Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro

*Hapsari Dewi Saraswati  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Teknologi informasi khususnya teknologi komunikasi massa mulai mengalami berbagai perkembangan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi yang terus berkembang. Teknologi komunikasi massa membantu masyarakat dalam berbagai hal, terutama promosi melalui online. Media promosi perpustakaan semakin beragam, salah satunya adalah penggunaan media sosial yaitu Instagram sebagai sarana promosi. Penggunaan Instagram merupakan salah satu media promosi perpustakaan yang efektif terkait dengan bagaimana konten dibagikan oleh perpustakaan UDINUS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten Instagram sebagai promosi perpustakaan berdasarkan teori bauran pemasaran menurut Philip Kotler sehingga diperoleh hasil bahwa Instagram dapat digunakan sebagai media promosi perpustakaan yang menjangkau masyarakat luas.
Fulltext View|Download
Keywords: Promosi Perpustakaan; Bauran Pemasaran; Instagram
  1. Faisal, I. A., & Rohmiyati, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai. Repository Fakultas Ilmu Budaya Univ. Diponegoro, 6(4), 10
  2. Fakhlina, R. J. (2018). Guérilla Marketing: Taktik Perpustakaan untuk Eksis dalam Menghadapi Generasi Milenial. Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 10(2), 133-146. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i2.79
  3. Hasya, R. (2022). Seberapa Besar “The Power of Netizen Indonesia” di Instagram? Good Stats. https://goodstats.id/artide/seberapa-besar-the-power-of-netizen-indonesia-di-instagram-ktfX4
  4. Kotler, P. (1997). Marketing Management. Prenhallindo
  5. Nurhikmah, I. D., & Puspita, A. O. (2019). Analisis Promosi Pada Aplikasi Salatiga Mobile Library Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 21-30. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23208
  6. Prastya, D. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. suara.com. https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022
  7. Ramadhan, W. K., & Rusmono, D. (2021). Pendayagunaan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Promosi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(2), 137. https://doi.org/10.30829/jipi.v6i2.8663
  8. Theodora, D. (2021). Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 12(1), 37-47. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.25152

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.