skip to main content

OPTIMISME DAN ADVERSITY QUOTIENT MAHASISWA SKRIPSI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO ANGKATAN 2019

Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 25 Jul 2023; Available online: 30 Jun 2025; Published: 26 Sep 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Untuk dapat lulus dari program S1 Psikologi Universitas Diponegoro, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah menyelesaikan skripsi. Proses pengerjaan skripsi memiliki berbagai tantangan dan hambatan bagi mahasiswa, terlebih lagi dengan transisi metode pembelajaran yang diberlakukan pasca pandemi. Oleh karena kemampuan yang baik dalam meghadapi tantangan cukup penting untuk dimiliki mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Angkatan 2019 yang sedang mengerjakan skripsi. Optimisme adalah keyakinan yang dimiliki oleh individu bahwa individu akan mengalami keberhasilan di masa depan. Adversity quotient adalah kemampuan individu dalam menghadapi kesulitan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Angkatan 2019 yang sedang mengerjakan skripsi berjumlah 270 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 153 mahasiswa yang diperoleh dengan metode simple random sampling. Metode pengambilan data menggunakan dua alat ukur yaitu skala optimisme (20 aitem, α=0,898) dan skala adversity quotient (28 aitem, α=0,906). Hasil pengelolaan data menggunakan uji nonparametrik kendall’s tau-b diperoleh τ = 0,432 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara optimisme dengan adversity quotient.

 

 

 


Fulltext View|Download
Keywords: mahasiswa;adversity quotient;optimisme

Article Metrics:

  1. Alfaruqy, M. Z. & Sari, I. A. (2023). Dinamika psikologis dan harapan mahasiswa sebagai generasi digital. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(2), 877-888. https://doi.org/10.29210/020232084
  2. Alfaruqy, M. Z., Sari, I. A., & Safuroh, S. (2023). Hubungan dukungan sosial orangtua dan adversity quotient dengan motivasi belajar pada siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Baturetno. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 10(1), 38-50. http://doi.org/10.21009/JKKP.101.04
  3. Asmawan, M. C. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2)
  4. Arahnur, L. D., & Rinaldi. (2022). Hubungan antara adversity quotient dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Jurusan Psikologi UNP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1060–1068
  5. Carver, C. S., Scheier, M. F., & Segerstrom, S. C. (2010). Optimism. Clinical Psychology Review, 30(7). https://doi.org/10.1016/j.cpr.2010.01.006
  6. Damayanti, R. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi pada situasi pandemi. [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. Repository UMSU. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/14243/RIFKA%20DAMAYANTI.pdf;jsessionid=43A22D8B33FEA3B61F14AF22B1DF836C?sequence=1
  7. Farelin, F. (2017). Hubungan antara adversity intelligence dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Jurnal EMPATI, 6(2), 47-56. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19729
  8. Hairiyah, P., Razak, A., & Nurdin, M. N. H. (2022). Adversity quotient dan stres akademik pada mahasiswa skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sultra Educational Journal, 2(1)
  9. Hidayat, K. N. (2022, 24 Mei). Dua tahun kuliah daring dan kini kembali luring, mahasiswa dan dosen perlu adaptasi. Pabelan-online. https://pabelan-online.com/2022/05/24/dua-tahun-kuliah-daring-dan-kini-kembali-luring-mahasiswa-dan-dosen-perlu-adaptasi/
  10. Huda, T. N., & Mulyana, A. (2017). Pengaruh adversity quotient terhadap prestasi akademik mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 115–132. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1336
  11. Ifania, N. O., & Sugiasih, I. (2021). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara yang bekerja. PSISULA : Prosiding Berkala Psikologi, 3
  12. Mukaromah, A. (2018). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi. [Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. Repository UIN Malang
  13. Muslimah, I., & Satwika, Y. W. (2019). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pare. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 6(1)
  14. Musthofawi, A. (2019). Hubungan antara optimisme dan self-esteem pada mahasiswa Program Diploma III Kebidanan. The Southeast Asian Journal of Midwifery, 5(1), 1–13
  15. Purnasari, K. D. & Abdullah, S. M. (2018). Harga diri dan kematangan karier pada mahasiswa tingkat akhir. InSight, 20(1)
  16. Rand, K. L., Shanahan, M. L., Fischer, I. C., & Fortney, S. K. (2020). Hope and optimism as predictors of academic performance and subjective well-being in college students. Learning and Individual Differences, 81. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2020.101906
  17. Sari, I. A. & Alfaruqy, M. Z. (2022). College students perspective on online learning during COVID-19: a systematic literature review. Proceedings of the 2nd International Conference on Psychological Studies (ICPsyche 2021) (pp. 219-227)
  18. Seligman, M.E.P. (2006). Learned Optimism How to Change Your Mind and Your Life. Vintage
  19. Sidabalok, R. N., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Optimisme dan self-esteem pada pelajar Sekolah Menengah Atas. Philanthrophy Journal of Psychology, 3, 1–74
  20. Soraya, Y. (2019). Hubungan antara konsep diri dan self esteem dengan optimisme dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa UIN Suska Riau. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Repository UIN Suska
  21. Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotient: Mengubah hambatan menjadi peluang. Grasindo
  22. Stoltz, P.G. (2014). Adversity quotient at work: Finding your hidden capacity for getting things done. HarperCollins
  23. Syarafina, S. O., Nurdibyanandaru, D., & Hendriani, W. (2019). Pengaruh optimisme dan kesadaran diri terhadap adversity quotient mahasiswa skripsi sambil Bekerja. Cognicia, 7(3), 295–307
  24. Tayraukham, S., Pangma, R., & Nuangchalerm, P. (2009). Causal factors influencing adversity quotient of twelfth grade and third-year vocational students. Journal of Social Sciences, 5(4), 466–470. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.466.470
  25. Utami, I. B., Hardjono, & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa program studi Psikologi Fakultas Kedokteran UNS yang mengerjakan skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 5(2), 154-167
  26. Zhao, F. F. (2022). The association of loneliness, mindfulness, and optimism with self-directed learning among nursing students in China: A cross-sectional study. Journal of Professional Nursing, 38, 65–73. https://doi.org/10.1016/j.profnurs.2021.11.009

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.