Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pemanfaatan fitur reels di Instagram sebagai media promosi di Perpustakaan Kabupaten Semarang

*Itmamul Chabibah  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Instagram merupakan salah satu social media yang sedang disukai oleh banyak orang di era sekarang ini. Instagram memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Salah satunya adalah reel. Perpustakaan Kabupaten Semarang memanfaatkan fitur reel yang ada di Instagram untuk mempromosikan perpustakaan. Maka dari itu, peneliti akan mengamati bagaimana pemanfaatan fitur reel yang dilakukan oleh pustakawan Perpustakaan Kabupaten Semarang sebagai media promosi Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Pengambilan data menggunakan cara observasi pada akun Instagram Perpustakaan Kabupaten Semarang serta menggunakan literatur dari jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Perpustakaan Kabupaten Semarang memanfaatkan fitur reel Instagram dengan meng upload video-video kegiatan yang dilakukan di Perpustakaan lalu, ada video Pendidikan Pemakai dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan atau bahan evaluasi bagi pihak Perpustakaan khususnya pustakawan yang mengelola akun social media Perpustakaan agar kegiatan promosi yang dilakukan kedepannya menjadi lebih baik
Fulltext View|Download
Keywords: promosi perpustakaan; Instagram; fitur reels
  1. A’yunin Qurrota, N. A. (2018). Promosi Perpustakaan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Melalui Media Sosial. Libria, 7(1), 48-63
  2. Faisal, I. A., & Rohmiyati, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai. Repository Fakultas Ilmu Budaya Univ. Diponegoro, 6(4), 10
  3. Harahap, W. R. (2021). PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN
  4. Iqbal, R., & Yunita, I. (2020). Media Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Eramilenialdan Revolusi Industri 4.0. El Pustaka: JurnalIlmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 07(021), 16-26
  5. Mumek, F., Golung, A. M., & Rogi, S. P. (2021). Peranan Promosi Perpustakaam dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(2), 1-10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/33393
  6. Mustofa, M. (2017). PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI MEDIA SOSIAL : Best Practice. Publication Library and Information Science, 7(2), 21. https://doi.org/10.24269/pls.v1i2.691
  7. Nasrullah, N., Tawakkal, T., & Jannah, M. (2022). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana promosi perpustakaan di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten bulukumba. Jurnal ilmu perpustakaan (jiper), 4(1)
  8. Prihartanta, W. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3(83), 1-9
  9. Singgih Miyata dan Ec Eddy Madiono Sutanto, N., Manajemen Bisnis, P., Studi Manajemen, P., & Ekonomi, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Agora, 7(2), 287046
  10. Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Library Promotion Through the Instagram: Library Airlangga University. Publication Library and Information Science, 3(2), 66-74. http://journal.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/2074
  11. Wahfiuddin Rahmad Harahap. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1), 103116
  12. Yenianti, I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Di Perpustakaan IAIN Salatiga. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 223-237. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.223-237
  13. Zuhri, M. A. M., & Christiani, L. (2018). PEMANFAATAN MEDIA SOSIALINSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI LIBRARY BASED COMMUNITY (STUDI KASUS KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN SOLO @Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 21-30. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22899

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.