skip to main content

LITERATURE REVIEW: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMA DI INDONESIA

1Master of Psychology Study Program, Faculty of Psychology, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Dusun III, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182, Indonesia

2Master of Psychology Study Program, Faculty of Psychology, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Dusun III, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182., Indonesia

Received: 8 Jan 2025; Available online: 30 Jun 2025; Published: 26 Sep 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Masalah utama dalam school well-being pada siswa SMA saat ini adalah tingginya tekanan akademik yang sering menyebabkan stres dan kecemasan. Kondisi ini membuat banyak siswa kesulitan menyeimbangkan tuntutan akademis dengan kebutuhan emosional, sehingga mengganggu kesejahteraan mereka di lingkungan sekolah. School well-being mengacu pada persepsi siswa terhadap lingkungan sekolah, yang mencakup aspek sosial, akademik, dan emosional. Studi ini menggunakan pendekatan systematic literature review untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi school well-being pada siswa SMA. Artikel yang digunakan diambil dari Google Scholar dan Frontiers dalam kurun waktu enam tahun terakhir (2018–2024), dengan kata kunci “School Well-being” ATAU “Kesejahteraan Sekolah” DAN “Siswa SMA” ATAU “High School Students.” Proses seleksi artikel mengikuti kerangka PICOSS (Population, Intervention, Comparative, Results Variable, Study Design, and Arrangement). Hasil kajian menunjukkan bahwa faktor interpersonal, seperti hubungan dengan teman dan guru, serta dukungan dari sekolah, berperan signifikan dalam meningkatkan school well-being. Selain itu, faktor intrapersonal, seperti regulasi emosi dan motivasi belajar, juga memiliki dampak yang besar. Implikasi dari temuan ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan sekolah yang lebih holistik untuk mendukung kesejahteraan siswa secara menyeluruh.
Fulltext View|Download
Keywords: school well-being; siswa; sma

Article Metrics:

  1. Allardt, E. (1973). A welfare model for selecting indicators of national development. Policy Sciences, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.1007/BF01404933
  2. Allardt, E. (1981). Experiences from the Comparative Scandinavian Welfare Study, with a Bibliography of the Project. European Journal of Political Research, 9(1), 101–111. https://doi.org/10.1111/J.1475-6765.1981.TB00591.X
  3. Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). School Well-Being Ditinjau Dari Hubungan Interpersonal. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 124–131. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page124-131
  4. Andjarsari, F. D., Kristiawan, A., Yunanto, K. T., Psikologi, F., Persada, U., & Yai, I. (2023). Peran Motivasi Belajar Sebagai Mediator Pengaruh School Wellbeing Terhadap Prestasi Akademik. 3(2), 86–92. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/PsikologiKreatifInovatif/article/view/2170
  5. Bunga, S. R., Alwi, M. A., & Halima, A. (2023). School Wellbeing dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 3(2), 91–101
  6. Christenson, J., Turner, M., & Thomas, J. (2019). Conducting A Systematic Review – A Student ’ s Guide. July, 1–16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10759.82086
  7. Dariyo, A. (2018). Peran School Well Being dan Keterlibatan Akademik dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Psikogenesis, 5(1). https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.490
  8. Dwi Afina, A., Munawaroh, E., & Dwi, A. (2022). The Relationship Between Self-Compassion and School Well-Being in High School Students Hubungan antara Self-Compassion dengan School Well-Being Pada Siswa SMA Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
  9. Felipus, I., & Amseke, F. V. (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Dan School Well-Being Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Al-Qalbu: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.59896/qalbu.v2i1.61
  10. Handrina, I. A. G., & Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Internal Locus of Control Dengan School Well-Being Pada Siswa Sma Kolese Loyola Semarang. Jurnal EMPATI, 6(1), 252–256. https://doi.org/10.14710/empati.2017.15087
  11. Hasanah, M., & Sutopo, S. (2020). Pengaruh School Well-Being terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif 7 Sunan Drajat Lamongan. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 15(2), 114–123. https://doi.org/10.55352/uq.v15i2.163
  12. Hongwidjojo, M. P., Monika, M., & Wijaya, E. (2018). Relation of Student-Teacher Trust with School Well-Being to High School Students. Psikodimensia, 17(2), 162. https://doi.org/10.24167/psidim.v17i2.1664
  13. Jakarinda, A. (2020). The Linkage of Social Maturity and School Well-Being in High School Students in Sidoarjo, Indonesia. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 14, 6–14
  14. Khatimah, H. (2015). Gambaran School Well-Being pada Peserta Didik Program Kelas Akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 20. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i1.4485
  15. Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79
  16. Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/21803
  17. Noviyanti, A., & Kumalasari, D. (2020). Peran School Wellbeing terhadap Motivasi Sekolah Siswa Sekolah Menengah The Role of School Wellbeing Towards the School Motivation of High School Students. 8(1), 78–88
  18. Nursanti, F. R., & Damariyanti, M. (2024). Kontribusi Adversity Quotient Terhadap School Well-Being Pada Siswa Sma. Arjwa: Jurnal Psikologi, 3(1), 35–49. https://doi.org/10.35760/arjwa.2024.v3i1.10136
  19. Priambadi, B. S., & Nastiti, D. (2024). School Well-Being Boosts Student Motivation in Indonesia. Indonesian Journal of Education Methods Development, 19(3), 1–12. https://doi.org/10.21070/ijemd.v19i3.836
  20. Purwanti, T. Y., & Setiabudhi. (2021). Pengaruh School Well-being Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24. file:///C:/Users/acer/Downloads/136-49-537-1-10-20210922-2.pdf
  21. Rahma, U., Faizah, F., Dara, Y. P., & Wafiyyah, N. (2020). Bagaimana meningkatkan school well-being? Memahami peran school connectedness pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 58. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9393
  22. Rasyid, A. (2020). Konsep dan Urgensi Penerapan School Well-Being Pada Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 5(1), 376–382. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.705
  23. Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). McGraw-Hill. file:///C:/Users/acer/Downloads/19022812. Santrock Educational Psychology 5th txtbk.pdf
  24. Setyawan, I., & Dewi, K. S. (2015). Kesejahteraan Sekolah Ditinjau Dari Orientasi Belajar Mencari Makna Dan Kemampuan Empati Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 9–20. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.9-20
  25. Susanti, D. A., & Nastiti, D. (2022). The Relationship Between School Well-Being And Adjustment Of Students Of Class 10 in School. Academia Open, 6, 1–11. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1648
  26. Syarifah. (2019). Optimalisasi Penerapan Metoda Latihan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Menganalisis Teks Prosedur. Journal of Education Action Research, 3(3), 238. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17851
  27. Tengker, M., Tuerah, A. E. P., & Tilaar, F. L. A. (2024). Pengaruh School Well-Being Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tondano. 5(2), 754–761
  28. Via, C. Y. W. (2019). Gambaran School Well-Being Pada Siswa Yang Tinggal di Asrama Sekolah. Humanipreneur, 2(1), 47–51
  29. Wa’alin, M. N., & Munandar, K. (2024). Upaya Mewujudkan School Well-Being Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Peserta Didik Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.90
  30. Wahidah, N. R. F., & Royanto, L. R. M. (2019). Peran Kegigihan Dalam Hubungan Growth Mindset Dan School Well-Being Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi TALENTA, 4(2), 133. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i2.7618

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.