Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pengalaman Informasi Followers Autobase Twitter @ohmybeautybank dalam memenuhi kebutuhan informasi seputar kecantikan

*Naeli Fauziyah  -  Department of Library Science, Jl. Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Athanasia Octaviani Puspita Dewi  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengalaman informasi followers autobase twitter @ohmybeautybank ketika memenuhi kebutuhan informasi kecantikan melalui autobase twitter @ohmybeautybank. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan thematic analysis. Temuan kajian ini menunjukkan bahwa autobase twitter @ohmybeautybank memiliki peran dan manfaat bagi followersnya untuk memenuhi kebutuhan informasi kecantikan. Kebutuhan informasi kecantikan yang dimiliki oleh followers autobase twitter @ohmybeautybank merupakan kebutuhan informasi fisiologis, afektif, dan diekspresikan. Ketika memenuhi kebutuhan informasi kecantikan, followers autobase twitter @ohmybeautybank mengalami beberapa fenomena pengalaman informasi berupa merepresentasikan informasi kecantikan yang dimilikinya ke dalam autobase twitter @ohmybeautybank. Memahami bagaimana cara eksplorasi informasi pada autobase @ohmybeautybank agar kebutuhan informasinya dapat dipenuhi. Followers autobase twitter @ohmybeautybank mengirimkan menfess pada autobase @ohmybeautybank, ikut serta dalam forum diskusi pada kolom komentar yang terdapat dalam menfess autobase @ohmybeautybank, serta membaca informasi yang terdapat pada postingan dan komentar autobase @ohmybeautybank. Dampak positif yang dirasakan oleh followers autobase twitter @ohmybeautybank ketika menelusuri informasi kecantikan melalui autobase twitter @ohmybeautybank yaitu mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru mengenai informasi kecantikan serta menjadi mampu dalam mengambil keputusan untuk kebutuhan kecantikannya. Dampak negatif yang dirasakan yaitu adanya kelebihan informasi yang didapat ketika memenuhi kebutuhan informasi pada akun autobase @ohmybeautybank.

 
Fulltext View|Download
Keywords: pengalaman informasi; autobase twitter; kebutuhan informasi; informasi kecantikan
  1. Ati, S., Kristanto, N. H., & Taufiq, A. (2017). Dasar-dasar Informasi (Edisi Kedu). Universitas Terbuka
  2. Bruce, C., Davis, K., Hughes, H., Partridge, H., & Stoodley, I. (2014a). Information experience: Contemporary perspectives. Library and Information Science, 9, 3–15. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010001
  3. Bruce, C., Davis, K., Hughes, H., Partridge, H., & Stoodley, I. (2014b). Information experience: New perspectives and research directions. Library and Information Science, 9, 315–320. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010016
  4. Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46–65. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282
  5. Damayanti, S., Poerana, A. F., & Lubis, F. M. (2022). Fenomena Belanja Online di Kalangan Mahasiswa Para Pengikut Akun @berburusale_. Media Bina Ilmiah, 16(10), 7569–7576. http://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/7
  6. Davis, K. (2015). The information experience of new mothers in social media: a grounded theory study (Doctoral dissertation, Queensland University of Technology) (Issue August) [Queensland University of Technology]. https://eprints.qut.edu.au/86784/12/n4352556 Kate Davis Thesis with redactions_Redacted.pdf
  7. Department, S. R. (2022). Countries with the most Twitter users 2022. Statista. https://www.statista.com/statistics/242606/number-of-active-twitter-users-in-selected-countries/
  8. Garg, M. (2016). Information Seeking Behaviour Models: A Brief Introduction. International Journal of Library and Information Studies, 6(1), 161–168. www.ijlis.org
  9. Husnusyifa, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Sikap Fanatisme Penggemar: Studi Pada Media Sosial Twitter @BTOBIndonesia Terhadap Sikap Fanatisme Penggemar. Idea : Jurnal Humaniora, 2(2), 120–133. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4935
  10. Ilma, L. lu’ul, Roessobiyatno, R., & Nainggolan, B. (2017). Riset Permasalahan dalam Mencari Informasi dan Pertimbangan yang diperlukan Calon Mahasiswa untuk Menentukan Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(3), 195. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i3.337
  11. Lathifah, I. C., & Dewi, A. O. P. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Ibu Hamil pada Kehamilan Pertama di Kecamatan Tembalang Semarang dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(3), 401–416. https://doi.org/10.14710/anuva.5.3.401-416
  12. Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
  13. Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
  14. Makmur, T. (2019). Revolusi sumber-sumber informasi di internet dan hubungannya dengan masyarakat informasi. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 1(1), 46–55. https://doi.org/10.24952/ktb.v1i1.1593
  15. Malik, A., Heyman-Schrum, C., & Johri, A. (2019). Use of Twitter across educational settings: a review of the literature. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 36. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0166-x
  16. Miller, F., Davis, K., & Partridge, H. (2019). Everyday life information experiences in twitter: A grounded theory. Information Research, 24(2)
  17. Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277
  18. Nurina HakiNm, S., & Alyu Raj, A. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1(Agustus), 280–284. jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/download/2200/1662
  19. Nurrahmi, F., & Syam, H. M. (2020). Perilaku Informasi Mahasiswa dan Hoaks di Media Sosial. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 129–146. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9215
  20. Paramastri, N. A., & Gumilar, G. (2019). Penggunaan Twitter Sebagai Medium Distribusi Berita dan News Gathering Oleh Tirto.Id. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1), 18–38. https://doi.org/10.24198/jkj.v3i1.22450
  21. Partridge, H., & Yates, C. (2014). Researching information experience: Object and domain. Library and Information Science, 9, 19–32. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010002
  22. Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431
  23. Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, 8(1), 51–65. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
  24. Purnamasari, E., & Ismunandar. (2020). The Influence of Social Media on Interest To Buy Online (Case Study of Stie Bima Students). Balance: Jurnal Ekonomi, 16(1), 44
  25. Reddy, V. (2014). Information experience in the context of information seeking methods by prospective students. Library and Information Science, 9, 295–311. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010015
  26. Reitz, J. M. (2022). ODLIS Online Dictionary for Library and Information Science. https://products.abc-clio.com/ODLIS/odlis_about
  27. Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/view/2957/1905
  28. Santikasari, S., & Laksmini, P. (2019). Hubungan Sumber Informasi Dengan Pemakaian Kontrasepsi di Kelurahan Merak Tangerang. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 74–87. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.87
  29. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta
  30. Syafitri, N. K., Rullyana, G., & Ardiansah. (2020). Autobase @collegemenfess, a Twitter Account Used as Information Retrieval Tool. Jurnal Khizanah Al-Hikmah, 8(2), 161–172. https://doi.org/10.24252/kah.v8i2a6
  31. Talip, B. A., Narayan, B., Watson, J., & Edwards, S. (2020). The Role of Information Experience on IT Professionals’ Twitter Use. Libri, 70(1), 1–15. https://doi.org/10.1515/libri-2018-0096
  32. Twitter, I. (2023). Pusat Bantuan. https://help.twitter.com/id/resources/glossary
  33. Wardani, T. R. K., Suwignyo, H., & Ernaningsih, D. N. (2018). Kebutuhan Informasi dan Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Komunitas Akar Tuli. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 105–112. https://doi.org/10.17977/um008v2i22018p105
  34. Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Edisi Pert). Kencana

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.