Perilaku Pencarian Informasi Fotografer Melalui Media Online oleh Komunitas Instanusantara Semarang

*Frasetyo Devega  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Ana Irhandayaningsih  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Fotografer berperan untuk mengatur dan menyajikan kehadapan khalayak peristiwa yang telah direkam, sedangkan
pengamat foto memiliki kesempatan untuk menangkap dan mengartika pesannya. Adanya perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) ternyata memberikan pengaruh terhadap penggunaan media online dalam pencarian
informasi. Penelitian ini berjudul perilaku pencarian informasi fotografer melalui media online oleh komunitas
Instanusantara Semarang. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, metode yang
digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, maka dapat diketahui bahwa perilaku pencarian informasi
fotografer melalui media online oleh Komunitas Instanusantara Semarang. Hasil analisis menunjukkan bahwa
fotografer Komunitas Instanusantara Semarang mencari informasi dengan dua cara yaitu dengan menggunakan
pencarian di search engine yang ada di Google, atau melakukan pencarian informasi langsung menggunakan URL
dengan mengetikan langsung alamat web yang dituju atau dengan mengetikkan informasi yang ingin dicari. fotografer
yang menggunakan pencarian di search engine adalah fotografer yang tidak terpaku pada satu atau dua media online
saja melainkan terpaku pada kesesuaian informasi yang ada di media online dengan informasi yang dibutuhkan
sedangkan fotografer yang menggunakan URL adalah fotografer yang terpaku pada satu atau dua media online saja
yang sudah dipercayai kebenarannya. Media online yang biasa digunakan oleh fotografer Komunitas Instanusantara
Semarang untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka yaitu menggunakan Instagram, Youtube,
Geofflawrence.com, CreativeLive.com, Open Doors Galery.
Keywords
perilaku pencarian informasi; media online; fotografer

Article Metrics:

  1. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu
  2. Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
  3. Cipta.
  4. Asep Syamsul M. Romli. 2012. Jurnalistik
  5. Online: Panduan Mengelola Media
  6. Online. Bandung. Nuansa Cendikia.
  7. Bogdan & Biklen 2007 Qualitative Research
  8. For Education New Jersey: Pearson
  9. Creswell, J. W. 2016. RESEARCH DESIGN:
  10. Pendekatan Metode Kualitatif,
  11. Kuantitatif, dan Campuran (EdisiKeempat). (Terj.) Achmad Fawaid
  12. dan Rianayati Kusmini Pancasari.
  13. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  14. Gunawan, I., 2013. Metode penelitian
  15. kualitatif. Jakarta: BumiAksara.
  16. Harris, R., 1997. Evaluating Internet research
  17. sources. Virtual salt, 17(1), pp.1-17
  18. Herdiansyah, H. (2012). Metode Penelitian
  19. Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial.
  20. Jakarta: Salemba Humanika.
  21. Jonathan, S., 2006. Metode penelitian
  22. kuantitatif dan kualitatif.
  23. Marchionini, G. Information seeking in
  24. electronic environments: Cambridge
  25. University Press, 1995.
  26. Miles dan Huberman, Analisis Data
  27. Kualitatif, Jakarta : UIPress, 2014.
  28. Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian
  29. Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
  30. Sulistyo, Basuki 2006. Metode Penelitian.
  31. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
  32. Surachaman, Arif. 2007. "Penelusuran
  33. Informasi: Sebuah Pengenalan"
  34. Materi Pelatihan PUSDOKINFO,
  35. UPU Perpustakaan UGM
  36. Yogyakarta.
  37. Suwanto, Sri Ati. 1997. "Kebutuhan dan
  38. Perilaku Pencarian Informasi Dosen
  39. Fakultas Kedokteran Undip dan
  40. Unissula Semarang”.
  41. http://eprints.undip.ac.id/19618/1/sr
  42. iati-tesis.pdf. Tesis UI.
  43. Yusup, Pawit M., dan Priyo Subekti. 2010.
  44. Teori dan Praktik Penelusuran
  45. Informasi (Information Retrieval).
  46. Jakarta: Kencana.
  47. Wilson, T.D., 1999. Models in information
  48. behaviour research. Journal of
  49. documentation,55(3), pp.249-270.
  50. Wiranata, Funny. 2010. Kebutuhan dan
  51. Perilaku Pencarian Informasi.