skip to main content

ANALISIS REGRESI LOGISTIK ORDINAL PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP ACADEMIC BURNOUT MAHASISWA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS HASANUDDIN

Department of Statistics, Universitas Hasanuddin, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Makassar City, South Sulawesi 90245, Indonesia

Received: 7 Dec 2024; Available online: 30 Jun 2025; Published: 26 Sep 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Self-esteem atau penghargaan diri merupakan elemen penting dalam evaluasi diri yang memengaruhi cara individu menilai kualitas diri mereka, termasuk bagaimana mereka mengelola tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self-esteem dan academic burnout pada mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin. Sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala Self-Esteem yang terdiri dari 9 item dan skala academic burnout yang terdiri dari 8 item. Regresi logistik ordinal digunakan untuk menganalisis pengaruh self-esteem terhadap academic burnout. Hasil penelitian menunjukkan hubungan linier yang signifikan antara self-esteem dan burnout akademik, dengan self-esteem yang rendah meningkatkan risiko academic burnout yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa self-esteem berperan penting dalam mengurangi risiko burnout akademik pada mahasiswa, dan intervensi untuk meningkatkan self-esteem dapat membantu mengurangi dampak academic burnout, sehingga meningkatkan kinerja akademik mahasiswa.

Fulltext View|Download
Keywords: self-esteem, academic burnout; mahasiswa; regresi logistik ordinal

Article Metrics:

  1. Agresti, A. (2013). Categorical Data Analysis (Third Edition ed., Vol. 742). New Jersey: John Wiley & Sonc, Inc
  2. Hosmer, D. W., & Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression (Second Edition ed., Vol. 376). New York: John Wiley and Sonc, Inc
  3. Maharani, D. M. (2019). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, 1–114
  4. Maroqi, N. (2018). Uji Validitas Konstruk pada Instrumen Rosenberg Self Esteem Scale dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia). 7(2), 92–96. http://dx.doi.org/10.15408/jp3i.v7i2.12101
  5. Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Reviews of Psychology, 52 : 397-422
  6. Pekrun, R. et al. (2007). The Control-Value Theory of Achievement Emotions: an Integrative Approach to Emotions in Education. Emotion in Education. 13-36
  7. Pratiwi, R.R., & Aslamawati, Y. (2016). Hubungan Self Esteem dengan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas IX di SMP X Bandung (Studi pada Siswa Ranking Lima Besar Kelas IX di SMP X Bandung). Prosiding Psikologi. 2 (1), 37-40
  8. Priyani, H. F. D. (2023). Hubungan Self Confidence dan Self Esteem terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Praktikum Kimia Organik 1 (Bachelor's thesis, Jaktarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  9. Salmela-Aro, K., & Upadyaya, K. (2014). School Burnout and Engagement in the Context of Demands-Resources Model. British Journal of Educational Psychology. 84, 137-151. DOI: 10.1111/bjep.12018
  10. Saraswati, F. D. (2017). Pemodelan Regresi Logistik Ordinal Terhadap Tingkat Kesejahteraan Pelaku Usaha Rumah Tangga Di Kawasan Wisata Bahari Kenjeran Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  11. Schaufeli, W.B. et al. (2002). Burnout and Engagement in University Students: A Cross-National Study. Journal of Cross-Cultural Psychology.33(5),464-481
  12. Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Prenadamedia Group
  13. Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial: Edisi Kedua Belas. Prenadamedia Group
  14. Zakariyah, Z., & Zain, I. (2015). Analisis regresi logistik ordinal pada prestasi belajar lulusan mahasiswa di ITS berbasis SKEM. Jurnal Sains dan Seni ITS, 4(1), D121-D126

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.