Kontribusi Pustakawan Referensi UPT Perpustakaan Dalam Mendukung Penelitian di Universitas Diponegoro

*Anis Kurniawati  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Ary Setyadi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pustakawan referensi UPT Perpustakaan dalam
mendukung penelitian di Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Wawancara
dilakukan dengan teknik semi terstruktur dengan melibatkan empat informan yaitu tiga orang pustakawan
dan satu orang kepala perpustakaan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan Thematic
Analysis. Hasil analisis menunjukkan tiga tema yang berkaitan dengan kontribusi pustakawan dalam
penelitian di Universitas Diponegoro. Tiga tema tersebut menunjukkan bahwa upaya pustakawan referensi
untuk berkontribusi dalam penelitian baru sebatas sosialisasi dan pelatihan, pengolahan materi dan
penelusuran materi. Temuan lain menunjukan tidak adanya Standard Operating Prosedure (SOP) untuk
layanan referensi dan pustakawan referensi yang mengakibatkan tidak adanya kejelasan tugas pustakawan
referensi sehingga pustakawan referensi tidak dapat berkonribusi secara maksimal dalam kegiatan
penelitian yang dilakukan sivitas akademik di Universitas Diponegoro.
Keywords
pustakawan referensi; pustakawan perguruan tinggi; penelitian pemustaka; Perpustakaan Universitas Diponegoro

Article Metrics:

  1. Andayani,U. (2016). Pustakawan Akademik sebagai
  2. Mitra Riset di Perguruan Tinggi. Al-
  3. Maktabah,15, 29-40.
  4. Creswell, John W. (2013). Research Design
  5. Qualitative, Quantitative, And Mixed Method
  6. Approahes. California: Sage Publication
  7. Diunduh 27 Oktober 2018, dari
  8. https://archive.org/details/JohnW.CreswellRese
  9. archDesignQualitativeQuantitativeAndMixedM
  10. ethodApproachesSAGEPublications2013/page/
  11. n16
  12. Cohen L., Manion, L., Morrison, K. (2007). Research
  13. Methods in Education (6th ed.). London, New
  14. York: Routllege Falmer.
  15. Du, Jia Tina and Evans Nina. (2011). Academic
  16. Library Services Support for Research
  17. Information Seeking. Australian Academic &
  18. Research Libraries, 42 (2), 103-120.
  19. Emzir. (2012). Analisi Data: Metode Penelitian
  20. Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
  21. Heriyanto, Heriyanto, and Putut Suharso. 2014. “Open Access-Enhancing Scholarly Communication.” In International Seminar Proceeding Strengthening National Identity through Language, Literature, and History,
  22. Semarang: Fakultas Ilmu Budaya - UNDIP.
  23. McCluskey, Clare. (2013). Being an Embedded
  24. Research Librarian: Supporting Research by
  25. Being a Researcher. Journal of Information
  26. Literacy, 7, 4-15.
  27. http://dx.doi.org/10.11645/7.2.1815
  28. Nowell, L.S., Norris, J.M., White, D.E., Moules, N.J.
  29. (2017). Thematic Analysis: Striving to Meet the
  30. Trustworthiness Criteria. International Journal
  31. of Qualitative Methods, 16,1-13. DOI: 10.
  32. /1609406917733847
  33. Pendit, P.L. (2003). Penetian Ilmu Perpustakaan dan
  34. Informasi: Suatu Pengantar Diskusi
  35. Epistemology dan Metodologi. Jakarta: Bumi
  36. Aksara.
  37. Shannon, Amanda and Shannon, Vaughn. (2016).
  38. Librarians in the Midst: Improving Research
  39. Through Collaborative Instruction. Jounal of
  40. Political Science Education, 4, 457-470.
  41. Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta:
  42. Penaku.
  43. ------- (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.
  44. The University of Auckland. (tt). About Thematic
  45. Analysis. Diakses pada 2 Agustus 2019, dari
  46. https://www.psych.auckland.ac.nz/en/about/ourresearch/
  47. research-groups/thematicanalysis/
  48. about-thematic-analysis.html