Efektivitas Promosi Menggunakan UI Lib. Berkala Terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia

*Rinaldi Firmansyah  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Mecca Arfa  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Promosi Menggunakan UI Lib. Berkala terhadap Minat Kunjung Pemustaka di
Perpustakaan Universitas Indonesia”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas promosi
menggunakan UI Lib. Berkala terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif dengan populasi adalah mahasiswa Universitas
Indonesia pengunduh UI Lib. Berkala yang berjumlah 76.362 orang. Sampel yang digunakan yaitu 270 responden
yang ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% dan pengambilan sampel secara
accidental sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu digital newsletter (X) sebagai variabel bebas
dan minat kunjung (Y) sebagai variabel terikat. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Pengujian
hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Spearman. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diketahui mean
total nilai digital newsletter (X) yaitu 3,51 dan masuk dalam kategori efektif. Selanjutnya diketahui mean total nilai
minat kunjung (Y) yaitu 3,45 dan masuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan
korelasi Spearman antara variabel digital newsletter (X) dengan variabel minat kunjung (Y) didapatkan nilai sebesar
0,567 dan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti
ada hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas promosi menggunakan UI Lib. Berkala terhadap minat
kunjung pemustaka di perpustakaan Universitas Indonesia.
Keywords
digital newsletter; minat kunjung; perpustakaan Universitas Indonesia

Article Metrics:

  1. Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian
  2. Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
  3. Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan
  4. Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
  5. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian:
  6. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
  7. Cipta.
  8. Cholid, Narbuko dan Achmadi, Abu. 2013.
  9. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Darmono. 2001. Manajemen Perpustakaan. Jakarta:
  11. Grasindo.
  12. Endah, Tri Priyatni. 2010. Membaca Sastra dengan
  13. Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi
  14. Aksara.
  15. Ghozali, Imam. 2008. Desain Penelitian
  16. Eksperimental. Semarang: Universitas
  17. Diponegoro.
  18. Griffin, Michael P. 2005. Email Newsletter 101: a
  19. Small Bussiness Reference Guide. KMT
  20. Software Inc: Cambridge. Sumber
  21. http://www.templatezone.com/download-freeebook/
  22. how-to-create-successful-html-emailnewsletters.
  23. pdf >. Diunduh [1 September
  24. .
  25. Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan
  26. Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
  27. Indriani, Ahmad. 2009. Membina Kompetensi
  28. Ekonomi. Bandung: Grafindo.
  29. Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006.
  30. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba
  31. Empat.
  32. Mulyasa. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah.
  33. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  34. Mustafa, Badollahi. 2007. Promosi Jasa
  35. Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
  36. Setiawan, Agus. 2006. Pengantar Statistika.Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang
  37. Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  38. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif,
  39. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  40. ________. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mix
  41. Methods). Bandung: Alfabeta.
  42. Yogyakarta: Graha Ilmu