skip to main content

PERBEDAAN NILAI ARUS PUNCAK EKSPIRASI SEBELUM DAN SESUDAH LATIHAN SKIPPING PADA DEWASA MUDA

*Haningtyas Endah Putriani  -  , Indonesia
Endang Ambarwati  -  , Indonesia
Muflihatul Muniroh  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar  Belakang:  Fungsi paru dapat ditingkatkan dengan latihan aerobik dan parameter fungsi paru yang mudah digunakan adalah APE (Arus Puncak Ekspirasi). Skipping adalah salah satu contoh latihan aerobik yang mudah dilakukan dengan alat yang sederhana. Skipping tidak tergantung pada cuaca dan waktu sehingga dapat menjadi salah satu alternatif latihan yang cocok untuk diterapkan pada masyarakat terutama dengan rutinitas yang padat.

Tujuan: Membuktikan adanya perbedaan nilai APE sebelum dan sesudah latihan skipping pada dewasa muda.

Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan rancangan comparison group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian berjumlah 40 mahasiswa  Fakultas  Kedokteran  Universitas  Diponegoro yang dipilih secara purposive sampling. Subjek dibagi menjadi kelompok kontrol dan perlakuan, terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan pada setiap kelompok. Kelompok perlakuan melakukan latihan skipping 3 kali perminggu selama 8 minggu sementara kelompok kontrol melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. APE diukur dengan menggunakan mini wright peak flow meter.  Analisis  statistik  menggunakan  uji  t  berpasangan untuk menganalisis APE sebelum dan sesudah latihan skipping, uji Wilcoxon untuk menganalisis perbedaan APE pada kelompok kontrol, serta uji Mann-Whitney untuk menganalisis selisih APE antar kelompok dan antar jenis kelamin.

Hasil: Terdapat peningkatan APE yang bermakna (p=0.000) setelah melakukan latihan skipping dan perbedaan APE yang bermakna jika dibandingkan dengan kelompok kontrol (p=0.000). Peningkatan APE kelompok perlakuan pada laki-laki lebih besar dibandingkan dengan perempuan (p=0.538).

Kesimpulan: Latihan skipping meningkatkan APE pada dewasa muda.

Fulltext View|Download
Keywords: APE, latihan skipping

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.