Pada Kapal Ikan Pipa Paralon Untuk Mendapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 309–317, 2017
  6. A. Trimulyono, “Analisa Efisiensi Propeller B-Series Dan Kaplan Pada Kapal Tugboat Ari 400 Hp Dengan Variasi Jumlah Daun ,Sudut Rake Menggunakan CFD,” J. Kapal, vol. 12, no. 2, pp. 112–120, 2015
  7. H. Simbolon, A. Trimulyono, and G. Rindo, “Analisa nilai maximum thrust propeller B-series dan kaplan series pada kapal tugboat ari 400 HP dengan variasi diameter , jumlah daun , sudut rake menggunakan CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 4, pp. 394–404, 2015
  8. E. S. Hadi, P. Manik, and M. Iqbal, “Influence of hull entrance angle ‘Perintis 750 DWT’, toward ship resistance: the case study for design development ‘Perintis 750 DWT.,’” MATEC Web Conf., vol. 159, no. 01057, pp. 1–6, 2018
  9. P. B. Marine, “Spesifikasi teknis,” PT Barokah Marine, 2014.
  10. Eris Propeller, “B-Series Propeller,” Nautic expo, 2018.
  11. Eris propeller, “Kaplan Propeller,” Nautic expo, 2018.
  12. M. R. Lubis, “Optimasi Propeller Tipe B-Series Dan Kaplan Series Akibat Variasi Jumlah Blade Dan Diameter Pada Kapal Ikan Berbahan PVC 15 GT Menggunakan Metode CFD,” Laporan TA Dept. T.Perkapalan FT UNDIP, Semarang, 2018

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.