Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Persepsi Pengunjung terhadap Kelana Kopi sebagai Kedai Kopi Literasi di Kota Tegal

*Elisa Maulida  -  Program Studi S-1 Ilmu Perliterasian, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ana Irhandayaningsih  -  Program Studi S-1 Ilmu Perliterasian, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

 

Skripsi ini mengulas tentang Persepsi Pengunjung terhadap Kelana Kopi sebagai Kedai Kopi Literasi Di Kota Tegal. Persepsi pengunjung yang memanfaatkan kegiatan literasi di kedai Kelana Kopi penting untuk diteliti karena dapat memberikan gambaran mengenai kegiatan positif yang dilakukan oleh kedai Kelana Kopi dengan cara menyediakan buku dan diskusi untuk dimanfaatkan secara gratis oleh pengunjungnya, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi pengunjung terhadap kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan yang digunakan yaitu pengunjung kedai Kelana Kopi yang pernah memanfaatkan buku dan diskusi yang disediakan oleh pemilik kedai, dikarenakan informan yang pernah memanfaatkan fasilitas di kedai Kelana Kopi telah melalui proses pembentukan persepsi terhadap fenomena adanya kedai kopi dengan konsep literasi tersebut. Terdapat tiga informan dalam penelitian ini yang direkrut menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menghasilkan hasil dua tema besar yaitu proses pembentuan persepsi dan hasil penafsiran mengenai kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi, dimana kedai kopi merupakan perantara terlaksananya kegiatan yang berkaitan dengan literasi untuk mendekatkan buku ke masyarakat generasi sekarang yang menjadikan singgah di kedai kopi sebagai kebiasaan, di dalam tema proses pembentukan persepsi terdapat proses perhatian, proses seleksi, dan proses pengusunan. Dan proses pembentukan persepsi ini memengaruhi tema yang kedua yaitu proses penafsiran terhadap kegiatan-kegiatan yang mendukung literasi di kedai Kelana Kopi.

Fulltext View|Download
Keywords: Kedai Kopi Literasi; Persepsi
Funding: Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
  1. Aditya, A. (2018). Trend library cafe dalam Mendukung Minat Baca Generasi Muda. Skripsi. www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstrea m/
  2. Braun, & Clark. (2006, p. 87-93). Using Thematic Analysis in Psychology. Using Thematic Analysis in Psychology
  3. Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017)
  5. Panduan Gerakan Literasi. Jakarta: Kemendikbud
  6. Muhsi, A. (2019, Oktober Senin). Literasi Kedai
  7. sebagai Sarana Tangkal Hoax. Retrieved from Duta Damai Sumut: Member of Pusat Media Damai:
  8. https://dutadamaisumut.id/literasi-kedai- kopi-sebagai-sarana-tangkal-hoaks/
  9. Nugraheni. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books
  10. Putri, Y. S.T. (2019). Persepsi Siswa terhadap Keefektifan Gerakakan Literasi Sekolah ditinjau dari Minat Baca, Prestasi Belajar, dan Jenis Kelamin.Skripsi. https://repository.usd.ac.id/35391/
  11. Remiasa, M., Lukman, Y. (2017). Analisis Persepsi Pelanggan terhadap Kualitas Layanan Cofee Shop Asing dan Cofee Shop Lokal. Skripsi. Jurnal Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Petra http://www.petra.ac.id/puslit/journals/dir.ph p?Department1D=Hot
  12. Robiatul, L. A., Gunansyah, G. (2018). Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A Kota Surabaya. JPGSD, Vol.06, No.04, 608-617
  13. Sa'diyah, Aniatus. (2016). Perilaku Pemanfaatan Perpustakaan (Library cafe) sebagai Gaya Hidup (Life Style) Masyarakat Kota Surabaya.Skripsi. http://repository.unair.ac.id/54892/
  14. Said, I. (2017). Warung Kopi dan Gaya Hidup
  15. Modern. Jurnal Al-Khitabah, Vol III, No. 1, 33-47
  16. Sondang, P. (1995). Teori Motivasi dan Aplikasinya
  17. Jakarta: Rineka Cipta
  18. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  19. Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum
  20. Yogyakarta: Cv Andi
  21. Watt, J. H. (1995). Research Method for Communication Science. Boston: Allyn and Bacon

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.