BibTex Citation Data :
@article{JTP21375, author = {Muhammad Lubis and Berlian Adietya and Eko Hadi}, title = {Optimasi Propeller Tipe B-Series Dan Kaplan Series Akibat Variasi Jumlah Blade Dan Diameter Pada Kapal Ikan Berbahan PVC 15 GT Menggunakan Metode CFD}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {}, abstract = { Baling – baling pada kapal i kan polyvinyl chloride ( PVC ) pada umumnya membutuhkan beberapa kriteria khusus yaitu baling – baling yang dapat memberikan gaya dorongan besar dengan kebisingan yang rendah, tentunya dalam perancangan propeller dipilih nilai efisiensi yang maksimum tanpa terjadi kavitasi . Maka desain baling – baling harus memiliki nilai thrust besar, nilai tekanan rendah, dan aliran baling-baling yang halus. Penelitian ini membandingkan 2 jenis baling - baling yaitu B- series, dan Kaplan series dengan menyamakan beberapa aspek yaitu pengurangan diameter, penambahan jumlah daun, Sehingga didapatkan jenis baling – baling yang optimum untuk kapal ikan Baruna Fishtama, dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam proses analisa menggunakan software berbasis CFD, kami mendapatkan hasil dari semua model baling – baling yaitu bentuk aliran, nilai thrust dan nilai torque yang berbeda sesuai dengan RPM yang diberikan. Dari ketiga model yang telah dibandingkan didapat model baling – baling yang optimum yaitu Model 7 Kaplan Series 3 daun(D) pada Rpm 15 0 0 dengan nilai thrust sebesar 40004,60 N, nilai torque sebesar 7884,09 N.m, dan propeller yang paling efisiensi dengan nilai 8,36 % . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21375} }
Refworks Citation Data :
Baling – baling pada kapal ikan polyvinyl chloride (PVC) pada umumnya membutuhkan beberapa kriteria khusus yaitu baling – baling yang dapat memberikan gaya dorongan besar dengan kebisingan yang rendah, tentunya dalam perancangan propeller dipilih nilai efisiensi yang maksimum tanpa terjadi kavitasi. Maka desain baling – baling harus memiliki nilai thrust besar, nilai tekanan rendah, dan aliran baling-baling yang halus. Penelitian ini membandingkan 2 jenis baling - baling yaitu B- series, dan Kaplan series dengan menyamakan beberapa aspek yaitu pengurangan diameter, penambahan jumlah daun, Sehingga didapatkan jenis baling – baling yang optimum untuk kapal ikan Baruna Fishtama, dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam proses analisa menggunakan software berbasis CFD, kami mendapatkan hasil dari semua model baling – baling yaitu bentuk aliran, nilai thrust dan nilai torque yang berbeda sesuai dengan RPM yang diberikan. Dari ketiga model yang telah dibandingkan didapat model baling – baling yang optimum yaitu Model 7 Kaplan Series 3 daun(D) pada Rpm 1500 dengan nilai thrust sebesar 40004,60 N, nilai torque sebesar 7884,09 N.m, dan propeller yang paling efisiensi dengan nilai 8,36 %.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License