1Departements of Community Guidance, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, Indonesia, Indonesia
2Jl. Raya Gandul No.995, RT.7/RW.6, Gandul, Cinere, KotaDepok, Indonesia16514, Indonesia
3Departements of Community Guidance, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, , Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI45550, author = {Andin Nailusyarifa and Muhammad Equatora and Imaddudin Hamzah and Cahyoko Tando}, title = {THE APPLICATION OF CBT TO IMPROVE SELF-ESTEEM AND MOTIVATION TO LEARN FOR CHILDREN IN TANGERANG CLASS I CHILDREN'S SPECIAL DEVELOPMENT INSTITUTION}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {cbt, self esteem, learning motivation, foster children}, abstract = { Tinggi rendahnya motivasi belajar anak dapat mempengaruhi perilaku kenakalan remaja dan mengakibatkan anak akan dihadapkan pada hukum dan akhirnya disebut sebagai anak asuh yang menjalani masa bimbingan di LPKA. Beberapa penelitian menemukan bahwa anak yang menjalani masa pelatihan di LPKA mengalami berbagai dampak psikologis, salah satunya adalah penurunan harga diri yang dianggap sebagai persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri. Terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan salah satu metode terapi yang banyak diterapkan untuk masalah harga diri dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan terapi perilaku kognitif dalam meningkatkan harga diri dan motivasi belajar anak asuh di LPKA Kelas I Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksperimental dengan memberikan CBT sebanyak enam sesi kepada tiga orang anak asuh dengan menggunakan alat ukur Rosenberg self-valued scale (RSES) dan Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata harga diri dan motivasi belajar subjek penelitian sebelum dan sesudah intervensi CBT. Penelitian ini menunjukkan potensi CBT untuk meningkatkan harga diri dan motivasi belajar anak asuh. Kata kunci: cbt; remaja; anak asuh }, issn = {2829-1859}, pages = {87--95} doi = {10.14710/empati.2025.45550}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/45550} }
Refworks Citation Data :
Tinggi rendahnya motivasi belajar anak dapat mempengaruhi perilaku kenakalan remaja dan mengakibatkan anak akan dihadapkan pada hukum dan akhirnya disebut sebagai anak asuh yang menjalani masa bimbingan di LPKA. Beberapa penelitian menemukan bahwa anak yang menjalani masa pelatihan di LPKA mengalami berbagai dampak psikologis, salah satunya adalah penurunan harga diri yang dianggap sebagai persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri. Terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan salah satu metode terapi yang banyak diterapkan untuk masalah harga diri dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan terapi perilaku kognitif dalam meningkatkan harga diri dan motivasi belajar anak asuh di LPKA Kelas I Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksperimental dengan memberikan CBT sebanyak enam sesi kepada tiga orang anak asuh dengan menggunakan alat ukur Rosenberg self-valued scale (RSES) dan Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata harga diri dan motivasi belajar subjek penelitian sebelum dan sesudah intervensi CBT. Penelitian ini menunjukkan potensi CBT untuk meningkatkan harga diri dan motivasi belajar anak asuh.
Kata kunci: cbt; remaja; anak asuh
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University