skip to main content

EFEKTIVITAS SELF MONITORING DALAM MENINGKATKAN FREKUENSI MEMBACA HARIAN INDIVIDU

Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jl. Gajayana, Dinoyo, Lowokwaru, Malang, Indonesia 65144, Indonesia

Received: 24 May 2025; Available online: 30 Jun 2025; Published: 26 Sep 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas intervensi self-monitoring dalam meningkatkan frekuensi membaca harian individu. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen single subject design, yang melibatkan satu partisipan berusia 19 tahun dengan frekuensi membaca rendah. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner frekuensi minat baca yang telah terbukti valid (r = 0,269) dan reliabel (α = 0,869), serta lembar self-monitoring harian. Intervensi dilakukan dalam tiga fase, yaitu baseline, intervensi, dan pasca-intervensi, masing-masing selama tujuh hari. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji One-Sample T-Test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam rata-rata durasi membaca harian, dari 30 menit (baseline), meningkat menjadi 115,71 menit (intervensi), dan tetap tinggi pada 102,86 menit (pasca-intervensi). Nilai signifikansi pada ketiga fase menunjukkan p = 0,000, yang berarti peningkatan tersebut bermakna secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa self-monitoring efektif tidak hanya sebagai pendorong perubahan perilaku membaca selama intervensi, tetapi juga memiliki efek jangka panjang setelah intervensi dihentikan. Penelitian ini mengisi kekosongan studi sebelumnya yang lebih menekankan pada minat baca tanpa pengukuran langsung terhadap perilaku membaca harian

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
EFEKTIVITAS SELF MONITORING DALAM MENINGKATKAN FREKUENSI MEMBACA HARIAN INDIVIDU
Subject
Type Other
  Download (341KB)    Indexing metadata
Keywords: self-monitoring, frekuensi membaca, intervensi perilaku, desain subjek tunggal

Article Metrics:

  1. Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2022). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2.51725
  2. Afrida, T. N. (2017). Pengaruh Self Monitoring Dan Kelompok Referensi Terhadap Keterlibatan Fashion Pakaian, Pengetahuan, Kepercayaan Diri, Dan Kepuasaan pelanggan. 6(11), 951–952
  3. Ahmad Zakir Haidar. (n.d.). Krisis Literasi dan Budaya Membaca di Indonesia: Mengapa Anak Muda Semakin Enggan Membaca Buku di Era Digital. Insight Nusantara
  4. Ajzen, I., Timko, C., & White, J. B. (1982). Self-monitoring and the attitude behavior relation. Journal or Personality and Social Psychology, 42(3), 426–435
  5. Athami, S. (2020). the Effectiveness of Using Self Monitoring Approach Reading Comprehension At the First Semester
  6. Mukhlisah, A. N., & Irfan, M. (2023). Hubungan Motivasi Dan Sikap Dengan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Kabupaten Tanggerang Tahun 2020. Nusantara Hasana Journal, 2(9), 185–190
  7. Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 70–81
  8. Nurmala, K. (2015). Perceived Organizational Support, Keadilan Organisasi dan Self-Monitoring Sebagai Prediktor Organizational Citizenship Behavior. 218
  9. Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5733
  10. Snyder, M., Grether, J., Price, T., Ryan, C., Coffey, A., Crawford, S., Steinmetz E., J. ., Cochran, M., Keller, K., Quan, R., & Boyle, M. (1974). Self monitoring of expressive behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 30(4), 526–537
  11. Supratiknya. (2020). Desain Eksperimental Kasus Tunggal. 1–7
  12. Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.