slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Aplikasi TikTok sebagai Media Sumber Belajar oleh Siswa Kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang | Wafi | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Aplikasi TikTok sebagai Media Sumber Belajar oleh Siswa Kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang

*Renata Hibatul Wafi  -  Departement of Library Science, Diponegoro University, Jl. Prof. Sudarto, Semarang, Indonesia
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berjudul Aplikasi TikTok sebagai Media Sumber Belajar oleh Siswa Kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman informasi siswa kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang dalam menggunakan media sosial TikTok sebagai Sumber Belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengalaman informasi siswa kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang sebagian besar menggunakan media sosial TikTok sebagai sumber belajar, tetapi terdapat juga siswa yang menggunakan media sosial TikTok sebagai media hiburan saja. Namun dapat dikatakan bahwa media sosial TikTok cukup efektif sebagai pencarian informasi akademik dan tidak berpotensi buruk terhadap kegiatan belajar siswa.

 


 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Aplikasi TikTok sebagai Media Sumber Belajar oleh Siswa Kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang
Subject Pengalaman Informasi; Siswa kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang; Media Sosial TikTok, Sumber Belajar.
Type Research Instrument
  Download (46KB)    Indexing metadata
Keywords: Pengalaman Informasi; Siswa kelas 12 SMA Islam Al Azhar 14 Semarang; Media Sosial TikTok, Sumber Belajar.
  1. Anggitia, S. (2021). Information Experience of Village Library Staff. Information Development, 1–6. https://doi.org/10.1177/02666669211030600
  2. Ayu, B., Kasin, W., & Mulumbot, T. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Seni Budaya Aspek Teater Materi Teknik Dasar Seni Peran Menggunakan Aplikasi Tiktok Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanasitolo Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 1–17. http://eprints.unm.ac.id/19177/
  3. Bohang, F. K. (2018). Tik Tok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia. https://pemilu.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia
  4. Bruce, C., Davis, K., Hughes, H., & Partridge, H. (2014). Information Experience : Approaches to Theory and Practice Article information : Library and Information Science, 9, 315–320. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010016
  5. Bruce, C., Davis, K., Hughes, H., Partridge, H., & Stoodley, I. (2014). Information Experience : Contemporary Perspectives. Library and Information Science, 9, 3–15. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010001
  6. Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial : Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Science and Innovation Technology, 1, 565–572. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010016
  7. Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar
  8. Hasanah, U., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). PERSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 30–39
  9. Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif
  10. Mukminin, A., Muhaimin, M., Prasojo, L. D., Khaeruddin, K., Habibi, A., Marzulina, L., & Harto, K. (2022). Analyzing Social Media Use In Tefl Via The Technology Acceptance Model In Indonesia Higher Education During The Covid-19 Pandemic. Teaching English with Technology, 22(1), 3–22. http://www.tewtjournal.org
  11. Prasetyawan, Y. Y. (2020). Pengalaman Informasi Pemilih Pemula Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Pembelajaran Politik Dalam Menentukan Pilihan Calon Presiden. 8, 21–29
  12. Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
  13. Ramdani, N. S., Hadiapurwa, A., & Nugraha, H. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 425–435. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
  14. Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 352–358
  15. Shelyana, S., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Pengalaman Informasi Remaja Terhadap Alat Peraga Kampanye Pemilu 2019 di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26853
  16. Tafonao, T., Saputra, S., & Suryaningwidi, R. (2020). Learning Media and Technology: Generation Z and Alpha. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(2), 89. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i2.954
  17. Taubah, M. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 57–66

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.