Department of Statistics, Universitas Hasanuddin, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Makassar City, South Sulawesi 90245, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI48404, author = {Muh. Rifky Satria Agung and Salmiah . and Novia Rahmadani and Aisyah Nur Rahmani and Sitti Sahriman and Anisa Kalondeng}, title = {ANALISIS REGRESI LOGISTIK ORDINAL PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP ACADEMIC BURNOUT MAHASISWA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS HASANUDDIN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {self-esteem, academic burnout; mahasiswa; regresi logistik ordinal}, abstract = { Self-esteem atau penghargaan diri merupakan elemen penting dalam evaluasi diri yang memengaruhi cara individu menilai kualitas diri mereka, termasuk bagaimana mereka mengelola tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self-esteem dan academic burnout pada mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin. Sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa dipilih dengan teknik purposive sampling . Data dikumpulkan menggunakan skala Self-Esteem yang terdiri dari 9 item dan skala academic burnout yang terdiri dari 8 item. Regresi logistik ordinal digunakan untuk menganalisis pengaruh self-esteem terhadap academic burnout . Hasil penelitian menunjukkan hubungan linier yang signifikan antara self-esteem dan burnout akademik, dengan self-esteem yang rendah meningkatkan risiko academic burnout yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa self-esteem berperan penting dalam mengurangi risiko burnout akademik pada mahasiswa, dan intervensi untuk meningkatkan self-esteem dapat membantu mengurangi dampak academic burnout , sehingga meningkatkan kinerja akademik mahasiswa. }, issn = {2829-1859}, pages = {283--291} doi = {10.14710/empati.2025.48404}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/48404} }
Refworks Citation Data :
Self-esteem atau penghargaan diri merupakan elemen penting dalam evaluasi diri yang memengaruhi cara individu menilai kualitas diri mereka, termasuk bagaimana mereka mengelola tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self-esteem dan academic burnout pada mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin. Sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala Self-Esteem yang terdiri dari 9 item dan skala academic burnout yang terdiri dari 8 item. Regresi logistik ordinal digunakan untuk menganalisis pengaruh self-esteem terhadap academic burnout. Hasil penelitian menunjukkan hubungan linier yang signifikan antara self-esteem dan burnout akademik, dengan self-esteem yang rendah meningkatkan risiko academic burnout yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa self-esteem berperan penting dalam mengurangi risiko burnout akademik pada mahasiswa, dan intervensi untuk meningkatkan self-esteem dapat membantu mengurangi dampak academic burnout, sehingga meningkatkan kinerja akademik mahasiswa.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University