Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Strategi promosi perpustakaan melalui program duta perpustakaan

*Indri Hapsari Putri  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perpustakaan merupakan salah satu lembaga yang memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, perpustakaan perlu diupayakan keberadaannya tetap eksis di tengah masyarakat sebagai lembaga penyedia informasi. Oleh karena itu, perpustakaan perlu melakukan promosi dengan menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Artikel ini bertujuan untuk mengulas strategi promosi melalui program duta perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan observasi kepustakaan melalui website. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dan diolah untuk disajikan dalam bentuk deskripsi deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh, strategi promosi yang dapat dilakukan melalui program duta perpustakaan adalah marketing mix personal selling dan menyusun beberapa program yaitu user education, annual event, dan content publishing. Strategi promosi dinilai efektif dalam mempromosikan perpustakaan karena perpustakaan dapat berkomunikasi secara langsung dan mendapatkan feedback langsung dari pengguna
Fulltext View|Download
Keywords: Perpustakaan; strategi promosi; duta perpustakaan.
  1. Autry, J. (2022). Library Ambassador Program: About the Ambassador Program. Oklahoma State Uniersity Library. https://info.library.okstate.edu/ambassadors
  2. Fadlilah, N. (2018). Promosi Melalui Duta Perpustakaan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Lawang [Universitas Negeri Malang]
  3. Ganggi, R. I. P. (2017). Pendidikan Pemakai di Perpustakaan Sebagai Upaya Pembentukan Pemustaka yang Literasi Informasi. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 121–128. https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a11
  4. Harahap, W. R. (2021). Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1), 103–116
  5. Hitt, J. C. (2019). Become a Library Student Ambassador! University of Central Florida Libraries. https://library.ucf.edu/news/become-a-library-student-ambassador/
  6. Intensani, R. (2016). Hubungan Program Duta Perpustakaan dengan Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan SMP N 15 Bandung
  7. Literasi Ciamis. (2022). Resmi Ditetapkan, Duta Baca Kabupaten Ciamis Tahun 2022 Emban Tugas Kenalkan Peran dan Fungsi Perpustakaan. Ciamis Info. https://www.ciamis.info/2022/03/resmi-ditetapkan-duta-bacakabupaten.html?m=1https://www.ciamis.info/2022/03/resmi-ditetapkan-duta-bacakabupaten.html?m=1
  8. Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher
  9. Marcos, J., Sinaga, S., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh Advertising, Personal Selling,Sales Promotion Terhadap Volume Pengunjung Pada Cafe Batavia
  10. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, (2007)
  11. Nainggolan, R. S. (2020). Evaluasi Strategi Media Promosi pada Perpustakaan Universitas Medan Area [Universitas Sumatera Utara]
  12. Setiawati, M. (2020). Strategi Personal Selling dalam Konsep Pemasaran Syariah [Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]
  13. Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi Di Perpustakaan Universitas Airlangga. Publication Library and Information Science, 3(2), 66–74
  14. Syam, S. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Rumput Laut Gracillaria pada CV Simpul Agro Globalindo Makassar. Jurnal Brand, 1(2), 1–9. University of Missouri Libraries. (2022). Student Advocacy Groups: ULSAC and Library Ambassadors: Library Ambassadors. University of Missouri. https://libraryguides.missouri.edu/ULSAC/ambassadors

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.