skip to main content

TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN MAKANAN DAN KECUKUPAN GIZI PADA PASIEN NON COMMUNICABLE DISEASES DI RUMAH SAKIT BERSERTIFIKASI HALAL

Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Brawijaya, Indonesia

Received: 30 Dec 2021; Published: 29 Jul 2022.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Persepsi pasien tentang pelayanan makanan dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu kualitas makanan, ketepatan waktu, profesionalitas layanan, suhu, sikap staf yang menyajikan.Tingkat kecukupan zat gizi baik makro ataupun mikro berkaitan dengan penilaian kualitas makanan yang disajikan.

Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kepuasan makan pasien non communicable diseses dengan kecukupan gizi di rumah sakit bersertifikasi halal.

Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan Cross-sectional. Data diolah menggunakan uji statistik Chi Square. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara menggunakan panduan kuesioner kepuasan pelayanan makanan yang meliputi ketepatan waktu, variasi menu, tampilan menu, cita rasa, kebersihan dan penampilan petugas.

Hasil: Tidak ada hubungan antara tingkat kepuasan pasien dengan kecukupan gizi pasien non communicable diseases di Rumah Sakit bersertifikasi halal dengan p>0,05.Hal ini dipengaruhi oleh adanya penurunan nafsu makan pada pasien.

Simpulan: Tigkat kepuasan tidak berhubungan dangan kecukupan gizi pasien (Energi, Protein, Lemak dan Karbohidrat) karena nafsu makan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi klinis pasien.

 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research ethic review
Research ethic review
Subject
Type Research ethic review
  View (123KB)    Indexing metadata
 Research Instrument
Form kepuasan
Subject
Type Research Instrument
  Download (254KB)    Indexing metadata
 Research Instrument
Informed consent
Subject
Type Research Instrument
  Download (138KB)    Indexing metadata
 Research Instrument
Comstock
Subject
Type Research Instrument
  Download (146KB)    Indexing metadata
Keywords: Kecukupan gizi; Makanan halal; Tingkat kepuasan

Article Metrics:

