skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN MUSIK BER-GENRE AMBIENT TERHADAP KUALITAS TIDUR

Widodo Sarjana  -  , Indonesia
Titis Hadiati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Mahasiswa kedokteran cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk. Hal ini dapat berdampak berkurangnya capaian akademik. Musik ber-genre ambient, yang dapat dikategorikan menjadi musik relaksasi, dapat meningkatkan kerja sistem saraf parasimpatis, mengurangi kecemasan, tekanan darah, denyut jantung dan laju pernafasan dan dapat memberikan dampak positif pada kualitas tidur dengan cara relaksasi otot dan pengalihan pikiran.

Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian musik ber-genre ambient terhadap kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran.

Metode : Penelitian ini menggunakan eksperimental kuasi. Sampel berasal dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (n=30). Kualitas tidur diukur dengan menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index sebelum penelitian dan tiap minggu selama intervensi berlangsung. Responden mendengarkan musik ber-genre ambient selama ± 30 menit (Kelompok 1). Kelompok kontrol (Kelompok 2) tidak menerima intervensi.

Hasil    : Ditemukan penurunan skor global PSQI pada kelompok yang diperdengarkan musik ber-genre ambient dari 11.50 ± 3.386 menjadi 5.69 ± 2.442 dengan p = <0.001 (p < 0.05) yang mengindikasikan bahwa terdapat perbaikan kualitas tidur.

Kesimpulan    : Musik ber-genre ambient memberikan pengaruh positif terhadap kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran.

Fulltext View|Download
Keywords: Musik Ber-Genre Ambient, Kualitas Tidur, Pittsburgh Sleep Quaity Index

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.