Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada iJateng

*Syarief Abdallah Umar A.  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Roro Isyawati Permata Ganggi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada Aplikasi iJateng”. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi desain user interface iJateng berdasarkan 10 indikator yang diambil dari
teori Zamri dan Nasser (2015), terdiri dari Connectivity, Simplicity, Directional, Informative, Interactivity, User
friendliness, Comprehensiveness, Continuity, Personalization, Internal. Desain penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan subjek penelitian adalah pengguna iJateng.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan kuesioner beserta alat ukur jawaban dengan skala Likert dan dokumentasi.
Jumlah sampel yang ditentukan adalah 258 responden. Dari hasil penelitian, dijabarkan dalam bentuk tabel frekuensi
dan persentase kemudian dianalisis dalam bentuk penafsiran dengan kalimat yang mengandung simpulan penelitian.
Berdasarkan hasil evaluasi skor rata-rata tertinggi terdapat pada indikator Comprehensiveness dengan skor rata-rata
4,1 sedangkan untuk skor rata-rata dengan nilai terendah terdapat pada Informative dan Interactivity dengan skor 3,2.
Hasil akhir keseluruhan evaluasi desain user interface berdasarkan user experience pada aplikasi iJateng yaitu dengan
skor rata-rata 3,5 dengan kategori Cukup yang dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi desain user interface
berdasarkan user experience pada aplikasi iJateng terbilang cukup baik.
Keywords
desain user interface; user experience; iJateng

Article Metrics:

  1. Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu
  2. Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta:
  3. Rineka Cipta.
  4. Fatmawati, Endang. (2012). “ Trend Terkait MLibrary
  5. untuk Perpustakaan Masa Depan.” Sumber
  6. http://www.perpusnas.go.id/magazine/trendterkait-
  7. m-library-untuk-perpustakaan-masadepan/
  8. [Diakses pada: 10 Agustus 2018].
  9. Galitz, Wilbert O. (2002). The Essential Guide to User
  10. Interface Design Second Edition. John Wiley &
  11. Sons, Inc. Canada.Greenall, Rurik. (2010). Mobiles in libraries. Online.
  12. 16-19.
  13. H. B. Santoso, R. Y. K. Isal, T. Basaruddin, L. Sadita
  14. and M. Schrepp, "Research-in-progress: User
  15. experience evaluation of Student Centered ELearning
  16. Environment for computer science
  17. program," 2014 3rd International Conference on
  18. User Science and Engineering (i-USEr), Shah
  19. Alam, 2014, pp. 52-55.
  20. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan.
  21. Jakarta: Rineka Cipta.
  22. Maryono dan Sri Junandi. (2012). Indonesian Journal
  23. of Chemistry 2007-2011: Analisis Kolaborasi dan
  24. Institusi. Visi Pustaka, Volume 14
  25. Pendit, P. L. (2007). Perpustakaan Digital. Jakarta:
  26. Sagung Setyo.
  27. Pressman. (2010). Software Engineering A
  28. Practitioner’s Approach. Fifth Edition. New York
  29. San Francisco: Il Dubuque.
  30. Prince, J.D. (2009). M-Libraries on the Move to
  31. Provide Virtual Access (Book Review). Journal of
  32. the Medical Library Association: JMLA, 97(4),
  33. -322.
  34. Rahmayani, i. (2017). Indonesia Raksasa Digital
  35. Asia. Retrieved from Kominfo. Sumber:
  36. http://Kominfo.go.id/Indonesia-raksasa-digitalasia.
  37. [Diakses pada: 17 Maret 218]
  38. Sapnas dan Zeller. (2002). Minimizing Sample Size
  39. When Using Exploratory Factor Analysis for
  40. Measurement. Journal of Nursing Measurement,
  41. (2).
  42. Simamora, Bilson. (2004). Panduan Riset Perilaku
  43. Konsumen.Jakarta: Gramedia
  44. Sudjana. (2011). Penelitian Hasil Proses Belajar
  45. Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
  46. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif
  47. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  48. Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta:
  49. Wedatama Widya Sastra Universitas Indonesia.
  50. Zamri dan Nasser. (2015). 10 User Interface
  51. Elements for Mobile Learning Application
  52. Development. London: Departmen of Computer
  53. Science Bruzel University London.