1Master of Psychology Study Program, Faculty of Psychology, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Dusun III, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182, Indonesia
2Master of Psychology Study Program, Faculty of Psychology, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Dusun III, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182., Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI49101, author = {Nabilla Azzahra and Endang Purwaningsih and Rr. Setyawati}, title = {LITERATURE REVIEW: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMA DI INDONESIA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {school well-being; siswa; sma}, abstract = {Masalah utama dalam school well-being pada siswa SMA saat ini adalah tingginya tekanan akademik yang sering menyebabkan stres dan kecemasan. Kondisi ini membuat banyak siswa kesulitan menyeimbangkan tuntutan akademis dengan kebutuhan emosional, sehingga mengganggu kesejahteraan mereka di lingkungan sekolah. School well-being mengacu pada persepsi siswa terhadap lingkungan sekolah, yang mencakup aspek sosial, akademik, dan emosional. Studi ini menggunakan pendekatan systematic literature review untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi school well-being pada siswa SMA. Artikel yang digunakan diambil dari Google Scholar dan Frontiers dalam kurun waktu enam tahun terakhir (2018–2024), dengan kata kunci “School Well-being” ATAU “Kesejahteraan Sekolah” DAN “Siswa SMA” ATAU “High School Students.” Proses seleksi artikel mengikuti kerangka PICOSS (Population, Intervention, Comparative, Results Variable, Study Design, and Arrangement). Hasil kajian menunjukkan bahwa faktor interpersonal, seperti hubungan dengan teman dan guru, serta dukungan dari sekolah, berperan signifikan dalam meningkatkan school well-being. Selain itu, faktor intrapersonal, seperti regulasi emosi dan motivasi belajar, juga memiliki dampak yang besar. Implikasi dari temuan ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan sekolah yang lebih holistik untuk mendukung kesejahteraan siswa secara menyeluruh.}, issn = {2829-1859}, pages = {235--242} doi = {10.14710/empati.2025.49101}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/49101} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University