Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI LIBRARY BASED COMMUNITY (STUDI KASUS KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN SOLO @Koperjas)

*M. Abdul Malik Zuhri  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Lydia Christiani  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library
Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas)”. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan akun Instagram @Koperjas sebagai media
promosi bagi Library Based Community pada Perpustakaan Jalanan Solo. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data
menggunakan model analisis data Miles and Huberman, diantaranya yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data mengacu pada Creswell (2014) dengan
menggunakan triangulasi sumber. Hasil penulisan skripsi ini, disimpulkan bahwa pemanfaatan
media sosial Instagram merupakan langkah yang tepat sebagai media promosi Library Based
Community oleh Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo. Pemasaran maupun promosi perpustakaan
mengacu pada teori yang yang sesuai diantaranya meliputi; Attention, Interest, Desire, and Action.
Hasil yang didapat adalah banyaknya respon positif dari masyarakat dan meningkatnya jumlah
pengguna perpustakaan pada stand Koperjas yang digelar pada saat acara Car Free Day
Fulltext View|Download
Keywords: pemanfaatan media sosial; media promosi; komunitas Perpustakaan; media sosial

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.