Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Bauran Pemasaran pada Media Sosial dan Website Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

*Rani Amanda Febriyanti  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perkembangan zaman dan teknologi menyebabkan eksistensi perpustakaan terancam apabila tidak dapat mengikuti kebutuhan masyarakat, terutama perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi berfungsi untuk membantu perguruan tinggi tersebut dalam mencapai tujuan Tri Dharma Pendidikan sehingga berbagai bahan pustaka dan layanan yang ada harus menyesuaikan kebutuhan civitas akademika. Apabila perpustakaan perguruan tinggi telah dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut, cara selanjutnya agar eksistensi perpustakaan tetap terjaga yaitu dengan memasarkan fasilitas berupa layanan dan bahan pustaka kepada masyarakat akademik perguruan tinggi. Perpustakaan merupakan organisasi nirlaba sehingga keuntungan dari dilakukannya pemasaran tersebut bukan menarik biaya dari pemustaka, tetapi kegiatan bermanfaat berupa pemenuhan kebutuhan informasi yang diinginkan. Dengan berkembangnya zaman, pemasaran mudah diakses dimana saja, terutama pada sosial media sehingga perpustakaan perguruan tinggi sedang gencar-gencarnya mengelola sosial media dan website sebagai sarana promosi perpustakaan. Pemasaran tersebut membutuhkan suatu strategi pemasaran (marketing mix) supaya promosi dapat berjalan lancer. Pada artikel ini akan membahas mengenai bauran pemasaran pada media sosial dan website Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui promosi yang dilakukan terhadap perpustakaan yang dimiliki agar ekstensinya tetap terjaga. Metode penelitian dilakukan melalui literature review dari berbagai jurnal sejenis sebelumnya serta observasi online melalui internet
Fulltext View|Download
  1. Darmanto. (2011). Pemasaran perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2, 105-115
  2. Hermawan, F. T. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi)
  3. Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition : Seventeenth Edition. Pearson Education
  4. Kotler, Philip, & Gary Armstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran : Edisi 13 Jilid 1. Erlangga
  5. Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books
  6. Pertiwi, M. I., Edy Yulianto, & Sunarti. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee Di Mx Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 179-186
  7. Prasetyawan, A. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Perpustakaan Di Era Digital. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Bibliotika
  8. Selang, C. A., Bauran Pemasaran, P., & Selang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal Emba, 71, 71-80
  9. Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. PT. Gramedia Pustaka Umum
  10. Sungadi. (2019). Promosi Perpustakaan dan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(2), 133150
  11. Suparmono, G. (2008). Hukum Yayasan di Indonesia. Rineka Cipta
  12. Widuri, N. R. (2000). Pemasaran Jasa Informasi di Perpustakaan. Baca, 25(3-4), 68-72

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.