skip to main content

PERBANDINGAN PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS PNEUMONIAE PADA MEDIA AGAR DARAH DOMBA DENGAN PREINKUBASI STHB (SUPPLEMENTED TODD HEWITT BROTH) DAN MEDIA AGAR DARAH DOMBA GENTAMISIN TANPA PREINKUBASI STHB

*Hardina Yusri Chan  -  , Indonesia
Helmia Farida  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang Media agar darah domba gentamisin merupakan media selektif untuk kultur Streptococcus pneumoniae yang berasal dari spesimen swab nasofaring, namun kultur S.pneumoniae masih sulit dilakukan karena S.pneumoniae bersifat  fastidious sehingga membutuhkan media dengan nutrisi yanng khusus. Preinkubasi S.pneumoniae pada Supplemented Todd Hewith Broth (STHB) sebelum dilakukan kultur pada media agar darah domba dapat meningkatkan pertumbuhan S.pneumoniae.

Tujuan Menguji pertumbuhan S.pneumoniae dari spesimen swab nasofaring pada media agar darah domba dengan preinkubasi dalam STHB dibandingkan dengan media agar darah domba gentamisin.

Metode Desain penelitian True experimental post test only. Enambelas swab nasofaring ditanam langsung pada agar darah domba gentamisin dan di preinkubasi STHB 4-6 jam sebelum ditanam pada agar darah domba. Pengamatan pada 18, 24 dan 48 jam meliputi jumlah koloni, diameter koloni, diameter hemolisis, dan karakteristik koloni.

Hasil Jumlah koloni kedua media pada pengamatan 18 jam (p= 0,545), 24 jam (p = 0,545) dan 48 jam (p = 0,545) memiliki perbedaan namun tidak bermakna. Pengamatan 18 jam terdapat perbedaan signifikan diameter koloni pada kedua media (p = 0,040),namun perbedaan pada pengamatan  24 jam tidak bermakna (p =0,073) begitu juga pada 48 jam (p = 0,080). Diameter zona hemolisis pada pengamatan 18 jam (p = 0,806),  24 jam (p = 0,678) dan 48 jam (p = 0,485) memiliki perbedaan namun tidak bermakna. Karakteristik koloni pada pengamatan 18 jam (p = 0,654),  24 jam (p = 0,479) dan 48 jam (p = 0,433) memiliki perbedaan namun tidak bermakna.

Kesimpulan Terdapat perbedaan  pertumbuhan S. pneumoniae yang ditanam langsung pada agar darah domba gentamisin dan agar darah domba dengan preinkubasi STHB  pada pengamatan 18, 24 dan 48 jam namun tidak bermakna.

Fulltext View|Download
Keywords: Agar darah domba, S. pneumoniae, STHB

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.