Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Efektivitas Promosi Menggunakan UI Lib. Berkala Terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia

*Rinaldi Firmansyah  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Mecca Arfa  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Promosi Menggunakan UI Lib. Berkala terhadap Minat Kunjung Pemustaka di
Perpustakaan Universitas Indonesia”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas promosi
menggunakan UI Lib. Berkala terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif dengan populasi adalah mahasiswa Universitas
Indonesia pengunduh UI Lib. Berkala yang berjumlah 76.362 orang. Sampel yang digunakan yaitu 270 responden
yang ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% dan pengambilan sampel secara
accidental sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu digital newsletter (X) sebagai variabel bebas
dan minat kunjung (Y) sebagai variabel terikat. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Pengujian
hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Spearman. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diketahui mean
total nilai digital newsletter (X) yaitu 3,51 dan masuk dalam kategori efektif. Selanjutnya diketahui mean total nilai
minat kunjung (Y) yaitu 3,45 dan masuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan
korelasi Spearman antara variabel digital newsletter (X) dengan variabel minat kunjung (Y) didapatkan nilai sebesar
0,567 dan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti
ada hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas promosi menggunakan UI Lib. Berkala terhadap minat
kunjung pemustaka di perpustakaan Universitas Indonesia.
Fulltext View|Download
Keywords: digital newsletter; minat kunjung; perpustakaan Universitas Indonesia
  1. Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian
  2. Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Presindo
  3. Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan
  4. Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
  5. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian:
  6. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
  7. Cipta
  8. Cholid, Narbuko dan Achmadi, Abu. 2013
  9. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
  10. Darmono. 2001. Manajemen Perpustakaan. Jakarta:
  11. Grasindo
  12. Endah, Tri Priyatni. 2010. Membaca Sastra dengan
  13. Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi
  14. Aksara
  15. Ghozali, Imam. 2008. Desain Penelitian
  16. Eksperimental. Semarang: Universitas
  17. Diponegoro
  18. Griffin, Michael P. 2005. Email Newsletter 101: a
  19. Small Bussiness Reference Guide. KMT
  20. Software Inc: Cambridge. Sumber <
  21. http://www.templatezone.com/download-freeebook/
  22. how-to-create-successful-html-emailnewsletters
  23. pdf >. Diunduh [1 September
  24. Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan
  25. Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
  26. Indriani, Ahmad. 2009. Membina Kompetensi
  27. Ekonomi. Bandung: Grafindo
  28. Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006
  29. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba
  30. Empat
  31. Mulyasa. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah
  32. Bandung: Remaja Rosdakarya
  33. Mustafa, Badollahi. 2007. Promosi Jasa
  34. Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
  35. Setiawan, Agus. 2006. Pengantar Statistika.Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang
  36. Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  37. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif,
  38. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  39. ________. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mix
  40. Methods). Bandung: Alfabeta
  41. Yogyakarta: Graha Ilmu

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.