Efektivitas Brosur Sebagai Media Pendidikan Pemakai Untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang

*Siti Nafiah  -  Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Jumino Jumino  -  Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Penelitian ini membahas efektivitas brosur sebagai media pendidikan pemakai untuk meningkatkan
pengetahuan tentang perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang dengan tujuan untuk mengetahui adakah
pengaruh brosur terhadap pengetahuan pemustaka di SMA Negeri 3 Semarang dalam upaya meningkatkan
pengetahuan tentang perpustakaan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasi dengan jumlah
populasi sebanyak 110 dengan sampel sebanyak 84 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode
purposive sampling. Pengukuran efektivitas brosur dihitung melalui analisis korelasi dan pengujian
hipotesis. Hasil korelasi menunjukkan bahwa brosur sebagai media pendidikan pemakai efektif secara
signifikan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perpustakaan sebesar 0,000. Kriteria penolakan H0
adalah jika nilai signifikan α < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi
yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara
brosur dengan pengetahuan tentang perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang. Selain itu korelasi parsial
(R) yang dihasilkan adalah 0,757 sehingga dapat disimpulkan bahwa brosur sebagai media pendidikan
pemakai efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang dengan
presentase sebesar 84,4%.
Keywords
brosur perpustakaan; pengetahuan tentang perpustakaan; pendidikan pemakai

Article Metrics:

  1. Aisy, Rikhadlotul. (2017). Analisis Fungsi Komik
  2. sebagai Media Pendidikan Pemakai di
  3. Perpustakaan SMK Negeri 1 Kudus. Jurnal Ilmu
  4. Perpustakaan,6(3),1-10.
  5. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu
  6. pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
  8. Depok: Prenada Media Group.
  9. Creswell, John.W. (2012). Research Design Pendekatan
  10. Kualitatif Kuantitatif dan Mixed; Cetakan ke-2,
  11. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  12. Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat
  13. Komunikasi. Bandung:PT Citra Aditya Bak
  14. Fjallbrant, Nancy dan Ian Malley. (1987). User
  15. Education in Libraries. London: Clive Bingley.
  16. Hadi, S. (2004). Metodologi Research Jilid 2.
  17. Yogyakarta: ANDI.
  18. Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif:
  19. Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan
  20. Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.
  21. Hidayat, A. (2013). Penjelasan Tentang Uji Normalitas
  22. dan Metode Perhitungan. Retrieved Januari 23,
  23. From
  24. https://www.statistikian.com/2013/01/ujinormalitas.
  25. html
  26. Kumar, B. Ravi and M. Phil. (2009). “User Education in
  27. Libraries”. International Journal of Library and
  28. Information Science, 1(1), 1. Retrieved August 24,
  29. from
  30. http://www.academicjournals.org/article/article13
  31. _Kumar%20and%20Phil.pdf
  32. Purwanto, A. (2007). Rancangan dan Implementasi
  33. Model Pemeriksaan KinerjaBadan Pemeriksaan
  34. Keuangan Republik Indonesia atas Aplikasi E
  35. government di Pemerintah Daerah Studi Kasus
  36. kabupaten Sragen. Theses. Tersedia dari Electronic
  37. Theses & Dissertations. (c.1 0353-H-2008).
  38. Sherina. (2016). Analisi Permainan Jejak sebagai Media
  39. Pendidikan Pemakai. Jurnal Ilmu Perpustakaan,
  40. (4).
  41. Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian
  42. Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi,
  43. Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi,
  44. Komunikasi, dan Ilmu Sosial lainnya. Yogyakarta:
  45. Graha Ilmu.
  46. Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
  47. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif
  48. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  49. _______. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif
  50. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  51. Suharso, P., & Setyowulandari, Y. (2014). Strategi Pemberian Reward untuk Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. EDULIB: Journal of Library and Information Science, 4(2), 13–24.
  52. Sulistyo-basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan.
  53. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  54. _____________. (2006). Metode Penelitian. Jakarta:
  55. Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Budaya
  56. Universitas Indonesia.
  57. Widoyoko. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen
  58. Penelitian. Pustaka Belajar.
  59. Yusuf, A. M. (2017). Metode penelitian kuantitatif,
  60. kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta:
  61. Kencana.