skip to main content

THE APPLICATION OF CBT TO IMPROVE SELF-ESTEEM AND MOTIVATION TO LEARN FOR CHILDREN IN TANGERANG CLASS I CHILDREN'S SPECIAL DEVELOPMENT INSTITUTION

1Departements of Community Guidance, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, Indonesia, Indonesia

2Jl. Raya Gandul No.995, RT.7/RW.6, Gandul, Cinere, KotaDepok, Indonesia16514, Indonesia

3Departements of Community Guidance, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, , Indonesia

Received: 27 Jun 2024; Published: 28 Feb 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Tinggi rendahnya motivasi belajar anak dapat mempengaruhi perilaku kenakalan remaja dan mengakibatkan anak akan dihadapkan pada hukum dan akhirnya disebut sebagai anak asuh yang menjalani masa bimbingan di LPKA. Beberapa penelitian menemukan bahwa anak yang menjalani masa pelatihan di LPKA mengalami berbagai dampak psikologis, salah satunya adalah penurunan harga diri yang dianggap sebagai persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri. Terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan salah satu metode terapi yang banyak diterapkan untuk masalah harga diri dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan terapi perilaku kognitif dalam meningkatkan harga diri dan motivasi belajar anak asuh di LPKA Kelas I Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksperimental dengan memberikan CBT sebanyak enam sesi kepada tiga orang anak asuh dengan menggunakan alat ukur Rosenberg self-valued scale (RSES) dan Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata harga diri dan motivasi belajar subjek penelitian sebelum dan sesudah intervensi CBT. Penelitian ini menunjukkan potensi CBT untuk meningkatkan harga diri dan motivasi belajar anak asuh.

Kata kunci: cbt; remaja; anak asuh

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
kuesioner RSES dan MSLQ
Subject
Type Research Instrument
  Download (36KB)    Indexing metadata
 Research Instrument
Copy Right Transfer Jurnal Empati
Subject
Type Research Instrument
  Download (303KB)    Indexing metadata
Keywords: cbt, self esteem, learning motivation, foster children

Article Metrics:

  1. Journal Articles
  2. Aminah, S. (2023). Meningkatkan Self Esteem Dengan Menggunakan Cognitive Behavior Therapy Pada Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 04 Rejang Lebong Skripsi IAIN Curup
  3. Hamzah, I. (2022). The Role of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) in Increasing the Self-Esteem of Female Prisoners. Community Medicine and Education Journal, 3(2), 313–317
  4. Hertina, L., Anwar, U., Aulia, Q., & Butar, H. F. B. (2022). Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Tingkat Resiliensi Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum di LPKA Kelas I Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7264-7272
  5. Latif, U., & Aini, Z. (2020). Peningkatan harga diri melalui layanan bimbingan dan konseling individu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 86–91
  6. Linda, S. (2019). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior (Cb) Dalam Meningkatkan Self Esteem Anak Korban Pelecehan Seksual Di Jorong “S” Tanah Datar. Skripsi IAIN Batusangkar
  7. Lubis, R., & Siregar,A. (2023). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Kelompok Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di MTs YPI Batang Kuis. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 89–99
  8. Meilita, Z.(2018). Cognitive Behavior Therapy Terhadap Harga Diri Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Afiat, 4(02), 593-602
  9. Misty, E., & Stella Tirta, dan. (2020). GROUP ART THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM REMAJA DI LPKA TNG. Versi Cetak), 4(1), 9–16
  10. Qamaria, R (2019). Efektivitas Konseling dengan Pendekatan Cognitive-Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(2), 148–181
  11. Rosenberg, M. (1965). Rosenberg self-esteem scale. Journal of Religion and Health
  12. Sarandria (2012). Meningkatkan Self Esteem Pada Dewasa Muda Efectiveness Of Cognitive Behavioural Therapy To Raise Self Esteem On Young Adult. Tesis Universitas Indonesia
  13. Sylvia, R. (2016). Hubungan Self Esteem Dan Motivasi Belajar Terhadap Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 7 Edisi 2
  14. Wanders, F., Serra, M., & de Jongh, A. (2008). EMDR Versus CBT for Children With Self-Esteem and Behavioral Problems: A Randomized Controlled Trial
  15. Widiantari, D. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. Jurnal Konseling dan Pendidikan Coution Journal (Vol. 1, Issue 1)
  16. Books
  17. Ghufran, M., & Risnawati, S. (2010) Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media Group
  18. Jaedun, A. (2011). Metode Penelitian Eksperimen. Makalah Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
  19. Santrock, J. W., Sumiharti, Y., Sinaga, H., Damanik, J., & Chusairi, A. (2002). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid 1)
  20. Handbooks
  21. Arofah, N., Milton, Y. & Mazdatul, I.(2019) Modul-Konseling-Kelompok-CBT. Bimbingan Konseling Universitas Pendidikan Ganesha
  22. Santrock, J. W., Sumiharti, Y., Sinaga, H., Damanik, J., & Chusairi, A. (2002). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid 1)
  23. Seminar, Proceeding:
  24. Lusiana Feronita, Y., Oktariani, S., & Widodo, A. (2018). Etnomatnesia Hubungan Antara Kenakalan Remaja, Minat Belajar, Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia
  25. Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”
  26. Webpage News
  27. FKKMK-UGM. (2018, March 14). Kekerasan Remaja Indonesia Mencapai 50 Persen. https://fkkmk.ugm.ac.id/kekerasan-remaja-indonesia-mencapai-50-persen/
  28. Rizqiyah, A. (2023 November 13). Gender Gap di Indonesia, Angka Putus Sekolah Didominasi oleh Laki-Laki. https://goodstats.id/article/gender-gap-di-indonesia-angka-putus-sekolah-didominasi-oleh-laki-laki uLr22#:~:text=Data%20dari%20Pusat%20Data%20dan,perempuan%20mencapai%2015%2C29%25

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.