1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro,, Indonesia
2Jl. Prof. Mr. Sunario Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI50074, author = {Syafira Ghania and Unika Prihatsanti}, title = {FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DI INDONESIA: STUDI LITERATUR}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {belajar; mahasiswa; stres akademik}, abstract = { Stres akademik merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh mahasiswa di perguruan tinggi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan prestasi akademik mereka. Diketahui terdapat beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi tingkat stres akademik. Tinjauan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stres akademik pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur pada artikel-artikel yang relevan, dengan kriteria inklusi populasi mahasiswa di Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia, full teks dapat diakses serta dipublikasi dalam lima tahun terakhir pada basis data jurnal Indonesia Publication Index (IPI Portal Garuda). Pada hasil pencarian didapatkan 15 artikel yang memenuhi kriteria dari total 25 artikel. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti self-efficacy akademik, motivasi belajar, manajemen waktu, resiliensi, strategi koping serta dukungan sosial memainkan peran penting dalam mengelola stres akademik pada mahasiswa di Indonesia . }, issn = {2829-1859}, pages = {253--264} doi = {10.14710/empati.2024.50074}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/50074} }
Refworks Citation Data :
Stres akademik merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh mahasiswa di perguruan tinggi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan prestasi akademik mereka. Diketahui terdapat beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi tingkat stres akademik. Tinjauan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stres akademik pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur pada artikel-artikel yang relevan, dengan kriteria inklusi populasi mahasiswa di Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia, full teks dapat diakses serta dipublikasi dalam lima tahun terakhir pada basis data jurnalIndonesia Publication Index (IPI Portal Garuda). Pada hasil pencarian didapatkan 15 artikel yang memenuhi kriteria dari total 25 artikel. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti self-efficacy akademik, motivasi belajar, manajemen waktu, resiliensi, strategi koping serta dukungan sosial memainkan peran penting dalam mengelola stres akademik pada mahasiswa di Indonesia.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University