Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial Instagram @austinpubliclibrary : Studi di Austin Public Library Texas

*Margita Tiara Sari  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Artikel ini berisi terkait dengan bagaimana promosi perpustakaan melalui media sosial Instagram. Komunikasi yang terbangun  antara  pihak  perpustakaan  dan  pemustaka  dapat  dilakukan  secara  virtual  dengan  dapat memanfaatkan  teknologi  informasi.  Dimana  pada  komunikasi  yang  terkahir  menjadi  salah  satu  cara  efektif melakukan promosi perpustakaan. Studi kasus yang diamati adalah salah satu perpustakaan umum di Kota Texas Amerika Serikat yaitu Austin Public Library. Perpustakaan Umum Austin telah melakukan kegiatan promosi perpustakaan  secara  online  melalui  penggunaan  media  sosial  Instagram.  Metode  pengambilan  data  dilakukan melalui observasi pada akun Instagram @austinpubliclibrary dan dengan melakukan studi pustaka yang telah ada. Fasilitas atau fitur yang digunakan untuk melakukan promosi antara lain Instagram Story, mengunggah foto, video, dan Highlight Story.
Fulltext View|Download
Keywords: promosi perpustakaan; media sosial; instagram; perpustakaan umum
  1. AlAwadhi. S., & Al-Daihani. S. M. (2019). Marketing Academic Library Information Services Using Social Media. Library' Management. 40(3-4), 228-239. https://doi.org/10.1108/LM-12-2017-0132
  2. Anwar. M.. & Zhiwei. T. (2020). What is the Relationship Between Marketing of Library Sources and Services and Social Media? A Literature Review Paper. Library' Hi Tech News, 37(3), 1-5. https://doi.org/10.1108/LHTN-10-2019-0071
  3. Asari. A., Saryono. D., Lina. N., Hussain. M.. & Asyari, R. (2022). Social Inclusion Library Promotion Strategy Through Social Media. Library Philosophy and Practice, 1-14.Austin Public Library'. (2022)
  4. Breeding. M. (2021). The Systems Librarian Social Media Disconnect: Considering the Role of Social Media. Computers In Libraries, Vol 41. Iss 8,9-11
  5. Castillo-abdul. B., Perez-escoda. A., & Nunez-barriopedro. E. (2022). Promoting Social Media Engagement Via Branded Content Communication: A Fashion Brands Study on Instagram. Media and Communication, 10( 1), 185-197. https://doi.org/10.17645/mac.vl0il.4728
  6. Gordon. R. . (1999). Kotler on Marketing: How to Create. Win, an Dominant Markets. Marketing Management, 8(3), 70
  7. Luo. L., Wang. Y.. & Han. L. (2013). Marketing Via Social Media: A Case Study. Library Hi Tech, 31(3), 455-466. https://doi.Org/10.l 108/LHT-12-2012-0141
  8. Moeloeng. L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya
  9. Suharso. P.. & Pramesti. A. N. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Library Promotion Through the Instagram: Library Airlangga University. Publication Library' and Information Science, 3(2), 66-74
  10. http://joumal.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/articIe/view/2074
  11. UCM. (2022). Marketing. University of South Florida

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.