Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP29980, author = {Elisa Maulida and Ana Irhandayaningsih}, title = {Persepsi Pengunjung terhadap Kelana Kopi sebagai Kedai Kopi Literasi di Kota Tegal}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {9}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {Kedai Kopi Literasi; Persepsi}, abstract = { Skripsi ini mengulas tentang Persepsi Pengunjung terhadap Kelana Kopi sebagai Kedai Kopi Literasi Di Kota Tegal. Persepsi pengunjung yang memanfaatkan kegiatan literasi di kedai Kelana Kopi penting untuk diteliti karena dapat memberikan gambaran mengenai kegiatan positif yang dilakukan oleh kedai Kelana Kopi dengan cara menyediakan buku dan diskusi untuk dimanfaatkan secara gratis oleh pengunjungnya, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi pengunjung terhadap kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan yang digunakan yaitu pengunjung kedai Kelana Kopi yang pernah memanfaatkan buku dan diskusi yang disediakan oleh pemilik kedai, dikarenakan informan yang pernah memanfaatkan fasilitas di kedai Kelana Kopi telah melalui proses pembentukan persepsi terhadap fenomena adanya kedai kopi dengan konsep literasi tersebut. Terdapat tiga informan dalam penelitian ini yang direkrut menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menghasilkan hasil dua tema besar yaitu proses pembentuan persepsi dan hasil penafsiran mengenai kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi, dimana kedai kopi merupakan perantara terlaksananya kegiatan yang berkaitan dengan literasi untuk mendekatkan buku ke masyarakat generasi sekarang yang menjadikan singgah di kedai kopi sebagai kebiasaan, di dalam tema proses pembentukan persepsi terdapat proses perhatian, proses seleksi, dan proses pengusunan. Dan proses pembentukan persepsi ini memengaruhi tema yang kedua yaitu proses penafsiran terhadap kegiatan-kegiatan yang mendukung literasi di kedai Kelana Kopi. }, issn = {97980000000}, pages = {52--63} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29980} }
Refworks Citation Data :
Skripsi ini mengulas tentang Persepsi Pengunjung terhadap Kelana Kopi sebagai Kedai Kopi Literasi Di Kota Tegal. Persepsi pengunjung yang memanfaatkan kegiatan literasi di kedai Kelana Kopi penting untuk diteliti karena dapat memberikan gambaran mengenai kegiatan positif yang dilakukan oleh kedai Kelana Kopi dengan cara menyediakan buku dan diskusi untuk dimanfaatkan secara gratis oleh pengunjungnya, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi pengunjung terhadap kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan yang digunakan yaitu pengunjung kedai Kelana Kopi yang pernah memanfaatkan buku dan diskusi yang disediakan oleh pemilik kedai, dikarenakan informan yang pernah memanfaatkan fasilitas di kedai Kelana Kopi telah melalui proses pembentukan persepsi terhadap fenomena adanya kedai kopi dengan konsep literasi tersebut. Terdapat tiga informan dalam penelitian ini yang direkrut menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menghasilkan hasil dua tema besar yaitu proses pembentuan persepsi dan hasil penafsiran mengenai kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi, dimana kedai kopi merupakan perantara terlaksananya kegiatan yang berkaitan dengan literasi untuk mendekatkan buku ke masyarakat generasi sekarang yang menjadikan singgah di kedai kopi sebagai kebiasaan, di dalam tema proses pembentukan persepsi terdapat proses perhatian, proses seleksi, dan proses pengusunan. Dan proses pembentukan persepsi ini memengaruhi tema yang kedua yaitu proses penafsiran terhadap kegiatan-kegiatan yang mendukung literasi di kedai Kelana Kopi.
Last update: