Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers Dengan Variasi Posisi Spoiler Pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan Dan Nilai Wake Kapal Dengan Menggunakan Metode CFD

*Dame Kita Ginting  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 20 Sep 2018; Published: 19 Oct 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 115
Abstract

Perkembangan teknologi di dunia perkapalan semakin maju seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini bertujuan agar performa kapal dapat ditingkatkan menjadi lebih baik, salah satunya yaitu dengan mengurangi nilai hambatan dan wake. Wake merupakan perbandingan antara kecepatan air yang melewati baling-baling dengan kecepatan kapal dinas kapal. Perancangan Grothues Spoilers pada bagian buritan kapal dapat mengarahkan aliran air menuju baling-baling dari aliran turbulen menjadi aliran laminar. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan nilai hambatan dan wake kapal yang lebih baik setelah dilakukan penambahan Grothues Spoilers dengan memvariasikan posisi dari spoiler tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan memvariasikan 5 posisi  spoiler berbentuk foil NACA yaitu NACA 6409 terhadap model 3D kapal perintis 750 DWT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan grothues spoilers dengan variasi posisi 1 foil NACA 6409 merupakan hasil yang paling optimal dalam mengurangi hambatan. Dimana pada hambatan total pada Fn 0,26 dapat berkurang sebesar 5,9548% dari 11,772 N menjadi 11,071 N, hambatan viskositas pada variasi posisi 1 dapat berkurang sebesar 5,8931% dari 8,235 N menjadi 7,7497 N, dan hambatan gelombang pada variasi posisi 1 berkurang sebesar 6,0948% dari 3,537 N menjadi 3,3213 N. Dan dari hasil analisa wake fraction, model dengan variasi posisi 1 juga menjadi model yang paling optimal dalam mengurangi nilai wake, dimana pada kecepatan dinas nilai wake mengalami penurunan sebesar 1,075% yaitu dari 0,237 menjadi 0,234.

Keywords: Grothues Spoiler, wake fraction, hambatan, foil NACA, CFD, Kapal Perintis

Article Metrics:

  1. F. A. Molland, R. S. Turnock and A. D. Hudson, Ship Resistance and Propulsion :pratical estimation of ship propulsive power, 2011.
  2. S. Harvald, Tahanan & Propulsi Kapal,Surabaya: Airlangga Press, 1992.
  3. H. &. B. V. Schneekluth, Ship design forefficiency & economy, Butterworth-Heinemann, 1998.
  4. R. R. Harahap, E. S. Hadi and G. Rindo,“Analisa Pengaruh Sudut Masuk Kapal Perintis 750 Dwt Terhadap Slamming KapalDengan Penambahan Anti-Slamming Bulbous Bow Tipe Delta (Δ – Type) Menggunakan Metode Cfd (Computational Fluid Dynamic),” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018.
  5. Z. B. Sijabat, E. S. Hadi and G. Rindo, “Pengaruh Sudut Masuk Pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Resistance Kapal Dengan Penambahan Anti-Slamming Bulbous Bow Tipe Delta (Δ-Type),” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018.
  6. K. Restu, E. S. Hadi and M. Iqbal, “Optimalisasi Curve Linesplan Haluan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Methode (RSM) untuk Mengurangi Hambatan,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, 2017.
  7. B. H. Nova, E. S. Hadi and M. Iqbal, “Analisa Penambahan Bulbous Bow Pada Kapal Perintis 750 DWT Guna Mengurangi Efek Slamming,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 1, 2017.
  8. A. S. Nugroho, E. S. Hadi and P. Manik, “Analisa Pengaruh Penambahan Hull Vane Tipe NACA 2415 Sudut 5 ° Pada Kapal Perintis 750 DWT, Variasi Jumlah Dan Posisi Foil Hull Vane Terhadap Hambatan Dan Seakeeping Kapal Dengan Menggunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018.
  9. T. P. P. Lumbantobing, E. S. Hadi and P.Manik, “Pengaruh Variasi Bentuk Buritan Kapal Perintis 500 Dwt Terhadap Arah dan Nilai Wake Kapal dengan Mengunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, 2017.
  10. J. Siagian, P. Manik and E. S. Hadi, “Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers Tipe NACA 64098 dengan Variasi Jumlah Spoiler pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan dan Nilai Wake Kapaldengan Menggunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 4, 2018.
  11. B. P. A. Lubis, P. Manik and B. A. Adietya, “Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers dengan Variasi Geometri Berbentuk Foil NACA pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan dan Nilai Wake Kapaldengan Menggunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 4, 2018.
  12. W. Maheswara, U. Budiarto and A. F. Zakki, “Analisis Pengaruh Hull Vane TipeNACA 4412 Sudut 10 Terhadap Hambatan dan Seakeeping pada Kapal Perintis 750 DWT dengan Variasi Jumlah dan Posisi Foil Hull Vane Menggunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018.
  13. I. Setiawan, “Analisa Pengaruh Lunas Bilga Terhadap Olah Gerak Kapal dan Hambatan Total pada Kapal Ikan Tradisional Tipe Kragan,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 2, no. 3, 2014.