BibTex Citation Data :
@article{JTP45357, author = {Vidya Karima Afidha and Wilma Amiruddin and Ahmad Fauzan Zakki}, title = {Analisa Perubahan Material Kayu ke Fibreglass Terhadap Performa Kapal Tradisional Tipe Sopek di Daerah Tambak Lorok}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {12}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Stabilitas; Olah Gerak; Kayu; fFberglass}, abstract = { Kapal ikan Tambak Lorok dibuat dengan material kayu yang saat ini mulai terbatas keberadaannya di alam. Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi material pembuat kapal ika n kayu menjadi fibreglass dengan tetap mempertahankan nilai L, B, dan H kapal ikan Tambak Lorok. Modifikasi yang diarahkan dalam bentuk dua variasi lambung kapal yaitu kapal Hard Chine dan Round Bottom. Hasil modifikasi tersebut akan dianalisa untuk mengetahui performa stabilitas dengan kriteria IMO dan olah gerak menggunkanan ktiteria Tello. Modifikasi kapal fiberglass memiliki berat lebih ringan 44% sebesar 0,285 ton. Pengujian kapal ikan Tambak Lorok pada kriteria nilai maksimal GZ pada θ ≥ 30 o d i dapat hasil terendah sebesar 0,1 8 2m pada saat kondisi pembebanan II dan IV , kriteria tinggi minimal GM t didapatkan nilai terendah sebesar 0,299m. Kinerja olah gerak kapal Hard Chine lebih baik daripada kapal Round Bottom. P arameter RMS of pitch diperoleh 2, 11 o pada sudut 180 o dan pada parameter RMS of roll diperoleh 4,57 o , sedangkan kapal ikan Tambak Lorok pada paremeter RMS of pitch diperoleh 2,60 0 pada sudut 180 0 dan nilai parameter RMS of roll diperoleh 5,81 0 pada sudut 90 0 . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/45357} }
Refworks Citation Data :
Kapal ikan Tambak Lorok dibuat dengan material kayu yang saat ini mulai terbatas keberadaannya di alam. Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi material pembuat kapal ikan kayu menjadi fibreglass dengan tetap mempertahankan nilai L, B, dan H kapal ikan Tambak Lorok. Modifikasi yang diarahkan dalam bentuk dua variasi lambung kapal yaitu kapal Hard Chine dan Round Bottom. Hasil modifikasi tersebut akan dianalisa untuk mengetahui performa stabilitas dengan kriteria IMO dan olah gerak menggunkanan ktiteria Tello. Modifikasi kapal fiberglass memiliki berat lebih ringan 44% sebesar 0,285 ton. Pengujian kapal ikan Tambak Lorok pada kriteria nilai maksimal GZ pada θ ≥ 30o didapat hasil terendah sebesar 0,182m pada saat kondisi pembebanan II dan IV , kriteria tinggi minimal GMt didapatkan nilai terendah sebesar 0,299m. Kinerja olah gerak kapal Hard Chine lebih baik daripada kapal Round Bottom. Parameter RMS of pitch diperoleh 2,11o pada sudut 180o dan pada parameter RMS of roll diperoleh 4,57o, sedangkan kapal ikan Tambak Lorok pada paremeter RMS of pitch diperoleh 2,600 pada sudut 1800 dan nilai parameter RMS of roll diperoleh 5,810 pada sudut 900.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License