Abstract
Penelitian dengan judul “Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Digital iJateng Menggunakan Metode
DigiQUAL” merupakan penelitian yang dilakukan pada perpustakaan digital iJateng. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas layanan perpustakaan digital iJateng diukur menggunakan metode DigiQUAL. Jumlah
responden penelitian berjumlah 89 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode DigiQUAL. Jumlah
dimensi yang dinilai berjumlah 12 dimensi. Penilaian terhadap kualitas layanan digolongkan menjadi 3 penilaian,
yaitu harapan minimum, harapan sesungguhnya, dan kenyataan yang diterima, dilanjutkan dengan penghitungan
adequacy gap dan superiority gap. Harapan minimum terendah adalah dimensi interoperability (5,63) dimensi ini
membahas kemampuan aplikasi pada perangkat yang digunakan. Harapan minimum tertinggi adalah dimensi
copyright (6,21) dimensi ini mengacu pada pengelolaan hak cipta pada perpustakaan digital. Harapan sesungguhnya
tertinggi adalah dimensi digital library sustainability (7,36) dimensi ini membahas mengenai pengembangan
perpustakaan digital. Harapan sesungguhnya terendah adalah dimensi digital library as community for users (6,96)
dimensi ini membahas adanya fitur yang memfasilitasi interaksi para pengguna. Persepsi tertinggi adalah dimensi
copyright (6,8) dimensi ini membahas mengenai pengelolaan hak cipta pada perpustakaan digital. Persepsi terendah
adalah dimensi interoperability (4,87) dimensi ini membahas mengenai kemampuan aplikasi pada perangkat yang
digunakan. Dimensi yang dinilai sudah cukup memuaskan pengguna adalah dimensi copyright atau fitur pencarian
dan untuk selebihnya kualitas layanan perpustakaan digital iJateng berada dalam zona toleransi atau masih dapat
diterima oleh pengguna.