slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Tantangan komunikasi informasi dan peluang pustakawan dalam menjaga eksistensi kegiatan literasi informasi perpustakaan perguruan tinggi di masa pandemi | Arifah | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Tantangan komunikasi informasi dan peluang pustakawan dalam menjaga eksistensi kegiatan literasi informasi perpustakaan perguruan tinggi di masa pandemi

*Mufida Nur Arifah  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Artikel ini mengulas peran pustakawan perpustakaan perguruan tinggi sebagai agen literasi informasi pada masa sebelum dan sesudah pandemi Covid-19. Diulas pula tantangan-tantangan yang hadir dan harus dihadapi pustakawan dalam pelaksanaan kegiatan literasi informasi serta peluang apa yang bisa pustakawan ambil dan perankan dalam menjaga eksistensi kegiatan literasi informasinya sehingga proses transfer learning antara perpustakaan dan civitas akademika perguruan tinggi tempatnya bernaung dapat terus berjalan di masa pandemi. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Melalui data yang diperoleh dari berbagai dokumen tertulis dan media audiovisual, penulis melakukan analisis terkait kondisi lapangan dan langkah seperti apa yang cocok pustakawan perpustakaan perguruan tinggi lakukan. Temuan mengungkapkan bahwa tantangan terbesar pustakawan adalah belum optimalnya kemampuan literasi informasi mahasiswa, produksi informasi yang melimpah ruah disetiap harinya, dan belum lagi menyempitnya ruang komunikasi informasi pustakawan dalam memberikan pemahaman terkait literasi informasi sebagai akibat tutupnya perpustakaan di masa pandemi. Pustakawan dituntut untuk dapat adaptif dan responsif sehingga peranannya sebagai pendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi dapat terus berjalan. Hal ini dapat diraih dengan adanya kemampuan komunikasi informasi yang baik. Di era digital hari ini, keterbatasan yang ada seharusnya bukan lagi menjadi masalah.  Komunikasi informasi perpustakaan dapat terus dioptimalkan dengan kreativitas dan inovasi pustakawan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti web perpustakaan dan media sosial.
Fulltext View|Download
Keywords: Komunikasi informasi; Literasi informasi; Pemanfaatan teknologi
  1. Burhan, Fahmi Ahmad. (2020). Penggunaan Whatsapp dan Instagram Melonjak 40%Selama Pandemi Corona. Maret, 27. 2020. Diakses dari https://katadata.co.id/berita/2020/03/27/penggunaan-whatsapp-dan-instagram-melonjak40-selama-pandemi-corona
  2. Daryono. (2017). Literasi Informasi Digital : Sebuah Tantangan Bagi Pustakawan Daryo. 1, 89–102. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/322204781_Literasi_Informasi_Digital_Sebuah_Tantangan_bagi_Pustakawan
  3. Daryono. (2019). Membangun komunikasi efektif dalam pelayanan perpustakaan. Media Pustakawan, 25(2), 22–31
  4. Hasugian, J. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Jonner Hasugian Program Studi Ilmu Perpustakaan. 4(2), 34–44
  5. Heriyanto, H. (2018). Memahami Bagaimana Mahasiswa Melakukan Penelusuran Informasi melalui Academic Databases. Anuva, 2(4), 369. https://doi.org/10.14710/anuva.2.4.369-376
  6. Ismanto. (2017). Peran Pustakawan Dalam Literasi Informasi Bagi Pemustaka. 81–96. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/BuletinPerpustakaan/article/view/9077/7557
  7. Kosasih, E., Raharusun, A. S., Dalimunthe, R. P., & Kodir, A. A. (2020). Literasi media sosial dalam pemasyarakatan moderasi beragama dalam situasi pandemi Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  8. Nashihuddin, W. (2019). Urgensi Kompetensi Komunikasi Ilmiah Pustakawan Untuk Program Pengembangan Layanan Perpustakaan. Journal of Documentation and Information Science, 3(January). https://doi.org/dx.doi.org/10.33505/jodis.v3i1.49
  9. Nugroho, A. (2020). Menangkal Pusaran Hoaks dan Disinformasi Saat Pandemi Covid-19. Diakses dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel-menangkal-pusaran-hoaks-dan-disinformasisaat-pandemi-covid-19
  10. Oliver, J. (2013). Pengaruh Pendidikan Pemakai teradap Pemanfaatan Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.0 04
  11. Republik Indonesia (2017). PERATURAN KEPALA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. Retrieved from https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/Perka_13_2017_SNP_Perpustakaan_Perguruan_Tinggi.pdf
  12. Septiyantono, T. (n.d.). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77. Retrieved from repository.ut.ac.id
  13. Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Abstrak. 4(2), 271–286
  14. Yusrawati. (2017). Perpustakaan sebagai Media Komunikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi. 24(1),55–62

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.