Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Strategi Marketing Mix Kegiatan Promosi pada Instagram Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang

*Naura Alma Dinar  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan digital berpengaruh pada kegiatan promosi perpustakaan. Berbagai platform media sosial dapat dimanfaatkan sebagai penghubung antara perpustakaan dengan masyarakat untuk menginformasikan jasa dan layanan yang ada di perpustakaan. Dalam melakukan sebuah promosi, terdapat strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi bauran pemasaran dengan konsep 4P (product, price, promotion, dan place). Tulisan ini akan membahas penerapan strategi marketing mix kegiatan promosi pada Instagram Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi online pada akun Instagram perpustakaan dan studi pustaka. Tulisan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menjadi bahan rujukan mengenai implementasi pemasaran informasi dengan konsep bauran informasi di perguruan tinggi.
Fulltext View|Download
Keywords: Strategi Promosi; Promosi Perpustakaan; Bauran Pemasaran
  1. Emmanuel Ubi Omini And Osuolale, K. A. (2019). Utilization Of Social Media Platforms By Librarians For Promoting Library Resources And Services In Nigerians’ Tertiary Institutions In Cross River State. Global Journal Of Educational Research ,1-8
  2. Karminah, W. (2016). Bauran Promosi Jasa Perpustakaan (Studi Evaluasi Model CIPP pada Bauran Promosi di UPT Perpustakaan ISI Surakarta tahun 2010-2014). KHIZANAH AL-HIKMAH, 91-103
  3. Lubis. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Nusa Tengara Barat 2020. JIPER : Jurnal Ilmu Perpustakaan , 33-37
  4. Prasetyawan, A. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Perpustakaan Di Era Digital. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 8-14
  5. Prihartanta, W. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya> 1-9
  6. Umi Roikanah, M. A. (2021). Penggunaan Instagram Sebagai Sarana Pemasaran: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Kolong Ciputat. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 1-18
  7. Yalung, H. A. (2020). Use of Social Media Platforms in Promoting the Academic Library Services of City College of Angeles among Students. International Journal of Information and Education Technology, 482-487
  8. Yenianti. I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial di Perpustakaan IAIN Salatiga. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 223-237

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.