Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Layanan Rumah Belajar Modern Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Dalam Menarik Minat Kunjung Anak

*Herda Bagus Bramantya  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mecca Arfa  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perpustakaan saat ini telah berkembang dari ruangan yang hanya menyimpan buku/ majalah saja. Perpustakaan sekarang telah mengikuti perkembangan zaman agar perpustakaan eksis dalam memberikan jasa layanan informasi. Salah satu layanan tersebut adalah Layanan Rumah Belajar Modern yang merupakan perkembangan dari layanan anak di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan Rumah Belajar Modern pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dalam menarik minat kunjung anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Metode keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi dengan metode dan triangulasi sumber data. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah usaha perpustakaan untuk meningkatkan minat kunjung anak dimulai dengan menyediakan koleksi dan fasilitas yang disenangi oleh anak-anak. Pelayanan yang baik seperti senyum sapa dari pustakawan, fasilitas yang menyenangkan bagi anak seperti komputer, serta koleksi yang menarik untuk anak seperti koleksi buku, majalah, film anak, dan alat permainan edukatif. Usaha yang dilakukan perpustakaan dalam menarik minat kunjung adalah dengan promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan media tercetak maupun elektronik. Media elektronik yang digunakan oleh perpustakaan adalah menggunakan media sosial seperti Facebook untuk memberitahu informasi perpustakaan secara umum serta kegiatan yang berlangsung di layanan Rumah Belajar Modern. Sedangkan media tercetak menggunakan brosur atau dengan spanduk dan mengirim surat ke sekolah setempat.

Fulltext View|Download
Keywords: layanan anak; minat kunjung; Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
Funding: Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
  1. Agung Prasetyo Patara. (2016). Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi Salatiga Mobile Library Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Tersedia di https://docplayer.info/78821784-Analisis- penerimaan-pengguna-terhadap-aplikasi- salatiga-mobile-library-menggunakan- technology-acceptance-model.html
  2. Bush, Vannevar.(1945). “Aswer may think,”Atlantic Monthly July, 101-108
  3. Chin, W.C. dan Todd, P.A.(1995). On the Use, Usefulness and Ease of Use of Structural Equation Modelling in MIS Research: A Note of Caution
  4. Davis, Fred D. (1989). “ Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, User Acceptanced of Information Technology”. MIS Querterly, 13(3): 319-340. Retrieved from http://www.jstor.org, diakses 26 Maret 2019
  5. Davis, F.D, Bagozzi, P R, Warshaw P.(1989). “ User acceptanced of computer technology: A comparison of two theoretical models, Management Science, 35 (982-1003). Retrieved from DOI: 10.1287/mnsc.35.8.982
  6. Endang Fatmawati. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Perpustakaan Digital iJateng Melalui Smartphone. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal) 9(1), 1-13. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=2 cbYgAsAAAAJ&hl=id
  7. Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  8. Lee, K.W., Kim, Y.J., and Lee, C.Y. (2003). Cocoa Has more Phenolik Phytochemical and A higher Antioxidant Capacity than Teas and Red Wine,J.Agric. Food Chem., 51(52),729 – 7295
  9. Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. (2005). Qualitative Data Analysis MIS Quarterly, Vol. 19 No. 2, pp. 237-46
  10. Muslih Faturrahman. (2017). Analisis Penerimaan Teknologi Aplikasi Mobile iJogja oleh Pemustaka Dengan Pendekatan Technology Acceptanced Model (TAM) di Grhatama Pustaka Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY”. http://digilib.uin-suka.ac.id/27486/
  11. Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  12. Pendit, Putu Laxman. (2003). Penelitian Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi dan Metodologi. Jakarta: JIP-FSUI
  13. Permana, Widia dkk. (2012). Layanan Perpustakaan Via Mobile Data. Malang: UB Press
  14. Saleh, Abdul Rahman. (2010). Membangun Perpustakaan Digital: Step By Step. Jakarta:Sagung Seto
  15. Sismanto. (2008). Manajemen Perpustakaan Digital. Jakarta: Afifa Pustaka
  16. Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  17. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: UI Press
  18. Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
  19. Suharso, Putut. (2019 ). Pemanfaatan Drone Emprit dalam Melihat Trend Perkembangan Bacaan Digital melalui Akun Twitter: ANUVA. Vol 3. No.4.Hlm 333-346
  20. Sulistyo, Basuki. (1992). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  21. Sulistyo, Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta:
  22. Wedatama Widya Sastra
  23. Surendra, Piyanka. (2012). Technology Acceptanced Model: A Survey Of Literature Acceptanced. International Journal of Bussiness an Social Research,2(176). Retrieved from https://www.thejournalofbusiness.org
  24. Thompson, Ronald L,Hanggings,Christoper A.,dan Howell, Jane M.(1991),” Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization”, Mis Quartely,pp.125-143

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.