Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Efektivitas Interlibrary Loan Dengan Metode Bulk Loan System Bagi Perpustakaan Sekolah Anggota Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS) Kota Semarang

*Firsada Andriansyah  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Lydia Christiani  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah adalah suatu kegiatan yang berupaya memberikan bantuan layanan perpustakaan yang dilakukan secara terpadu bagi sekolah-sekolah yang berada dalam suatu wilayah tertentu. Sistem ini dilakukan dengan peminjaman secara besar bulk loan system. Efektivitas bulk loan system menjadi salah satu unsur utama yang diperhatikan dalam penyelenggaraan LTPS di Kota Semarang, agar LTPS bisa memberikan layanan yang efektif salah satunya bisa dilihat dari kepuasan pengguna layanan. Hal ini merupakan tolok ukur keberhasilan layanan.Untuk itu peneliti ingin mengetahui lebih jauh efektivitas Interlibrary Loan dengan metode Bulk Loan System bagi perpustakaan sekolah anggota Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dengan adanya metode Bulk Loan System di Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS), perpustakaan sekolah sangat merasa terbantu karena LTPS bisa memenuhi kebutuhan koleksi. Maka metode Bulk Loan System Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah dikatakan efektif.

Fulltext View|Download
Keywords: Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah, Bulk Loan System, Interlibrary Loan
Funding: Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
  1. Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif
  2. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Gravit, Francis W. (1946). A Proposed Interlibrary Loan System in the Seventeenth Century. The Library Quarterly: Information, Community, Policy. 16(4): 331-334
  4. Knievel, JE. 2006. “Use Of Circulation Statistics And
  5. Interlibrary Loan Data In Collection Management”
  6. La Grange Park Public Library : Inter Library Loan
  7. Policy
  8. [ebook http://www.lplibrary.org/about/policies
  9. /L-10.pdf diaksespada Diakses Selasa, 11 Februari 2020
  10. Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif
  11. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
  12. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2000
  13. Panduan Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS). Jakarta: Direktorat Bina Sistem Perpustakaan dan Pengendalian
  14. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 1990
  15. Keputusan Kepala Perpustakaan Republik Indonesia Nomor: 001/org/9/1990 tentang Organisasi dan tata kerja perpustakaan nasional Republik Indonesia. Jakarta: Direktorat Bina Sistem Perpustakaan dan Pengendalian
  16. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  17. Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu
  18. Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  19. Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
  20. Suprihati. 2004. Manajemen Perpustakaan : Bahan
  21. Ajar Diklat Calon Pustakawan Tingkat Terampil. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
  22. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun
  23. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: depdiknas

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.