skip to main content

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DI INDONESIA: STUDI LITERATUR

1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro,, Indonesia

2Jl. Prof. Mr. Sunario Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 25 Mar 2025; Available online: 30 Jun 2025; Published: 26 Sep 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Stres akademik merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh mahasiswa di perguruan tinggi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan prestasi akademik mereka. Diketahui terdapat beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi tingkat stres akademik. Tinjauan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stres akademik pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur pada artikel-artikel yang relevan, dengan kriteria inklusi populasi mahasiswa di Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia, full teks dapat diakses serta dipublikasi dalam lima tahun terakhir pada basis data jurnalIndonesia Publication Index (IPI Portal Garuda). Pada hasil pencarian didapatkan 15 artikel yang memenuhi kriteria dari total 25 artikel. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti self-efficacy akademik, motivasi belajar, manajemen waktu, resiliensi, strategi koping serta dukungan sosial memainkan peran penting dalam mengelola stres akademik pada mahasiswa di Indonesia.

Fulltext View|Download
Keywords: belajar; mahasiswa; stres akademik

Article Metrics:

  1. Agustiani, P., & Savira, S. I. (2022). Perbedaan kecemasan akademik ditinjau dari angkatan masuk pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 9(3), 149–161
  2. Akbar, M. D., & Hayati, E. N. (2023). Hubungan antara emotional focused coping dan dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa Magister Psikologi Di Yogyakarta. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 9(3), 257–266. https://doi.org/10.29303/Jseh.V9i3.406
  3. Akmal, S. Z., & Kumalasari, D. (2021). Online learning readiness and well being in indonesian college students during pandemic: Academic stress as a moderator. Jurnal Psikologi Ulayat, 9, 46–66. https://doi.org/10.24854/Jpu206
  4. Arifyanto, A. T. (2020). Layanan bimbingan kelompok untuk menurunkan stres akademik mahasiswa FKIP Universitas Halu Oleo. Gema Pendidikan, 27(1), 10. https://doi.org/10.36709/Gapend.V27i1.10695
  5. Arwina, A., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan regulasi diri dan stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (JEHSS), 4(4), 1981–1991. https://doi.org/10.34007/Jehss.V4i4.988
  6. Aryani, D. S., & Hartono, R. K. (2024). Hubungan tingkat stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan yang kuliah sambil bekerja di Universitas Indonesia Maju Tahun 2023. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1540–1553
  7. Astari, A. Z., & Nastiti, D. (2023). Hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Researchjet Journal Of Analysis And Inventions, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.51214/Bocp.V4i3.354
  8. Atalia, L., Ryzar, I. A., Faiz, M., & Syukri, T. R. (2025). Stres akademik mahasiswa Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang yang mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2024. EKOMA Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 4(3), 4916–4924
  9. Bachtiar, N., Hasan, M. I., & Andodo, C. (2023). Stres akademik mahasiswa kesehatan terhadap perubahan psikologis, fisiologis, perubahan motivasi dan kualitas belajar mahasiswa. Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 14(2), 11–20. https://doi.org/10.36308/Jik.V14i2.539
  10. Barbayannis, G., Bandari, M., Zheng, X., Baquerizo, H., Pecor, K. W., & & Ming, X. (2022). Academic stress and mental well-being in college students: Correlations, affected groups, and COVID-19. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/Fpsyg.2022.886344ba
  11. Chaaban, Y., Qadhi, S., & Du, X. (2021). Student teachers’ agency in the transition to emergency online learning. Research In Post-Compulsory Education, 26(2), 231–255. https://doi.org/10.1080/13596748.2021.1909926
  12. Chen, T., Xu, K., Luo, L., & Chen, Y. (2024). A longitudinal study on the impact of perceived stress on academic engagement among deaf college students: The moderating effect of positive emotions. Frontiers In Psychology, 15. https://doi.org/10.3389/Fpsyg.2024.1475388
  13. Curione, K., Uriel, F., Gründler, V., & Freiberg-Hoffmann, A. (2022). Assessment of learning strategies in college students: A brief version of the MSLQ. Electronic Journal Of Research In Educational Psychology, 20(56), 201–224
  14. Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). Faktor-faktor yang memengaruhi stress akademik mahasiswa tingkat akhir. Jambura Health And Sport Journal, 6(1), 52–59. https://doi.org/10.37311/Jhsj.V6i1.24064
  15. Folkman, S., & Moskowitz, J. T. (2004). Coping: Pittfalls and promise. Annual Review Of Psychology, 55, 745–774. https://doi.org/10.1016/J.Jaci.2012.05.050
  16. Gani, A. J. Z., & Utami, N. I. (2024). Efikasi diri akademik dan tingkat stres pada mahasiswa peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Studi Islam Lintas Negara, 6(2), 159–166
  17. Hargiana, G., & Sintiawati, T. (2020). Hubungan ketergantungan gawai dengan stres akademik pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 20. https://doi.org/10.46815/Jkanwvol8.V9i1.90
  18. Hutabarat, A., Naibaho, L. C., Simanjuntak, M. A., & Nainggolan, R. B. (2024). Peran dukungan sosial dalam mengurangi stres akademik mahasiswa. Jurnal Trust Pentakosta, 27(1), 1–5
