Analisis Pelaksanaan Diklat Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten

*Aah Khaerul Fairuziah  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Yanuar Yoga Prasetyawan  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan diklat Kearsipan Arsip Nasional
Republik Indonesia Sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Provinsi Banten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan lima orang informan dengan teknik purposive sampling. Teknik
pengembilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara dan analisis dokumen. Metode
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis tematik (thematic analysis). Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten telah melakukan beberapa
upaya untuk meningkatkan kompetensi arsiparis, salah satunya dengan mengikuti diklat kearsipan yang
diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. Hasil dari diklat kearsipan yang diselenggarakan ANRI
berupa meningkatnya keterampilan atau kompetensi yang dimiliki peserta diklat dalam bidang-bidang kearsipan
yang dilihat dari efisiensi kerja, efektivitas kerja, tugas pekerjaan, diklat memberikan manfaat bagi peningkatan
pengetahuan arsiparis, dan dalam hal peningkatan keterampilan kerja arsiparis.
Keywords
diklat kearsipan; pengembangan kompetensi; pengalaman informasi

Article Metrics:

  1. Anderson, Karen. (2007). Education and
  2. Training For Records Professional.
  3. Edith Cowan University, Mount LawAustralia. Record Management Journal.
  4. Vol 17, No. 2, 2017
  5. Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian.
  6. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
  7. Bruce, Christine et al. (2014). Information
  8. Experience: Contemporary Prespective.
  9. Volume 9,3-15.
  10. Bruce, Christine et al. (2014). Information
  11. Experience: New Prespectives and
  12. Research Directions. Volume 9, 315-320
  13. Elnaga, Amir, Amir Imran. (2013). The Effect
  14. of Training on Employee Performance.
  15. Europan Journal of Bussines and
  16. Management. Vol. 5, No. 4. 2013.
  17. Herdiansyah, Haris. (2012). Metodologi
  18. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu
  19. Sosial. Jakarta Selatan: Salemba
  20. Humanika.
  21. Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian
  22. Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
  23. Ningsih, Eva et al. (2016). Pengembangan
  24. Kompetensi Pegawai Untuk
  25. Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada
  26. Kantor Badan Pengelolaan Keuangan
  27. dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten
  28. Kutai Barat. eJournal Administrative
  29. Reform, 2016, Vol.4, No.2 : 267-277.
  30. Satoto, K. I., Rochim, A. F., Christyono, Y., Handayani, T., Taufiq, A., & Suharso, P. (2011). Studi Perbaikan Pengelolaan Perpustakaan dan Sistim Pengelolaan Arsip & Dokumen di PT Badak NGL. Jurnal Sistem Komputer, 1(1), 21–30.
  31. Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian
  32. Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  33. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
  34. Kuantitatif, Kualitatif dan Rley,