Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Kajian variasi konten tiktok brentwood public library (@brenlibny) sebagai media promosi perpustakaan

*Fadilla Annisa Dewanti  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Teknologi informasi khususnya teknologi komunikasi massa mulai mengalami berbagai perkembangan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi yang terus berkembang. Teknologi komunikasi massa membantu masyarakat dalam berbagai hal, terutama promosi melalui online. Media promosi perpustakaan semakin beragam, salah satunya adalah penggunaan media sosial yaitu Instagram sebagai sarana promosi. Penggunaan Instagram merupakan salah satu media promosi perpustakaan yang efektif terkait dengan bagaimana konten dibagikan oleh perpustakaan UDINUS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten Instagram sebagai promosi perpustakaan berdasarkan teori bauran pemasaran menurut Philip Kotler sehingga diperoleh hasil bahwa Instagram dapat digunakan sebagai media promosi perpustakaan yang menjangkau masyarakat luas.

Fulltext View|Download
Keywords: promosi perpustakaa; perpustakaan umum; Tiktok
  1. Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
  2. F Zelkr. (2017). Analyzing SocialMedia Data and Other Data Sources: A Methodological Overview. The SAGE Handbook of Social Media Research Methods
  3. Liberty Jemadu, & Dicky Prasatya. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah- pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022
  4. Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia- capai-191 -juta-pada-2022
  5. Rangkuti. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama
  6. Ridho, A. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (studi kasus facebook marketing warunk bakso mas cingkrank di makasar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2)
  7. Suharso, P., & Muntiah, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Edulib, 10(1), 1-14. http://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/index
  8. Yuniarti, N., Ismawati, A., & Aini, A. N. (2020). Pengaruh Promosi Online Melalui TikTok Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding UMY Grace, 2020, 500-509. https://prosiding.umy.ac.id/grace/index.php/pgrace/article/view/105%0Ahttps://prosiding.umy .ac.id/grace/index.php/pgrace/ article/download/105/103

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.