  19. Hwang, G.-H. (2024). Impacts of backgrounds on students’ self-regulated learning in a flipped classroom setting. Interactive Learning Environments. https://doi.org/10.1080/10494820.2024.2409414
  20. Kim, Y.-E., Brady, A. C., & Wolters, C. A. (2020). College students’ regulation of cognition, motivation, behavior, and context: Distinct or overlapping processes? Learning And Individual Differences, 80. https://doi.org/10.1016/J.Lindif.2020.101872
  21. Kishbuallah, F. R., Muhith, A., Hasina, S. N., & Budury, S. (2024). Hubungan stres akademik dan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(6)
  22. Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal and Coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc
  23. Li, H., Ma, X., Fang, J., Liang, G., Lin, R., Liao, W., & Yang, X. (2023). Student stress and online shopping addiction tendency among college students In Guangdong Province, China: The mediating effect of the social support. International Journal Of Environmental Research and Public Health, 20(1)
  24. Liu, X., Zhu, C., Dong, Z., & Luo, Y. (2024). The relationship between stress and academic self-efficacy among students at elite colleges: A Longitudinal analysis. Behavioral Sciences, 14(7). https://doi.org/10.3390/Bs14070537
  25. Mahfud, A. (2019). Keterampilan mentoleransi distres akademik oleh konselor melalui peningkatan hardiness pada siswa: Tantangan pendidikan era society 5.0. Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 2009, 910–915
  26. Maulana, M. I., & Lestari, R. (2023). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa di masa new normal. In Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  27. Mukitasari, F. S., Wolor, C. W., & Marsofiyati. (2023). Pengaruh lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan stres akademik terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(4), 79–97
  28. Nurhariza, F. M., & Karimah, A. (2023). Persepsi mahasiswa tentang stres akademik dan dampaknya pada motivasi belajar mahasiswa semester 5 Bimbingan Penyuluhan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(2)
  29. Pananto, R. C., Maria, D. A. H., Paju, & Damayanti, S. (2025). Pengaruh beban kuliah terhadap tingkat stres akademik mahasiswa angkatan 2023 Di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komputer, 09(01)
  30. Park, C. L., & Adler, N. E. (2003). Coping style as a predictor of health and well-being across the first year of medical school. Health Psychology, 22(6), 627–631. https://doi.org/10.1037/0278-6133.22.6.627
  31. Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 104–112. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1596823
  32. Prasetya, P. U. (2020). Pengaruh intensitas menghafal Al Qur’an dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik melalui mediasi stres akademik santri di Pondok Pesantren. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(2), 12–25. https://doi.org/10.56971/Jwi.V5i2.74
  33. Putri, F. R. Z., Arneliwati, & Nopriadi. (2022). Hubungan stres akademik terhadap prokrastinasi akademik dalam pengerjaan skrispi pada mahasiswa Keperawatan Universitas Riau. Jom Fkp, 9
  34. Rahayu, N. W., & Sari, D. N. (2023). Hubungan antara stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Program Studi Keperawatan. Nutrix Journal, 7(1), 7. https://doi.org/10.37771/Nj.V7i1.900
  35. Ramadan, M., & Yushita, A. N. (2022). Pengaruh stres akademik, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar daring mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/Jpai.V20i1.48530
  36. Rusmayani, A., & Agustina, M. W. (2023). Adversity quotient pada stres akademik mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi. IDEA: Jurnal Psikologi, 7(2), 1–14
  37. Sahara, V. (2024). Pengaruh stres akademik dan minat belajar terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan serta implikasi terhadap layanan bimbingan konseling. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54
  38. Saleh, D., Camart, N., & Romo, L. (2017). Predictors of stress in college students. Frontiers In Psychology, 8, 19
  39. Sujadi, E. (2021). Stres akademik dan motivasi belajar mahasiswa mengikuti pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 29–41
  40. Tang, S., Wang, Z., Lu, X., Zhang, L., & Haggerty, M. (2024). Examining motivation and self-regulated online learning strategy model: A measurement invariance analysis among college students in China During COVID-19. Applied Cognitive Psychology, 38(2). https://doi.org/10.1002/Acp.4188
  41. Way, F., Daramatasia, W., & Yuliyanik. (2021). Hubungan stres akademik dengan motivasi belajar mahasiswa Keperawatan semester VI di masa pandemi Covid-19. Media Husada Journal of Nursing Science, 3(1), 198–206
  42. Wea, P. C., & Hwihanus. (2024). Pengaruh stres akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Cendekia Pendidikan, 7(2), 50–54
  43. Xu, X., & Li, J. (2023). A profile of college students’ mobile learning readiness: An integrative literature review of studies from 2007 to 2021. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 18(1), 49–73. https://doi.org/10.1504/IJMLO.2024.135120
  44. Yang, Y., & Yang, P. (2022). Effect of college students’ academic stress on anxiety under the background of the normalization of COVID-19 Pandemic: The mediating and moderating effects of psychological capital. Frontiers In Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/Fpsyg.2022.880179
  45. Zhang, J.-Y., Liu, Y.-J., Shu, T., Xiang, M., & Feng, Z.-C. (2022). Factors associated with medical students’ self-regulated learning and its relationship with clinical performance: A cross-sectional study. BMC Medical Education, 22(1). https://doi.org/10.1186/S12909-022-03186-0

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.