ANALISIS PROMOSI PADA APLIKASI SALATIGA MOBILE LIBRARY DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SALATIGA

Indah Nurhikmah, Athanasia Octaviani Puspita Dewi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang analisis promosi pada aplikasi Salatiga Mobile Library di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
dan menganalisis kegiatan promosi aplikasi Salatiga Mobile Library berdasarkan konsep
bauran promosi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Metode
pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan observasi nonpartisipan,
dokumentasi, dan wawancara dengan informan ditentukan dengan metode purposive. Hasil
penelitian didasarkan pada konsep bauran promosi menunjukkan bahwa promosi yang
dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga pada promosi aplikasi Salatiga
Mobile Library. Personal selling dalam promosi aplikasi Salatiga Mobile Library sudah
dilakukan dengan sosialisasi ketika seminar. Aplikasi Salatiga Mobile Library sudah
dipromosikan melalui advertising dengan pembuatan brosur, stand banner, stiker,
diterbitkan dikoran, serta di-posting melalui Instagram, Facebook, dan Twitter. Public
Relation mempromosikan dengan menyebarkan brosur kepada pengunjung dan stand banner
yang diletakkan di setiap pameran. Direct marketing yang dilakukan untuk mempromosikan
aplikasi Salatiga Mobile Library melalui website perpustakaan dengan berisi informasi
penggunaan aplikasi Salatiga Mobile Library. Adapun sales promotion belum diterapkan
dalam promosi aplikasi Salatiga Mobile Library dikarenakan tidak ada anggaran untuk
promosi tersebut.

Keywords


promosi; promosi perpustakaan; bauran promosi; aplikasi mobile library

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.