  1. Aminuddin NF. Vijayakumaran RK. Razak SA. Patient Satisfaction With Hospital Foodservice and its Impact on Plate Waste in Public Hospitals in East Malaysia. Hospital Practices and Research. 2018;3(3):90-97. https://doi.org/10.15171/hpr.2018.20
  2. Kartasurya MI. Hubungan kepuasan pelayanan makanan rumah sakit dan asupan makanan dengan perubahan status gizi pasien ( Studi di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak ). Jurnal Gizi Indoneisa (The Indonesian Journal of Nutrition). 2013;2(1): 32-41. https://doi.org/10.14710/jgi.2.1
  3. Ciliento G, Gawronski O, Pomponi M, Roberti M, Tiozzo E. A systematic review of hospital foodservice patient satisfaction studies. J Acad Nutr Diet. 2015.115(4):567-584. https://doi.org/10.1016/j.jand.2014.11.013
  4. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah sakit PGRS 2013. Jakarta. 2013
  5. Nurqisthy A, Adriani M, Muniroh L. Hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan tingkat kecukupan energi dan protein pasien di rumah sakit Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Media Gizi Indonesia.2016; 11(1): 32-39. https://doi.org/10.20473/mgi.v11i1.32-39
  6. Abdurochman M, Sulistiadi W. Sharia hospital as an added value: A systematic review. The 6th International Conference on Public Health.2019: 413. https://doi.org/10.26911/the6thicph-FP.04.25
  7. Dinar Standard, Thomson Reuters. State of the global islamic economy report 2018/19. Dubai International Financial Centre. 2018
  8. Peraturan Pemrintah Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal. PP RI: 2021
  9. Azizah AZ, Darni J, Damayanti AY, Naufalani MD. Differences of eat satisfaction levels of patients in hospital with halal certified and non - certified. Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan. 2019;3(1):25-32. https://doi.org/10.22487/ghidza.v3i1.17
  10. Al-farajat L, Jung S, Gu G, Seo Y. Factors influencing overall satisfaction of middle eastern arab patients in South Korea. 2019;7(1):216-224. https://doi.org/10.17703/IJACT.2019.7.1.216
  11. Primasari.E, Sulistiadi.W. Halal food supply motivation for muslim patients. Procceding of International Conference on Applied Science and Health. 2019;(4):1035-1040. Available from: https://publications.inschool.id/index.php/icash/article/view/464
  12. Naber TH, Schermer T, De Bree A, Musteling K, Eggink L, Kruimel JW, et al. Prevalence of malnutrition in non surgical hospitalized patients and its association with complication. American Journal of Clinical Nutrition. 1997:66(5):1232-1239
  13. Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bansung: Alfabeta; 2015
  14. Williams P, Walton K. Plate waste in hospitals and strategies for change. e-ESPEN. European e-Journal of Clinical Nutrition and Metabolism. 2011;6(6):235-241. https://doi.org/10.1016/j.eclnm.2011.09.006
  15. Sabri A. Pengelolaan waktu dalam pelaksanaan pendidikan islam. Al-Ta'lim Journal. 2012:19(3);180-188. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.31
  16. Widosari E, Widyaningsih EN. Hubungan antara ketepatan jam makan dan rumah sakit dengan kepuasan pasien yang mendapatkan makanan biasa Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro. Seminar Naisonal Gizi Program Studi Ilmu Gizi UMS. 2017;(2006):213-222. Available from: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/8700
  17. Agustina L, Primadona S. Correlation between Food Taste and Temperature with Plate Waste of Animal-based Food among Pediatric Patients at Dr. Ramelan Naval Hospital Surabaya. Amerta Nutrition 2018: 245-253. https://doi.org/10.2473/amnt.v2i3.2018.245-253
  18. Habiba RA, Adriani M. Hubungan depresi , asupan , dan penampilan makanan dengan sisa makan pagi pasien rawat inap ( Studi di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya ). Amerta Nutrition. 2017:198-208. https://doi.org/10.2473/amnt.v1i3.2017.198-208
  19. Kusuma TS, Kurniawati AD. Makanan Halal Dan Tayyib. 1st ed. Malang: UB Press; 2021
  20. Liber, Andarwulan N, Adawiyah DR. Peningkatan kualitas cita rasa makanan rumah sakit untuk mempercepat penyembuhan pasien. jurnal mutu pangan. Indonesian Journal of Food Quality. 2014;1(2):83-90. Available from: https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmpi/article/view/19866
  21. Kustiyoasih MP, Adriani M, Nindya TS. Penyelenggaraan makanan dan kepuasan konsumen di kantin lantai 2 rumah sakit Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Media Gizi Indonesia. 2016.11(1):11-16. https://doi.org/10.20473/mgi.v11i1.11-1
  22. Saskia R, Primadona S, Mahmudiono T.. Hubungan tingkat kematangan dan suhu dengan sisa makanan lauk nabati pada pasien anak di ruang inap rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Media Gizi Indonesia. 2018. 13(2):100-107. https://doi.org/10.20473/mgi.v13i2.100-107
  23. Akanele AE, Mgbo S, Chukwu O, Ahudie CM. Microbiological contamination of food : The mechanisms, impacts and prevention. International Journal of Scientific and Technology. 2016;5(03):65-78
  24. Tanuwijaya LK, Novitasari TD, Arfiani EP, Wani YA, Wulandari DE. Kepuasan pasien terhadap variasi bahan makanan di rumah sakit. Jurnal Gizi. 2019:8 (1): 50-58. Available from: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jgizi/article/view/4765
  25. Tanuwijaya LK, Sembiring LG, Dini CY, Arfiani EP, Wani YA. Sisa makanan pasien rawat inap: analisis kualitatif. Indonesian Journal of Human Nutrition. 2018:51-61. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2018.005.01.6
  26. Guyton, A., Hall J. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. 11th ed. Jakarta: EGC; 2007
  27. Bossola M, Tazza L, Giungi S, luciani G. Anorexia in hemodyalysis patients: An update. Kidney Int J. 2006:70(3): 417-422. https://doi.org/10.1038/sj.ki.5001572
  28. Puspa IM, Subandriani DN, Supadi J. Hubungan kepuasan pelayanan makanan dan sisa makanan dengan kecukupan gizi pada pasien kelas III di rumah sakit. J Ris Gizi. 2019;7(2). https://doi.org/10.31983/jrg.v7i2.5163
  29. Aminuddin NF. Vijayakumaran RK. Razak SA. Patient satisfaction with hospital foodservice and its impact on plate waste in public hospitals in East Malaysia. Hospital Practices and Research. 2018;3(3):90-97. https://doi.org/10.15171/HPR.2018.20
  30. Prianto A, Amir A, Lubis P. Analisis preferensi masyarakat terhadap minat membeli produk makanan berlabel halal di Kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. E-jurnal Persepktif Ekonomi dan Pembangunan Daerah. 2020;9(1):1-10. https://doi.org/10.22437/pdpd.v9i1.12476
  31. Azizah M. Instrumen labelisasi dan sertifikasi halal sebagai perlindungan hukum terhadap konsumen muslim dalam wacana hukum ekonomi islam di Indonesia. Jurnal Al-Adl. 2017;10(2):138-153. http://dx.doi.org/10.31332/aladl.v10i2.704
  32. Afrianty N, Agustina D. A Pengaruh islamic branding dan product ingredients terhadap minat beli produk PT HNI HPAI Kota Bengkulu. Journal of Islamic Economics and Finance Studies. 2020;1(2):121-136. http://dx.doi.org/10.47700/jiefes.v1i2.2057
  33. Toyo M. Labelisasi halal terhadap perilaku konsumen dalam memilih produk makanan sesuai hukum islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. 2019;3(1):69-83. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2117

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.